Tip Aman Menyimpanan di Awan (Cloud Storage)

Kemungkinan Anda menggunakan layanan penyimpanan awan atau cloud storage. Itu memang meangasyikkan karena semua data Anda tersimpan di awan dan tentu di ponsel Anda juga. Di masa datang, semoga tidak terjadi, ponsel Anda rusak atau hilang maka data Anda masih bisa Anda ambil dari awan walaupun data di ponsel hilang.

Ada baiknya Anda mengetahui hal-hal penting sebelum menggunakan layanan peyimpanan awan.

  1. Baca syarat dan ketentuan pelayanan (terms and conditions) dan pastikan Anda OK dengan isinya. Memang kita paling malas membaca syarat dan ketentuan yang begitu panjang lebar, tetapi biasaknlah untuk membacanya hingga tuntas.
  2. Pastikan apa yang Anda upload dan download dienkripsi sebisa mungkin, gunakan layanan yang menyimpan data Anda terenkripsi di awan dan juga membatasi jumlah orang yang dapat mengaksesnya.
  3. Jangan meng-upload sesuatu yang Anda tidak nyaman bila diakses oleh orang lain, apakah itu karyawan dari penyedia layanan, pengiklan atau pemerintah.
  4. Lindungi Wi-Fi rumah Anda dengan password dan jangan meng-upload konten-konten di koneksi publik, seperti di perpustakaan atau kafe.
  5. Enkripsi data sebelum diupload ke awan. Tool pra-enkripsi seperti Boxcryptor dan SpiderOak memungkinkan Anda untuk mengenkripsi data Anda.
  6. Jangan meng-upload sesuatu yang ilegal atau sangat sensitif ke awan: gambar telanjang, catatan medis, dan apalagi informasi keuangan. Jangan pernah lakukan itu!
  7. Buat sendiri password yang kuat dan jangan menceritakannya kepada siapa pun.
  8. Gunakan beberapa layanan awan untuk redundansi tambahan berlapis dan jangan lupa backup segala sesuatu di luar awan juga.
  9. Antisipasi apa yang mungkin terjadi dan siapkan rencana untuk itu, misalnya: akun dinonaktifkan, ponsel dicuri, server ambruk, dll.
  10. Jangan menganggap layanan cloud dapat diandalkan sepenuhnya, hal tak terduga apapun bisa terjadi. Buat juga backup offline.
  11. Pilih layanan penyimpanan awan dengan reputasi keamanan yang baik sebelum Anda mulai menggunakannya.
BACA JUGA:  Test Kecepatan Internet Lebih Akurat dari Speedtest.Net

Itulah beberapa tip yang bisa Anda gunakan untuk keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan layanan penyimpnan awan.

Gambar © Melpomene/Shutterstock

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.