Tren SEO (Search Engine Optimization) 2014

Tren-SEO-2014Bagi pelaku bisnis online dan publihser, search engine optimization (SEO) merupakan suatu yang sangat penting atau masuk ke dalam ranah critical. SEO merupakan "tanaman" yang harus tatap dirawat dan dijaga agar dapat tumbuh dengan baik dan memberikan hasil seperti apa yang diharapkan. Internet marketing atau online marketing tanpa SEO sama saja seperti berjalan di tengah hutan belantara tanpa kompas sehingga tidak tahu jalan keluar ke halaman depan Google atau search engine lainnya. Ini dapat mengakibatkan bisnis online atau internet marketing tidak dapat bekerja secara optimal. Lainnya lagi halnya jika anda adalah perusaan kapital yang memiliki modal tak terbatas untuk offline ads maka tidak menjadi persoalan jika tidak up to date dengan perkembangan SEO.

Kali ini saya akan mengulas hal-hal apa saja yang menjadi Tren SEO 2014. Seperti kita ketahui bersama, pembahasan mengenai SEO itu sangatlah luas dan tidak akan habisnya. Dengan mengetahui tren seo 2014 ini daharapkan dapat membantu kita untuk mengetahui bagaian SEO yang mana yang harus kita optimalkan sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

  • Mobile SEO
    Untuk tahun 2014 ini Google memberikan porsi lebih banyak untuk situs-situs yang mobile friendly atau lebih dikenal dengan sebutan responsive design. Hal ini cukup beralasan karena populasi pengguna mobile/gadget naik sangat signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebuah laporan yang diterbitkan oleh ThinkwithGoogle menunjukkan bahwa pengguna mobil tidak boleh lagi dipandang sebalah mata. Jadi pastikan situs anda memenuhi kriteria mobil friendly untuk tetap dapat bersaing dengan kompetitor lain.Masih bertahan dengan desain/teknologi situs yang ketinggalam jaman? Hehehehe :p
  • Rich Content SEO
    Content is King ungkapan ini sudah jamak bagi para penggiat SEO, internet marketing atau, online marketing dan publisher. Akan tetapi kali ini konten tidak cukup hanya teks saja atau original content (tidak copas) melainkan harus diperkaya dengan gambar dan video, itulah sebabnya mengapa disebut rich content.
  • Social Media SEO
    Faktor penting lain tren SEO 2014 ini adalah sosial media. Akan tetapi sangat banyak media sosial yang kita jumpai di internet, yang menjadi pertanyaan mana yang memberikan dampak yang paling baik? Jawabannya sudah pasti menjadi rahasia Google 😉 akan tetapi beberapa indikator ini dapat kita jadikan dasar untuk memilih:

    • Google+ adalah milik Google, memang belum ada data ilmiah yang menunjukkan Google+ lebih baik dari yang lain misalnya Facebook dan Twitter. Hal lain, Profil Google+ muncul langsung di hasil pencarian Google, itu bebrarti memberi nilai plus dan kesempatan diklik lebih banyak.
    • Sementara Facebook adalah "sparing partner Google", sama dengan diatas belum ada data ilmiah yang menunjukkan kalau Facebook lebik tidak baik dari GooglePlus
  • Inbound Link Masih Penting
    Inbound link ini merupakan salah satu alat bagi Google untuk menilai seberapa penting dan berharganya situs kita. Google menggunakan ini sebagai referensi, makin tinggi reputasi situs yang me-link ke situs kita maka makin naik derajat situs kita di mata Google seperti apa yang diungkapkan oleh Eric Enge dalam tulisannya yang berjudul Search Engine Basic Concepts, "...Personally, I think that links remain the primary driver of importance calculations."
BACA JUGA:  Cara Mudah Mendapatkan Trafik (Pengunjung) Potensial

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.