Fitur Baru Windows 10 Creators Update Build 15002

Build terbaru Windows 10 telah datang. Dikenal sebagai Creators Update, Redstone 2 atau Windows 10 versi 1704. Inilah Windows 10 Insider Preview Build 15002. Sebuah awal yang bagus dari Microsoft di tahun 2017.

Fitur Baru Windows 10 Creators Update Build 15002Windows 10 Creators Update Build 15002 membawa banyak perubahan besar. Jadi, apa saja fitur-fitur baru yang dibawa oleh Windows 10 Creators Update Build 15002? Mari kita lihat.

Inilah Fitur Baru Windows 10 Creators Update Build 15002

Batang Tab Pratinjau (Tab Preview bar):

Fitur Baru Windows 10 Creators Update Build 15002_tab_preview_edgeMicrosoft Edge (browser) medapat fitur baru, yaitu Tab Preview Bar. Ini seperti mega menu di situs ini. Tab Preview Bar sangat berguna saat Anda membuka banyak tab saat browsing. Tab pratinjau bar memungkinkan Anda untuk dengan mudah melirik preview visual setiap tab yang telah terbuka tanpa meninggalkan halaman Anda. Anda hanya perlu menyorot sebuah tab untuk menampilkan preview (pratinjau) halaman. Jadi, tidak perlu klik. Oleh karena itu, fitur ini memudahkan berpindah dari satu tab ke tab lain yang diinginkan. Bagusnya lagi, tab bisa digulung (scroll) menggunakan roda mouse wheel, touchpad, ataupun touchscreen. Cukup klik ikon chevron sebelah tab Anda untuk memulai.

Tab samping

Fitur Baru Windows 10 Creators Update Build 15002_tabside_edgeMicrosoft telah menambahkan dua tombol baru di sebelah tab di Microsoft Edge. Tab ini untuk membantu Anda dengan cepat mengatur semua tab Anda. Lagi-lagi fitur yang bakal bermanfaat bagi Anda yang sering membuka banyak tab saat browsing. Jadi dengan sekali klik Anda bisa menyembunyikan semua tab yang terbuka. Setelah itu Anda bisa merestore tab manapun yang diinginkan, atau bahkan semua tab dengan sekali klik.

BACA JUGA:  Windows Defender Offline untuk Windows 10 dan Windows 7

Jump List

Sekarang Anda bisa klik kanan ikon Edge di taskabr untuk memilih membuka jendela baru atau jendela InPrivate. Edge masih ketinggalan dibandingkan Firefox atau Chrome. Kedua browser tersebut menampilkan riwayat kunjungan selain Tasks.

Flash Click-to-Run

Microsoft Edge sekarang akan memblokir konten Flash tidak dipercaya secara default. Meskipun begitu pengguna dapat memilih untuk memainkannya. Browsing Anda menjadi lebih aman, kencang, dan responsif berkat Flash yang diblokir.

Pembayaran di Web

Edge sekarang sudah mendukung Payment Request API yang baru. Teknologi ini memudahkan belanja online dengan metode pembayaran dan alamat pengiriman yang sudah disimpan di Microsoft Wallet. Tapi ini masih preview, jadi belum berfungsi sepenuhnya.

Folder Tile di Start

Mengatasi tanggapan pengguna, Microsoft membuat perubahan di Start. Jadi, Anda bisa mengumpulkan beberapa Tile di Start Menu kedalam sebuah folder. Fitur ini telah hadir lebih dulu di Windows 10 Mobile dan kini dibawa ke Windows 10 PC juga.

Screenshot Area Layar

Anda dapat menggunakan Win + Shift + S untuk menangkap (capture) gambar sebuah area. Screenshot langsung tersimpan di clipboard untuk kemudian bisa Anda paste ke aplikasi. Ini sekaligus memperkaya pengalaman dalam urusan mengambil screenshot. Tapi sayangnya area tertentu belum bisa ditangkap. Misalnya fly out aplikasi setting atau Start screen.

Fitur Share Baru

Kotak share sekarang terintegrasi dengan berbagai aplikasi, alih-alih muncul di bilah samping. Popup Windows share ini akan muncul jika kamu melakukan share sebuah aplikasi. Klik kanan aplikasi di Start screen > More > Share. Ini akan memunculkan opsi pilihan share sesuai dengan aplikasi yang tersedia. Hotkey Win+H untuk membuka Windows Share juga telah dimatikan.

BACA JUGA:  Cara Disable Bing di Start Menu Windows 10

Bluelight untuk Kenyamanan Mata

Cahaya biru yang dipancarkan layar komputer dapat mengganggu tidur Anda. Fitur Bluelight akan mengurangi nyala biru di layar PC saat malam. Reduksi cahaya biru menambah kenyamanan mata saat bekerja di depan layar. Bluelight dapat diatur secara otomatis atau manual.

BSOD Hilang, GSOD Datang (Green Screen of Death)

BSOD hilang dari Windows 10. Lalu apakah Windows akan bebas BSOD? Tentu saja tidak. BSOD (Blue Screen of Death) berganti menjadi GSOD (Green Screen of Death). Apakah ini hanya untuk Windows 10 Insider? Sepertinya ini untuk membedakan mana error di build final dan mana di build insider.

Update yang Lebih Fleksibel

Cara update Windows 10 adalah salah satu yang dibenci. Mengapa? Sebab sangat tidak fleksibel. Misalnya, tidak tersedia opsi mematikan automatic update.

Sepertinya Microsoft mendengar keluhan pengguna. Pada akhirnya pada Windows 10 Build 15002 Microsoft menambahkan opsi Pause Update. Jadi, tidak mematikan update otomatis sama sekali. Tambahan lagi, opsi ini hanya mencegah update Windows otomatis selama 35 hari. Sayangnya fitur ini hanya hadir pada Windows 10 versi Pro, Education, dan Enterprise. Oleh karena itu, bagi pengguna Windows 10 versi home harus melakukan tweak sendiri.

Bagusnya, Update Windows juga diatur apakah menyertakan update driver atau tidak.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.