Cara Shutdown atau Restart Komputer Melalui Command Prompt

Cara Shutdown atau Restart Komputer Melalui Command PromptJika karena suatu sebab tertentu Anda bisa shutdown atau restart komputer dengan yang cara biasa. Misalnya mouse Anda tiba-tiba macet sehingga Anda tidak bisa klik tombol shutdown. Dalam kasus begini anda membutuhkan cara lain, diantaranya melalui command prompt

Shutdown atau Restart Komputer Melalui Command Prompt

Berikut langkah-langkah cara melakukan restart atau shutdown komputer melalui command prompt.

  1. Klik Start atau tekan tombol orb alias tombol Windows pada keyboard.
  2. Pada kolom Search ketik cmd kemudian tekan Enter. Jika anda menggunakan Vista atau Xp ketik cmd pada kotak dialog Run. Untuk memunculkan kotak dialog Run tekan tombol Windows + R di keyboard.
  3. Ketik shutdown /r (shutdown spasi garis miring r).
  4. Perintah ini akan merestart komputer dalam hitungan 60 detik.
  5. Jika ingin mengetahui perintah-perintah lain sehubungan dengan ini ketik shutdown /?.
  6. Perintah tadi akan memunculkan semua sub perintah (sub-commands) berbeda-beda. Pilih mana yang terbaik untuk mematikan atau merestart komputer sesuai kondisi anda. Contohnya, Anda akan menemukan perintah (command) /h, yang berfungsi memberi perintah komputer untuk hibernate. Jadi Anda dapat mengetik perintah: shutdown /h untuk hibernate komputer.
BACA JUGA:  Cara Menjalankan Control Panel Tools dari DOS

Mungkin ini bukan cara yang terbaik saat Anda kehilangan kontrol mouse. Apalagi bagi mereka yang masih belum familiar dengan perintah baris.

Shutdown atau Restart Komputer Menggunakan Tombol Keyboard

Tetapi, masih ada cara lain selain menggunakan command prompt. Cara umum lainnya adalah dengan menekan tombol Windows dan menekan tanda panah kanan dua kali. Setelah itu pilih aksi yang sesuai: Switch user, Log off, Lock, Restart, Sleep, dan Hibernate. Tetapi ini tidak berlaku lagi di Windows 10.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jam Digital dari Taskbar Windows 7

Selain itu shotcut keyboard juga berguna dalam hal ini. Di desktop, Anda dapat menekan kombinasi tombol Alt + F4, ini akan menampilkan jendela Shut Down Windows.

Cara-tersebut lebih baik dari pada menekan tombol shutdown fisik yang ada pada PC. Setelah semua cara di atas Anda coba dan tidak ada yang bekerja maka jalan satu-satunya adalah menggunakan tombol fisik. Ini sering disebut force shutdown atau matikan paksa. Anda mungkin akan kehilangan pekerjaan yang belum tersimpan jika menggunakan cara paksa.

2 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.