Malware Yahoo Membuktikan Linux Lebih Aman dibandingkan Windows

Sebagian besar komputer di planet bumi ini menggunakan sistem operasi Windows. Itu juga berarti sebagian besar komputer di planet ini tidak aman. Menurut laporan Gizmodo.com, sebagian pengguna di Eropa termasuk Inggris dan Perancis terinfeksi malware melalui iklan Yahoo. Memang Yahoo telah memperbaiki hal ini namun banyak pengguna sudah terlanjur terinfeksi. Lalu, mengapa Linux lebih aman dibandingkan Windows dalam hal ini dari serangan malware Yahoo?

Ternyata kuncinya adalah pada JavaScript. Meskipun Linux dan Windows sama-sama menggunakan JavaScript namun versi Java yang digunakan berbeda. Dimana Windows menggunakan Java versi 'official' sedangkan Linux menggunakan versinya sendiri yaitu versi 'open source'. Jadi hampir mustahil Linux terserang malware Yahoo yang dibuat menggunakan Java.

BACA JUGA:  Apa itu Malware dan Apa itu Virus?

Disamping fakta bahwa sistem operasi Linux tidak menggunakan versi official Java tetapi menggunakan versi open source, menyerang sistem operasi berbasis Linux sangatlah sulit, apapun metodenya.

Tetapi apa mau dikata, Windows masih menjadi pilihan utama. Kita sudah terlanjur nyaman dengannya. Bagi sebagian besar orang, menggunakan Linux masih relatif lebih sulit dibandingkan Windows. Misalnya di Windows menginstall aplikasi sangat-sangatlah mudah namun tidak demikian di Linux.

Sulit atau mudah mungkin juga relatif, jadi yang paling tepat menurut saya adalah masalah biasa atau tidak biasa. Jika kita terbiasa semuanya akan terasa mudah. Bukan begitu?

BACA JUGA:  Awas! Serangan Malware Baru Melalui Excel dan Word

Kita masih menunggu kapan Linux akan merajai komputer di planet ini.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.