Cara Mengubah Warna Jendela Command Prompt

Cara Mengubah Warna Jendela Command PromptCommand Prompt adalah aplikasi penerjemah baris perintah yang tersedia di sebagian besar sistem operasi Windows, secara resmi disebut Windows Command Processor tapi kadang-kadang disebut shell command. Command Prompt adalah program Windows yang mengemulasi banyak kemampuan baris perintah yang tersedia di MS-DOS tetapi bukan benar-benar MS-DOS.

Command Prompt adalah versi GUI dari command.com di MS-DOS. Command Prompt bisa dijalankan dengan mengeksekusi cmd.exe, adalah sebuah aplikasi bawaan Windows biasanya berjalan di konsol Win32. Hal ini memungkinkan untuk mengambil keuntungan dari fitur yang tersedia untuk program bawaan pada platform yang tidak tersedia untuk program DOS.

BACA JUGA:  Cara Menjalankan Control Panel Tools dari DOS

Cara Mengubah Warna Jendela Command Prompt

Selama ini yang kita ketahui jendela Command Prompt itu warnanya selalu hitam dan teks berwarna putih. Tahukah Anda bahwa jendela Command Prompt bisa diganti warnanya menjadi merah, hijau, dan lain-lain. Nah jika Anda bosan dengan tampilan warna hitam maka silahkan Anda mencoba warna lain yang cocok dengan selera dan kepribadian Anda. Cara mengganti warna jendela dan teks Command Prompt adalah mudah, Anda hanya perlu mengetik code warna. Lengkapnya lihat daftar code di bawah ini:

BACA JUGA:  Panduan Lengkap Bayar BPJS Lewat ATM BRI

0 = Black
1 = Blue
2 = Green
3 = Aqua
4 = Red
5 = Purple
6 = Yellow
7 = White
8 = Gray
9 = Light Blue
A = Light Green
B = Light Aqua
C = Light Red
D = Light Purple
E = Light Yellow
F = Bright White

Contoh : color 2b kemudian tekan Enter.

Angka menentukan warna jendela dan huruf menentukan warna teks. Misalnya, color 3b, warna jendela yang semula hitam akan berubah menjadi Aqua dan teks yang semula putih akan berubah menjadi Light Aqua. Lalu, bagaimana mengembalikan warnanya ke semula? Itu mudah. Warna default jendela DOS adalah hitam dengan teks berwarna putih, jadi Anda hanya perlu mengetik color 07.

Semoga Bermanfaat!

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.