Cara Menghentikan Aplikasi Windows 10 yang Berjalan di Latar Belakang

Di Windows 10, beberapa aplikasi selalu berjalan di background (latar belakang). Microsoft merancang Windows 10 untuk menjalankan beberapa aplikasi terus-menerus untuk menyajikan pemberitahuan kepada pengguna dan menjaga aplikasi-aplikasi tersebut diperbarui dengan konten yang diambil dari internet. Aplikasi tersebut adalah Alarms & Clock, Calendar, Groove Music, Maps, Microsoft Edge, OneNote, People, Phone Companion, Get Office, Photos, Store, Weather, Xbox, dan Insider Hub (jika Anda dalam lingkaran program insider).

Ada banyak pengguna yang tidak pernah menggunakan aplikasi Store, tetapi aplikasi ini tetap berjalan di latar belakang dan mengkonsumsi sumber daya sistem. Mungkin bukan hanya Store, melainkan aplikasi lainnya, seperti saya, Alarms & Clock, Calendar, groove Music, Maps, dan beberapa lagi tidak pernah saya gunakan. Jika aplikasi tersebut tidak saya gunakan, lalu untuk apa membiarkannya berjalan di latar belakang?

BACA JUGA:  Screenshot Gallery Windows 10 RTM Build 10240

Untungnya, Microsoft menyediakan pengaturan untuk memilih aplikasi-aplikasi mana saja tetap berjalan di latar belakang dan mana yang tidak. Atau Anda dapat mematikan semua aplikasi tersebut agar tidak berjalan di latar belakang, jika Anda tidak membutuhkannya. ini akan menghemat sumber daya sistem dan paket data internet Anda.

Mari kita lihat bagaimana cara untuk menghentikan aplikasi-aplikasi Windows 10 yang berjalan di latar belakang dan membebaskan sumber daya sistem.

Pada Windows 10, ada bagian khusus di Pengaturan app yang memungkinkan Anda untuk mengelola aplikasi yang dapat berjalan di latar belakang. Di sana, Anda dapat mencegah mencegah beberapa aplikasi dari berjalan terus-menerus.

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pergi ke Privacy.
  3. Gulung ke bawah, temukan dan klik opsi Background apps.
  4. Di situ Anda dapat melihat daftar semua palikasi yang berjalan di latar belakang. Pilih aplikasi manapun yang ingin dimatikan dengan klik tombol geser On-Off.

    background apps windows 10

    Daftar aplikasi Windows 10 yang berjalan di latar belakang.

Ini tidak akan memerlukan tindakan tambahan dari Anda seperti restart atau sign out. Perubahan akan segera berlaku. Jika Anda berubah pikiran dan ingin mengaktifkan kembali aplikasi yang telah Anda nonaktifkan di latar belakang, Anda selalu dapat kembali ke halaman Background apps itu dan mengaktifkannya kembali.

3 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.