Memilih Firefox sebagai Browser Default Windows 10

Software tidak dapat mengatur dirinya sebagai aplikasi default dimulai dari Windows 8. Sejak Windows 8, interaksi pengguna secara eksplisit diperlukan bila ingin sebuah aplikasi diatur menjadi default. Pada Windows 10, Microsoft belum mengubah cara aplikasi diatur secara default. Sekarang dalam Windows 10, user interface telah berubah. Perlu pembiasaan-pembiasaan untuk OS baru. Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana mengatur/memilih Firefox sebagai browser default pada Windows 10.

Secara default, Windows 10 dilengkapi dengan browser baru bernama Microsoft Edge. Browser ini telah dioptimalkan sehingga mampu mengalahkan Chrome dan Safari pada uji JavaScript dengan hasil sebagai berikut:

  • Pada WebKit Sunspider, Edge lebih cepat 112% dibandingkan Chrome
  • Pada Google Octane, Edge lebih cepat 11% dibandingkan Chrome
  • Pada Apple JetStream, Edge lebih cepat 37% dibandingkan Chrome
BACA JUGA:  Cara menambahkan RUN di Start menu Windows 10 RTM

Microsoft Edge, biasa ditulis Edge saja, adalah aplikasi modern. Browser baru ini didasarkan pada mesin Trident yang juga digunakan oleh Internet Explorer. Microsoft menghapus banyak kode yang diwariskan dari mesin rendering dan hanya tersisa dukungan untuk standar baru dan aktual. Namun, browser tidak hanya tentang mesin yang diperbarui tetapi antarmuka pengguna dan pilihan-pilihan pengaturan juga penting. Sementara Microsoft Edge tidak memiliki banyak pilihan seperti yang dimiliki setiap browser utama hari ini, sebut saja Firefox, Chrome, Vivaldi, atau yang lainnya. Itulah sebabnya banyak pengguna tidak menganggap Edge sebagai browser yang dapat diandalkan sepenuhnya dan ingin mengubah browser default mereka di Windows 10 ke browser yang lain. Browser pilihan saya adalah Mozilla Firefox dan Chrome, jadi saya akan menulis petunjuk untuk browser ini. Namun, semua langkah di bawah ini berlaku untuk browser lain seperti Opera, Google Chrome, atau Vivaldi. Ikuti langkah-langkah sederhana berikut untuk memilih Firefox sebagai browser default Windows 10:

  1. Buka alikasi Settings.
  2. Pergi ke System -> Default apps.
  3. Scroll ke bagian "Web browser" dan pilih Firefox (atau browser lain yang Anda inginkan untk diatur sebagai default).
    pilih dafault browser windows 10
BACA JUGA:  Chrome 64-bit Stabil Sudah Tersedia untuk Windows

Sekian cara memilih Firefox sebagai browser default Windows 10.

Lihat screenshot berikut yang menampilkan perbedaan antara Microsoft Edge sebagai browser default dengan Firefox.

Edge default Windows 10

Microsoft Edge sebagai default browser Windows 10

Firefox default Windows 10

Firefox sebagai browser default Windows 10

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.