Cara Recovery Windows 10 dan Windows 8 Melalui Reboot

Sejak Windows 8 Microsoft sudah memperkenalkan sebuah cara baru untuk mengakses troubleshooting dan recovery environment Windows. Ini menjadi sangat berguna bila OS Anda tidak bekerja sebagaimana seharusnya atau bahkan tidak bisa boot sama sekali. Dalam artikel kali ini saya akan berbagi cara baru mengakses lingkungan pemulihan (recovery environment) pada Windows 10 melalui reboot dan nantinya untuk mengakses opsi troubleshooting. Cara ini juga berlaku bagi Windows 8/8.1.

Inilah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

Windows 10

  1. Buka Start menu.
  2. Klik ikon tombol power di sudut kanan dari Start menu untuk menampilkan menu opsi power (power options menu).
  3. Tekan dan tahan tombol SHIFT di keyboard lalu klik opsi Restart sementara tombol  SHIFT masih ditahan.Windows 10 akan melakukan reboot. Tepat setelah itu, Windows 10 akan masuk ke recovery environment (lingkungan pemulihan).recovery-environment-windows-10-600x450Beberapa opsi dapat dipilih. Anda dapat keluar dari recovery environment dengan mengelik opsi Continue, atau memilih Troubleshooting dan advanced boot options (opsi boot lanjut) dengan mengelik opsi Troubleshoot, atau Turn off your PC. Semua opsi lanjut berada di sini (opsi Troubleshoot) - termasuk opsi untuk refresh your PC, reset your PC, membuka fitur Uninstall Updates, System Restore, Safe Mode, atau  opsi startup lainnya. Jadi, sekarang Anda tahu apa yang harus dilakukan ketika ada yang tidak beres dengan Windows 10.
BACA JUGA:  Start Menu Terbaik untuk Windows 8 - Return the Start Button to Windows 8

Windows 8/8.1

Langkah-langkah yang dijelaskan untuk Windows 10 berlaku juga untuk Windows 8. Anda hanya perlu mengakses tombol power di Desktop, bisa melalui klik kanan Start button > Shut down or sign out > [ klik tahan tombol SHIFT ] > klik Restart. Atau melalui charms bar, tekan tombol Win+C > Settings > Power  > klik opsi Restart sambil menekan tombol SHIFT.

Intinya Anda hanya perlu klik-tahan tombol SHIFT saat mengelik opsi Restart.

Bedanya dengan Windows 10, di Windows 8 kita tidak akan menemukan opsi Uninstall Update. Dalam hal ini bisa kita katakan Windows 10 selangkah lebih maju dalam hal recovery dan troubleshooting dibandingkan Windows 8. Hanya saja apakah fitur ini tetap ada pada Windows 10 RTM? Kita lihat saja nanti.

BACA JUGA:  Windows 10 Preview Build 10547 ISO

2 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.