Jenis Dan Ukuran Kertas Di Word

Berikut berbagai jenis dan ukuran kertas di Word. Seperti yang ddiketahui, aplikasi Microsoft Word biasa digunakan untuk mengerjakan berbagai jenis dokumen. Dan Anda juga dapat menggunakan berbagai jenis kertas untuk mencetak hasilnya.

Namun, apakah Anda tahu apa saja jenis dan ukuran kertas yang terdapat pada settingan di Microsoft Word? Jika Anda hanya mengetahui ukuran kertas A4, maka silahakan baca artikel ini hingga selesai untuk mengetahui jenis dan ukuran kertas lainnya.

Berikut beberapa Jenis dan Ukuran Kertas di Word

Jenis dan Ukuran Kertas Di Word

A3

Ukuran kertas A3 biasanya digunakan untuk mencetak dokumen yang berhubungan dengan arsitektur atau juga design grafis. Adapun untuk ukuran kertasnya dalam satuan milimeter (mm) yaitu 297 x 420 mm. Dan dalam ukuran inchi (in): 11,69 x 16,54 In.

A4

Di Indonesia, ukuran kertas A4 merupakan ukuran yang paling sering digunakan baik di institusi pendidikan atau perkantoran. Dan tidak jarang institusi pemerintahan juga menggunakan jenis kertas ini. Oleh karena itu, Anda tidak akan merasa kesulitan untuk mendapatkan kertas ukuran A4 di Indonesia.

Adapun besar ukuran dari kertas A4  dalam satuan milimeter (mm) adalah  210 x 297 mm, sedangkan dalam satuan inchi (In) adalah 8,27 x 11,69 In.

BACA JUGA:  Cara Mengunci File Word Agar Tidak Berubah

A5

Untuk kertas ukuran A5 termasuk jarang digunakan. Hal ini dikarenakan ukuran yang relatif kecil, biasanya digunakan untuk membuat Note. Untuk besar ukuran kertas A5 dalam dalam satuan milimeter (mm) adalah 148 x 210 mm, dan dalam satuan inchi (In) adalah 5,83 x 8,27 In.

B4

Selain ukuran kertas A, ada juga jenis dan ukura kertas type B. Salah satunya adalah ukuran B4. Untuk Indonesia ukuran kertas ini masih kurang populer digunakan. Ukuran kertas B4 termasuk kedalam ukuran Amplop.

Ukuran ini banyak digunakan di Amerika Utara. Adapun ukuran kertas B4 dalam satuan milimeter (mm) yaitu 257 x 354 mm, dan dalam satuan inchi (In): 9.8 x 13.9 In.

B5

Uuran kertas jenis B lainnya yang terdapat di aplikasi Microsoft Word adalah B5. Untuk besar ukuran kertas B5 dalam satuan milimeter (mm) yaitu 176 x 250 mm, dan dalam satuan inchi (In): 6.9 x 9.8 In.

LETTER

Jenis kertas lain yang sering digunakan untuk mengerjakan sebuah dokumen dan sudah tidak asing didengar adalah jenis Letter. Biasanya ukuran ini digunakan untuk membuat surat dan biasa digunakan di Amerika.

Adapun ukuran kertas Letter dalam milimeter (mm) adalah 215,9 x 279,4 mm, sedangkan dalam satuan inchi (In): 8,5 x 11,0 In

BACA JUGA:  Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada Microsoft Word

TABLOID

Tabloid merupakan salah satu jenis dan ukuran kertas yang juga jarang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Adapun besar kertas dalam satuan mm adalah 279,4 x 431,8 mm.

LEGAL

Jenis krtas Legal mungkin sudah tidak asing digunakan di Indonesia. Biasanya jenis kertas ini digunakan untuk membuat proposal ataupun ijazah. Selain itu juga digunakan untuk membuat majalah ataupun skripsi dibeberapa kampus.

Untuk ukuran kertas legal dalam milimeter (mm) adalah  215,9 x 355,6 mm, dalam satuan inchi (In) adalah 8,5 x 14 In.

STATEMENT dan EXECUTIVE

Kedua jenis kertas ini mungkin termasuk asing didengar. Untuk ukuran kertas Statement dalam milimeter adalah 139,7 x 215,9 mm. Sedangkan untuk jenis kertas Executive, besar kertas dalam milimeter adalah 184,1 x 266,7 mm.

Itu tadi berbagai jenis dan ukuran kertas yang terdapat pada aplikasi Micorosf Word. Untuk ukuran tertentu, Anda dapat melakukan penyetingan sendiri. Sebagai contoh Anda ingin menggunakan ukuran kertas F4 yang tidak terdapat di pilihan kertas yang ada. Maka Anda dapat menyetting sendiri, dapat dibaca diartikel sebelumnya.

Semoga dapat membantu.

Check Also

Cara Mengubah PDF ke Word dengan Mudah dan Cepat

PDF adalah salah satu format file yang paling populer di dunia. PDF singkatan dari Portable …

close