Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan Wifi Kita

Apakah Anda pernah merasa wifi Anda lambat atau tidak stabil? Apakah Anda curiga ada orang lain yang ikut menggunakan wifi Anda tanpa izin? Jika ya, maka Anda perlu mengetahui cara mengecek siapa saja yang terhubung ke jaringan wifi Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengamankan wifi Anda dari pengguna tidak sah yang dapat mengganggu koneksi Anda atau bahkan mencuri data pribadi Anda.

Wifi adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat seperti laptop, smartphone, tablet, dan lainnya untuk terhubung ke internet tanpa kabel. Wifi sangat populer dan banyak digunakan karena praktis dan mudah. Namun, wifi juga memiliki risiko keamanan yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah kemungkinan ada orang lain yang ikut menggunakan wifi Anda tanpa izin.

Orang yang menggunakan wifi Anda tanpa izin dapat berdampak negatif bagi Anda, antara lain:

  • Membuat koneksi wifi Anda menjadi lambat atau tidak stabil karena harus membagi bandwidth dengan pengguna lain.
  • Menghabiskan kuota internet Anda lebih cepat karena pengguna lain dapat mengunduh atau mengunggah file besar.
  • Mengancam keamanan data pribadi Anda karena pengguna lain dapat mengintip aktivitas online Anda atau bahkan mengakses perangkat Anda yang terhubung ke wifi.
  • Melanggar hukum karena pengguna lain dapat melakukan aktivitas ilegal seperti hacking, phishing, atau menyebarkan virus menggunakan wifi Anda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengecek siapa saja yang terhubung ke jaringan wifi Anda. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, antara lain:

Cara 1: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat memindai jaringan wifi Anda dan menampilkan daftar perangkat yang terhubung. Ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan, baik untuk perangkat Android, iOS, maupun Windows. Beberapa contoh aplikasi yang populer adalah:

  • Fing: Aplikasi ini dapat memindai jaringan wifi Anda dan menampilkan informasi seperti nama perangkat, alamat IP, alamat MAC, vendor, dan model. Anda juga dapat menandai perangkat yang Anda kenal dan memberi nama atau ikon khusus. Aplikasi ini juga dapat mengirim notifikasi jika ada perangkat baru yang terhubung atau terputus dari wifi Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play Store untuk Android atau di App Store untuk iOS.
  • NetCut: Aplikasi ini tidak hanya dapat memindai jaringan wifi Anda dan menampilkan informasi seperti nama perangkat, alamat IP, alamat MAC, vendor, dan model, tetapi juga dapat memutus koneksi wifi perangkat lain yang tidak Anda inginkan. Anda dapat mengontrol bandwidth wifi Anda dan memprioritaskan perangkat Anda sendiri. Aplikasi ini juga dapat melindungi wifi Anda dari serangan ARP spoofing yang dapat mengalihkan lalu lintas internet Anda ke perangkat lain. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play Store untuk Android atau di situs resmi untuk Windows.
  • Who Is On My Wifi: Aplikasi ini dapat memindai jaringan wifi Anda dan menampilkan informasi seperti nama perangkat, alamat IP, alamat MAC, vendor, dan model. Anda juga dapat menandai perangkat yang Anda kenal dan memberi nama atau ikon khusus. Aplikasi ini juga dapat mengirim notifikasi jika ada perangkat baru yang terhubung atau terputus dari wifi Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play Store untuk Android atau di App Store untuk iOS.
BACA JUGA:  Saya Hanya Butuh Kurang dari 24 jam No 1 di Youtube & Halaman 1 Google

Cara menggunakan aplikasi pihak ketiga ini umumnya sama, yaitu:

  1. Pastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan wifi yang ingin Anda periksa.
  2. Buka aplikasi yang Anda pilih dan tunggu hingga aplikasi memindai jaringan wifi Anda.
  3. Lihat daftar perangkat yang terhubung ke wifi Anda dan perhatikan informasi yang ditampilkan.
  4. Jika Anda menemukan perangkat yang tidak Anda kenal atau tidak Anda inginkan, Anda dapat menandai, memberi nama, atau memutus koneksi wifi perangkat tersebut sesuai dengan fitur yang tersedia di aplikasi.
  5. Anda juga dapat mengatur notifikasi atau pengaturan lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut adalah contoh tampilan aplikasi Fing yang menampilkan daftar perangkat yang terhubung ke wifi:

Cara 2: Menggunakan Halaman Admin Router

Cara kedua yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan halaman admin router wifi Anda. Router wifi adalah perangkat yang menghubungkan perangkat Anda dengan internet. Router wifi memiliki halaman admin yang dapat Anda akses melalui browser web untuk mengatur berbagai pengaturan wifi Anda, termasuk melihat daftar perangkat yang terhubung. Cara ini lebih akurat dan lengkap daripada menggunakan aplikasi pihak ketiga, tetapi juga lebih rumit dan membutuhkan beberapa langkah tambahan.

Cara menggunakan halaman admin router wifi Anda adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan wifi yang ingin Anda periksa.
  2. Buka browser web Anda dan ketik alamat IP router wifi Anda di bilah alamat. Alamat IP router wifi Anda biasanya tertera di bagian bawah atau belakang router wifi Anda. Jika tidak, Anda dapat mencarinya di internet dengan mengetikkan merek dan model router wifi Anda. Contoh alamat IP router wifi adalah 192.168.1.1 atau 192.168.0.1.
  3. Masukkan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke halaman admin router wifi Anda. Nama pengguna dan kata sandi ini biasanya juga tertera di bagian bawah atau belakang router wifi Anda. Jika tidak, Anda dapat mencarinya di internet dengan mengetikkan merek dan model router wifi Anda. Contoh nama pengguna dan kata sandi adalah admin dan admin atau admin dan password.
  4. Setelah masuk, cari menu atau tab yang berkaitan dengan jaringan wifi, perangkat terhubung, daftar klien, atau istilah sejenis. Menu atau tab ini berbeda-beda tergantung pada merek dan model router wifi Anda. Anda dapat mencarinya di manual pengguna router wifi Anda atau di internet dengan mengetikkan merek dan model router wifi Anda.
  5. Setelah menemukan menu atau tab yang sesuai, Anda akan melihat daftar perangkat yang terhubung ke wifi Anda beserta informasi seperti nama perangkat, alamat IP, alamat MAC, vendor, dan model. Anda juga dapat melihat status koneksi, kecepatan, dan waktu terhubung perangkat tersebut.
  6. Jika Anda menemukan perangkat yang tidak Anda kenal atau tidak Anda inginkan, Anda dapat memblokir atau memutus koneksi wifi perangkat tersebut sesuai dengan fitur yang tersedia di halaman admin router wifi Anda. Anda juga dapat mengubah pengaturan wifi Anda seperti nama jaringan, kata sandi, mode keamanan, atau filter MAC untuk meningkatkan keamanan wifi Anda.
BACA JUGA:  Cara Agar Pemilik Wifi Tidak Bisa Melihat History dari Penggunanya

Berikut adalah contoh tampilan halaman admin router wifi yang menampilkan daftar perangkat yang terhubung ke wifi:

Cara 3: Menggunakan Command Prompt

Cara ketiga yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan command prompt atau cmd di perangkat Windows Anda. Command prompt adalah program yang memungkinkan Anda menjalankan perintah-perintah tertentu untuk melakukan berbagai tugas di perangkat Anda, termasuk mengecek siapa saja yang terhubung ke wifi Anda. Cara ini cukup sederhana dan cepat, tetapi juga membutuhkan beberapa langkah tambahan dan tidak menampilkan informasi sebanyak cara lainnya.

Cara menggunakan command prompt untuk mengecek siapa saja yang terhubung ke wifi Anda adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan wifi yang ingin Anda periksa.
  2. Buka command prompt dengan menekan tombol Windows + R di keyboard Anda, lalu ketik cmd dan tekan Enter.
  3. Ketik perintah netsh wlan show interfaces dan tekan Enter. Anda akan melihat informasi tentang jaringan wifi yang Anda gunakan, termasuk nama jaringan, alamat MAC, kecepatan, dan kualitas sinyal.
  4. Catat alamat MAC jaringan wifi Anda yang tertera di bagian BSSID. Alamat MAC adalah kode unik yang mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke jaringan. Contoh alamat MAC adalah 00-14-22-01-23-45.
  5. Ketik perintah arp -a dan tekan Enter. Anda akan melihat daftar alamat IP dan alamat MAC perangkat yang terhubung ke jaringan Anda.
  6. Perhatikan alamat MAC yang memiliki awalan yang sama dengan alamat MAC jaringan wifi Anda. Alamat MAC tersebut adalah perangkat yang terhubung ke wifi Anda. Anda juga dapat melihat alamat IP perangkat tersebut, tetapi tidak dapat melihat nama, vendor, atau model perangkat tersebut.
  7. Jika Anda menemukan alamat MAC yang tidak Anda kenal atau tidak Anda inginkan, Anda dapat memblokir atau memutus koneksi wifi perangkat tersebut dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau halaman admin router wifi Anda.

Berikut adalah contoh tampilan command prompt yang menampilkan informasi jaringan wifi dan daftar perangkat yang terhubung:

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui siapa saja yang menggunakan wifi Anda. Dengan mengetahui cara ini, Anda dapat mengamankan wifi Anda dari pengguna tidak sah yang dapat mengganggu koneksi Anda atau bahkan mencuri data pribadi Anda. Anda juga dapat mengoptimalkan koneksi wifi Anda dengan mengontrol bandwidth dan prioritas perangkat Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Check Also

Cara Melihat Foto yang Diatur sebagai Pribadi di Media Sosial

Media sosial adalah salah satu cara untuk berbagi momen dan informasi dengan orang lain. Namun, …

close