Customize Start Menu Windows 10 Agar Seperti Windows 7

Pada pada pandangan pertama, fitur baru Windows 10 yang paling kentara dan cukup mengesankan adalah Start Menu. Berbeda dengan Start Menu Windows 7, di Windows 10 Start Menu hadir dengan desain baru namun fungsinya sama. Kecuali jika kita membandingkannya dengan Start Menu  Windows 8 dan 8.1 (sebenarnya "Start Screen") tentu berbeda. Akhirnya Microsoft memang mendengarkan keluhan pengguna untuk mengembalikan Start Menu yang dulu, sebagaimana pengalaman mereka di Windows 7. Pada Windows 10 Start Menu Windows 10 adalah perpaduan gaya Start Menu Windows 7 dan Start Screen Windows 8/8.1.

Bedanya Start Menu Windows 10 dengan Start menu Windows 7 adalah lebarnya. Start menu Windows 7 lebih ramping, sedangkan Start Menu Windows 10 secara default lebih lebar karena ditambahkan ubin aplikasi-aplikasi di sisi kanan. Sekilas nampak Start Menu Windows 10 adalah Start Screen Windows 8/8.1 yang dikecilkan.

BACA JUGA:  Cara Menjadikan Laptop Sebagai Wi-Fi Hotspot di Windows 8 dan Windows 7

Beberapa pengguna ingin agar tampilan Start menu Windows 10 seperti Windows 7. Seorang pembaca kami, Triwidodo, bertanya:

Saya sepertinya yang RTM itu. Tidak ada tab “start menu” di properties. Jadi tidak bisa customize start menunya agar seperti windows 7. Bagaimana caranya itu supaya ada tab “start menu” nya? mohon petunjuk mas, terima kasih

Catatan: Perubahan huruf kapital dan cetak tebal dari saya.

Artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana cara customize atau mengatur Start Menu Windows 10 agar seperti Start Menu Windows 7, ikuti langkah-langkah mudah berikut:

  1. Klik tombol Start atau tekan tombol Windows di keyoard.
  2. Lepas (unpin) semua ubin (live tile) aplikasi. Caranya klik kanan pada tile kemudian klik Unpin from Start.
    Unpin from Start
  3. Setelah semua tile dilepaskan, rampingkan Start Menu. Caranya letak kursor mouse di tepi kanan Start menu sampai kursor berubah menjadi kursor ganda. Klik dan tahan kemudian seret ke kiri sampai batas.
    rampingkan start menu windows 10
BACA JUGA:  Windows 10 Build 10586.122 Stabil Rilis, Banyak Peningkatan

Sekarang tampilan Start Menu Windows 10 sudah seperti Windows 7. Tetapi perilakunya tentu tidak sama dengan Start Menu Windows 7 yang asli. Di Start Menu Windows 7, saat folder program aplikasi disorot maka isi folder akan meluncur/diuraikan ke kanan, keluar dari bingkai sedangkan di Windows 10 tidak seperti itu. Tetapi bagi pengguna Windows 10 yang ingin tampilan Start Menu-nya ramping dan bersih cukuplah baginya tutorial ini.

Dua screenshot di bawah ini menunjukkan Start Menu Windows 10 sebelum dan sesudah di-customize.

Start Menu Windows 10 RTM
Sebelum

Start Menu Windows 10 seperti Windows 7
Sesudah

Itu saja.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.