Solusi Advanced Boot Option yang Selalu Muncul Saat Startup

Hari minggu kemarin saya diminta memperbaiki notebook teman yang sedikit mengalami gangguan. Gangguan kecil tapi cukup menggangu, yaitu Advanced Boot Option selalu muncul ketika komputer/laptop Windows dihidupkan. Ketika saya pilih start windows normally saya bisa masuk windows dengan sempurna. Tapi anehnya ketika saya coba restart, Advanced Boot Option muncul lagi padahal saya tidak menekan tombol apapun. Normalnya kan Advanced Boot Option tampil ketika kita menekan tombol F8 pada saat booting. Lalu, saya mencoba memilih menu repair tetapi hasilnya tetap sama.

Solusi Advanced Boot Option yang Selalu Muncul Saat Startup

Saya pikir ada gangguan pada file system windows yang mungkin terhapus. Akhirnya notebook tersebut saya install ulang (refresh install) dengan harapan gangguan bisa diatasi. Pengalaman-pengalaman sebelumnya, kerusakan pada file system windows bisa saya atasi dengan senjata pamungkas install ulang. Tapi tidak untuk kali ini. Masalah tidak bisa diatasi dengan install ulang. Jadi, saya mencurigai ada gangguan pada hardware. Tuduhan pertama saya alamatkan pada harddisk, tapi mengingat tidak ada suara-suara aneh maka kemungkinan berikutnya adalah pada keyboard.

BACA JUGA:  Cara Mengaktifkan PowerShell di Windows 8 dan Windows 8.1

Setelah mencari-cari, akhirnya saya benar-benar mencurigai keyboard yang bermasalah. Saya perhatikan baik-baik apakah ada tombol yang tertekan dan tidak kembali. Selanjutnya, saya melepas baterai notebook dan mulai mengetuk tombol keyboard dengan agak keras berkali-kali (seperti mesin tik jaman dulu). Untuk amannya saya mengetuk semua tombol.

Akhirnya masalah Advanced Boot Option selesai. Rupanya ada tombol yang tetap kontak (tertekan dan tidak kembali) sehingga Advanced Boot Option selalu muncul pada saat startup. Jadi seolah-olah kita selalu menekan tombol F8 setiap kali booting.

Beberapa Tip Memperbaiki Masalah Boot Option

Anda dapat mencoba beberapa solusi berikut.

  • Jalankan msconfig kemudian pilih tab “boot“, pada Boot Options lihat apakah tercentang pilihan “safe boot“-nya? jika Ya hilangkan tanda centang tersebut kemudian klik Apply kemudian OK. Restart.
  • Jalankan System Restore. Ingat kapan terkahir masalah boot option menucul lalu coba kembalikan (restore) Windows ke saat sebelum masalah tersebut muncul.
  • Perbaiki Instalasi Windows (repair Windows installation). Sering masalah boot option ini muncul karena file-file penting sistem Windows rusak atau terhapus. Pilih Repair Your Computer dari boot option untuk melakukan tugas ini. Biasanya anda akan diminta memasukkan DVD setup Windows.
  • Clear CMOS. Caranya, lepas baterai lalu pasang kembali. Tujuannya membersihkan memory motherboard agar setting-an BIOS kembali ke setting-an pabrik.
BACA JUGA:  Cara mengatur dan mengganti "Font Default" Gmail

Intinya, periksa pada dua sisi yaitu pada sisi perangkat lunak (Windows dan aplikasi) dan pada sisi perangkat keras (misalnya RAM, Hard Disk, dll).

Selamat mencoba.

29 comments

  1. maaaaaaaantttaaaaaaaappppp,,,, aku wes mumet 7 keliling sampai tak instal ulang laptop ku,,, rupanya cuma tombol nya to,,,, makasih atas artikel nya,,, (Y)

    1. Kalau keyboardnya tidak bermasalah coba periksa pilihan boot. Jalankan msconfig kemudian pilih tab “boot”, pada Boot Options lihat apakah tercentang pilihan “safe boot”-nya? jika Ya hilangkan tanda centang tersebut kemudian klik apply kemudian OK. Restart.

  2. saya udah ketuk semua keyboardnya tapi masih muncul juga, malah masalah lain yang fix, sebelumnya banyak tombol yang gak bisa di klik tapi sekarang udah bisa, mantap deh mas …

    1. klo bukan kerusakan hardware langkah ini bisa mengatasi hal itu
      – cabut dan bersihkan VGA dan RAM trus pasang lagi
      – ganti pasta processor

  3. Work!!!!
    Caranya cabut dulu batrenya cek 1 – 1 keyboardnya biasanya ada yang nyempil dikit tekan2 keras2 trs idupin deh

  4. mau tanya pak, ini selain selalu muncul advanced boot, suka muncul juga script ga jelas di google/mozila, script nya selalu muncul.

    1. Pindahkan data-data penting dari drive C: (dokumen, gambar, film, dll) kemudian instal ulang.

  5. Gan mau tanya pang, laptop saya ini sering teketik sendiri huruf z. trus kalo saya ngetik tulisan gitu langsung hilang sendiri. Itu masalahnya apa ya?

    1. Saya tidak tahu pasti. Terketiknya sekali saja atau banyak? Masalah tulisan hilang sendiri mungkin ada tombol yang tertekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.