Opera Neon, Web Browser Baru Modern dan Stylish dari Opera

Jika Anda ingin mencoba browser web modern baru yang inovatif, dengan UI yang modern dan stylish inilah berita baik untuk Anda. Perusahaan web browser Opera telah merilis sebuah merek baru browser web yang disebut "Opera Neon".

Tujuan dikembangkannya browser Opera Neonadalah untuk menunjukkan bagaimana seharusnya sebuah web browser desktop terlihat dan bekerja. Menurut perusahaan Opera, Opera Neon dirilis untuk melihat sekilas pandang browser Opera untuk komputer bisa menjadi seperti apa.

Opera Neon, Web Browser Baru yang Modern dan Stylish dari Opera

Opera Neon telah disebut sebagai browser konsep oleh perusahaan yang akan memberi Anda gambaran tentang masa depan browser desktop. Browser Opera Neon juga didasarkan pada mesin web Blink mirip dengan Google Chrome dan browser berbasis Chromium lainnya. Termasuk Opera sendiri. Meskipun deikian, Opera Neon telah dibangun sejak awal tidak seperti web browser lainnya.

Antarmuka Opera Neon sangat minim dan bersih. Tidak ada menu bar, status bar atau tab bar. Ketika Anda membuka browser, langsung disajikan bar pencarian. Di situ Anda mengetik URL situs web  atau kata kunci pencarian yang diinginkan. Setelah mulai membuka halaman web, akan ditunjukkan tab bar di sisi kanan. Bentuk tab-nya unik, disebut tab gelembung, tampak sebagai thumbnail kecil dari halaman web yang dibuka.

BACA JUGA:  Offline Installer .NET Framework

Opera Neon, Web Browser Baru Modern dan Stylish dari Opera
Latar belakang Opera Neon menggunakan wallpaper Desktop pengguna saat ini. Jadi, cocok dengan selera pengguna dan terlihat bagus. Hal ini memberikan seperti efek transparansi pada browser.

Pada sisi kiri, Opera Neon menunjukkan toolbar vertikal kecil yang berisi ikon. Ikon + besar untuk membuka tab baru. Ada juga tombol media player, alat snapshot, galeri, dan download. Posisi paling bawah kiri ada tombol menu utama (tombol hamburger).

Anda dapat membuka pengaturan Opera Neon dan pilihan lainnya dengan mengklik ikon hamburger. Menu utama menyediakan akses ke menu penting seperti Settings, Task Manager, Developer Tools, Download, History, New Window, New incognito windows, Zoom, dll.

Opera Neon Menu UtamaHalaman pengaturan Opera Neon mirip dengan halaman pengaturan web browser Google Chrome. Oleh karena itu, bagi Anda yang telah terbiasa menggunakan Chrome tidak perlu belajar lagi. Hampir semua pilihan untuk mengubah atau menyesuaikan sebagaimana dikenal tersedia untuk browser web berdasarkan Chromium.

Halaman rahasia konfigurasi lanjutan yang dikenal sebagai "Flags" juga tersedia. Cukup ketik chrome://flags di address bar atau bar pencarian dan tekan Enter. Ini akan membuka halaman konfigurasi lanjutan di mana Anda dapat mengaktifkan / menonaktifkan beberapa fitur canggih.

BACA JUGA:  Start Menu Terbaik untuk Windows 8 - Return the Start Button to Windows 8

Anda dapat mempelajari hal lebih tersembunyi dengan mengetik chrome://about di bar pencarian dan tekan Enter. Ini akan membuka daftar semua built-in URL seperti yang ditunjukkan pada screenshot berikut:

Opera Neon Chrome URLs ListSayangnya di Opera Neon build awal ini, beberapa fitur belum tersedia. Misalnya ekstensi, plug-in, VPN, bookmark manager, dll. Tapi dalam versi masa depan, Opera tentu akan menerapkan lebih banyak fitur.

Untuk navigasi menggunakan keyboard Anda dapat menggunakan tombol-tombol yang berlaku di browser lain.

Download Opera Neon Web Browser

Installer online membutuhkan koneksi internet pada saat instalasi untuk men-download installer penuh dan file yang dibutuhkan. Opera belum merilis offline installer untuk Opera Neon secara mandiri. Tetapi untuk kenyamanan Anda, kami akan berbagi installer offline melalui berikut:

Download Opera Neon Standalone Offline Installer - Windows
Download Opera Neon Standalone Offline Installer - Mac

Juga kemampuan untuk membuat versi portable dari Opera Neon hilang pada saat ini. Mungkin dalam versi installer masa depan.

Saya sendiri sangat menyukai konsep browser Opera Neon ini. Terutama karena navigasi yang sangat mudah terasa alami. Dimana tombol-tombol navigasi diletakkan di sisi kanan dan kiri. Sesuai dengan lajur membaca yang horizontal, bukannya vertikal seperti aksara China.

Sekian.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.