CCleaner Kini Bisa Uninstall Aplikasi Bawaan Windows 10

CCleaner update terbaru versi 5.11 memperkenalkan beberapa fitur baru. CCleaner, sebagaimana namanya, masih didominasi program untuk menghapus file-file dan data sementara (temporer) dari komputer yang menjalankan Windows. Program ini sangat populer karena kemampuannya yang mumpuni. Di awal kemunculannya program ini gratis. Tetapi siapa yang tahan mengembangkan program bertahun-tahun dan tidak menghasilkan uang? Mungkin itulah sebabnya Piriform sebagai perusahaan induk membuat varian baru yang tidak gratis, yaitu CCleaner Professional dan CCleaner Professional Plus. Tentu dengan fitur-fitur tambahan seperti Real-time Monitoring, Automatic Updates, Premium Support, Disk Defragmentation, dan File Recovery disamping fitur pokoknya yaitu Faster Computer dan Privacy Protection.

Update yang paling menarik adalah fitur uninstal baru yang mampu menginstal/menghapus aplikasi bawaan Windows 10. Sebelumnya kami sudah menerbitkan tutorial uninstal app/aplikasi bawaan Windows 10 menggunakan Windows PowerShell. Ini agak merepotkan karena harus mengetik perintah-perintah yang cukup sulit untuk diingat.

BACA JUGA:  Jual Beli Akun Let's Get Rich, Tip Aman dan Harga

Aplikasi/program bawaan di Windows bukanlah hal baru. Windows terdahulu seperti Windows 7, Vista, dan XP juga sudah membonceng aplikasi bawaan, misalnya Games dan Internet Explorer. Tetapi di Windows 8/8.1, Windows 10, dan mungkin Windows berikutnya, membonceng jauh lebih banyak aplikasi bawaan.

Kini dengan bantuan CCleaner pengguna dapat dengan mudah uninstal/menghapus aplikasi-aplikasi bawaan Windows 10 dan repot menggunakan perintah PowerShell.

Semua aplikasi dan program yang diinstal akan ditampilkan bersama-sama dalam antarmuka CCleaner seperti mereka berada di aplikasi Settings Windows sendiri. Anda menemukan semua program dan aplikasi yang terdaftar di bawah Tools > Uninstall.
uninstal app Windows 10 dengan CCleaner
Di sana Anda dapat mengurutkan data berdasarkan nama, penerbit atau tanggal menginstal. Ada juga filter pencarian untuk menemukan program atau aplikasi dengan cepat, dan pilihan untuk menyimpan data ke file teks.

Harap dicatat bahwa Anda dapat menghapus aplikasi sistem Windows menggunakan CCleaner. Jika tidak ada cadangan dibuat sebelum operasi, Anda tidak akan dapat mengembalikan aplikasi iyang sudah dihapus menggunakan program atau dengan kata lain program ini tidak menyediakan fitur restore apliaksi yang telah dihapus.Oleh karena itu pertimbangkan untuk membuat titik restore (system restore) pada Windows 10 Anda sebgaimana dijelaskan dalam artikel Cara Mengaktifkan System Restore Windows 10.

BACA JUGA:  Update Terbaru KB3216755 Windows 10 Build 14393.726

Perubahan-perubahan di versi 5.11.5408:

  • Ditambahkan aplikasi-aplikasi atau app Windows Store ke menu Uninstall (Windows 8, 8.1 dan 10).
  • Pembersihan riwayat unduhan Google Chrome ditingkatkan.
  • Peningkatan pembersihan Firefox 41.
  • Dioptimalkan deteksi rutin item-item Start-up.
  • Navigasi dan shortcut keyboard ditingkatkan.
  • Ditambahkan pembersihan Microsoft Office 2016 dan Camtasia Studio 8.0.
  • Terjemahan diperbarui.
  • Peningkatan Minor GUI.
  • Perbaikan bug.

Tertarik? Silahkan download CCleaner dari situs resminya di SINI, Anda dapat memilih versi instal atau portable.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.