Google Street View Menyewa Unta Arab

Google Camel viewGoogle baru-baru ini menyewa unta berpunuk tunggal bernama Rafia (dalam aksen Inggris:Raffia, dalam bahasa Arab mungkin Rofi'ah) untuk membawa salah satu Trekker kamera 360 derajat untuk menangkap tampilan tiga dimensi jalan Abu Dhabi Liwa Oasis. Peralatan kamera itu diikat di atas punuknya.

Rafia adalah unta pertama dan menjadi hewan pertama yang membawa kamera Trekker Google, yang biasanya diangkut oleh manusia untuk menangkap gambar 360 derajat di jalanan yang tidak dapat diakses dengan mobil Street View.

Liwa sendiri adalah daerah oasis yang dikenal sebagai wilayah pertanian kurma, sekitar 100 km sebelah barat daya Abu Dhabi dan tepat di utara padang pasir Rub'al Khali (Arab: الربع الخالي‎ ar-Rubʿ al-Khālī , "the empty quarter"), gurun pasir terbesar di dunia.
google-camel-view-2
Mengapa Google menggunakan unta? Bukan mobil rally misalnya? Menurut saya, alasannya tentu karena lingkungan padang pasir sangat rentan dengan perubahan ekstrim. Angin yang tiba-tiba bertiup kencang disertai badai pasir biasa terjadi. Menggunakan mobil mungkin kedengarannya bagus, tetapi gambar tangkapan kameranya bisa jadi kurang stabil.

BACA JUGA:  Sejarah Logo Google dari Masa ke Masa

Tidak salah Google memilih unta untuk mengambil pekerjaan ini, berkeliaran di temperatur yang sangat panas dengan kamera di punggung. Unta dikenal sebagai hewan paling tangguh dan nyaman dikendarai di wilayah padang pasir. Tahan haus dan dapat memikul beban hingga 300 kilogram. Ah, tentu Google lebih tahu masalah ini sehingga mereka memilih unta.

Tapi Rafia tidak melakukan perjalanan untuk Google sendirian. Unta muda ini ditemani manusia sebagai pemandu, seperti dapat terlihat di foto.

Bagaimana hasil kerja Rafia? Anda dapat melihat hasil pencitraan Trekker yang diangkut Rafia pada link: Google.

BACA JUGA:  Google Rilis "Messenger", Aplikasi SMS-MMS Cepat dan Cantik

Canda: Ternyata tidak sulit menjadi karyawan Google. Jadilah seekor unta 🙂 .

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.