Windows 10 RTM akan Final minggu ini

WIndows 10 10162Berita menggembirakan bagi semua orang yang mengharapkan Windows 10 RTM a.k.a Window 10 Final. Mungkin akan selesai minggu ini. Seperti yang kita ketahui build demi build telah dirilis oleh Microsoft, terakhir adalah build 10162. Build tersebut sudah jauh lebih stabil dan banyak bug telah diperbaiki disamping penyempurnaan tampilan dan App. Boleh kita anggap Windows 10 telah mencapai tahap kandidat rilis (RC). Jadi, jika Microsoft memutuskan bahwa sistem operasi ini cukup baik untuk penggunaan sehari-hari, maka akan ditandatangani (sign off) dan segera akan rilis.

Microsoft membuat build branch terpisah untuk RC checkout, dengan lompatan besar dalam nomor versi. Pengembangan build saat ini memiliki nomer build berkahir di 166. RTM branch langsung dimulai dengan build 176. Tag build lengkap adalah sebagai berikut:

10.0.10176.16384.th1.150705-0552

Jika semuanya berjalan seperti yang diharapkan, Microsoft mungkin menyelesaikan Windows 10 pada akhir pekan ini dan RTM build akan ditandatangani. Tetapi apakah langsung dirilis? Mungkin belum. Mereka telah berjanji akan merilis Windows 10 pada 29 Juli.

BACA JUGA:  Pembaruan Snipping Tool Windows 10 Build 15014

Kita semua berharap mendapati versi Windows 10 RTM sebagai build yang lebih stabil dan minim bug. Apalagi build yang baru-baru ini dirilis, build 10162, sudah menunjukkan kinerja cukup stabil (paling stabil menurut saya) dan berkurangnya bug secara signifikan, termasuk kemacetan di antarmuka pengguna (misalnya: Start menu yang nge-freeze, dll).

Kabarnya, sebelum sign off, biasanya Microsoft mengkompilasi sejumlah build, dan masing-masing dari mereka akan diuji dan diperiksa. Setelah semua build lulus tes dan tidak menghasilkan masalah apapun, maka yang paling stabil dari build-build itu akan di-sgin off dan dikompilasi ulang sebagai rilis RTM.

BACA JUGA:  Windows Defender Offline untuk Windows 10 dan Windows 7

Kita berharap build RTM yang akan rilis nanti benar-benar stabil untuk penggunaan sehari-hari. Jangan sampai baru dua minggu RTM dan minggu ketiganya muncul update besar-besaran.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.