Trik Cerdas Menghemat Baterai Android Yang Belum Banyak Tau



Menghemat baterai smartphone adalah tips paling cerdas untuk Anda lakukan, agar tidak melulu mencharger ponsel. Apalagi jenis ponsel Android yang sekiranya mudah memakan daya baterai saat digunakan. Bahkan beberapa aplikasi terus menerus berjalan, meskipun Anda sudah menutup aplikasi tersebut. Jadi jangan heran, jika Android cepat sekali terkuras daya baterai walaupaun Anda tak menggunakannya.

Sekarang ini banyak jenis aplikasi yang berfungsi untuk menghemat baterai. Hanya dengan menjalankan aplikasi pengamat baterai mungkin mampu meminimalisir daya baterai ponsel. Akan tetapi, cara ini dirasa kurang optimal karena harus download aplikasi tersebut. Nah, berikut ini ada tips cerdas untuk menghemat baterai smartphone kesayangan Anda di rumah.

Inilah Trik Menghemat Baterai Smartphone

Lakukan Disable Aplikasi Bawaan

Taukah Anda para vendor seringkali menyematkan bloatware pada ponsel pintar bawaan. Hal ini justru akan memboroskan baterai pada ponsel tersebut. Anda tak usah khawatir, karena ada cara jitu untuk mengatasinya. Cobalah untuk melakukan disable aplikasi bawaaan, yakni dengan masuk ke menu Settings >> Apps >> Pilih Aplikasi >> Disable. Pastikan ponsel Anda belum diroot sebelumnya.

Hentikan Aplikasi Berjalan 

Setiap ponsel pintar memiliki banyak aplikasi yang terus berjalan, sehingga membuatnya semakin boros. Anda harus menghemat daya baterai Android tersebut dengan cara yang cukup mudah. Silahkan cek penggunaan daya baterai dengan masuk ke menu Setting >> Battery >> Battery Usage. Jika terdeteksi ada aplikasi yang berjalan pada background memakan baterai cukup banyak, sebaiknya Anda uninstall saja.

Gunakan Wallpaper Gelap 

Tidak ada salahnya Anda menggunakan wallpaper gelap untuk menghemat baterai smartphone. Apalagi jika ponsel yang Anda miliki menyuguhkan layar berteknologi AMOLED. Dimana layar ini sangat lemah untuk soal warna cerah, sehingga membuatnya cepat boros diaplikasikan pada ponsel pintar. Silahkan ubah peraturan dengan wallpaper bernuansa yang gelap atau bersifat redup.

Hindari Live Wallpaper 

Alangkah baiknya, Anda menghindari penggunaan fitur Live Wallpaper sekalipun akan membuat tampilan ponsel lebih hidup. Padahal fitur tersebut hanya akan membuat daya baterai semakin boros. Pastinya Anda harus mengganti Live Wallpaper dengan wallpaper bawaan ponsel, sehingga akan mengurangi daya tahan baterai.

Matikan Motions and Gestures 

Fitur Motions and Gesture memang berguna untuk memberikan perintah terhadap perangkat smartphone. Pasalnya Anda hanya perlu menggerakkan ponsel atau gesture yang secara khusus pada bagian layar tersebut, misalnya mengambil screenshoot atau mengabaikan panggilan telepon. Namun fitur tersebut saat dijalankan akan memicu pemborosan daya baterai smartphone. Setidaknya matikan fitur Motions and Gestures untuk pemakaian ponsel lebih bijak.

BACA JUGA:  Cara Menambah Kontak di WhatsApp Terbaru

Bagaimana, Anda sudah menerapkan salah satu trik menghemat baterai smartphone tersebut? Trik cerdas di atas akan menjadikan kinerja ponsel pintar lebih optimal dalam penggunaanya. Selain itu, juga membuat ponsel terhindar dari masalah lag atau mati sendiri.

Sumber: www.kusnendar.web.id



Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.