Windows 10 RTM Tidak Butuh Codec FLAC dan MKV

windows media player windows 10 rtm support flacWindows 10 terbaru, yaitu Windows 10 Technical Preview build 9879 sudah mendukung format file MKV. Kabar lebih baru mengatakan bahwa Windows 10 akan dapat memainkan file FLAC. Ini terungkap dalam tweet Gabriel Aul tentang Windows Media Player yang akan mendapatkan dukungan untuk format khusus ini di pembaruan mendatang dan pasti ada dalam versi final dari Windows 10 yang keluar pada musim semi 2015 nanti.

Jadi Windows terbaru yang akan datang tidak hanya dapat memainkan file MKV tetapi juga file FLAC secara default oleh karena itu Anda tidak membutuhkan codec atau aplikasi tambahan. Ini juga berarti Windows Media Player akan menjadi media player yang powerfull bagi mereka yang menggunakan Windows 10 versi final (RTM).

Mari kita kembali ke belakang untuk melihat format file apa saja sih yang dapat dimainkan oleh Windows Media Player.

File extension Windows Media Player 12 Windows Media Player 11 Windows Media Player 10 Windows Media Player 9 Series Windows Media Player for Windows XP Windows Media Player 7
Windows Media formats (.asf, .wma, .wmv, .wm)
Windows Media Metafiles (.asx, .wax, .wvx, .wmx)
Windows Media Metafiles (.wpl)
-
-
Microsoft Digital Video Recording (.dvr-ms)
-
-
-
-
Windows Media Download Package (.wmd)
Audio Visual Interleave (.avi)
Moving Pictures Experts Group (.mpg, .mpeg, .m1v, .mp2, .mp3, .mpa, .mpe, .m3u)
Musical Instrument Digital Interface (.mid, .midi, .rmi)
Audio Interchange File Format (.aif, .aifc, .aiff)
Sun Microsystems and NeXT (.au, .snd)
Audio for Windows (.wav)
CD Audio Track (.cda)
Indeo Video Technology (.ivf)
-
Windows Media Player Skins (.wmz, .wms)
QuickTime Movie file (.mov)
-
-
-
-
-
MP4 Audio file (.m4a)
-
-
-
-
-
MP4 Video file (.mp4, .m4v, .mp4v, .3g2, .3gp2, .3gp, .3gpp)
-
-
-
-
-
Windows audio file (.aac, .adt, .adts)
-
-
-
-
-
MPEG-2 TS Video file (.m2ts)
-
-
-
-
-

Perbaikan fitur masih menjadi fokus yang sangat mungkin akan terus berlanjut pada update-update yang akan datang dan Microsoft tampaknya masih mengabaikan antarmuka Windows Media Player. Padahal antarmuka Windows Media Player yang sekarang nyaris tidak berubah sejak 2008.

BACA JUGA:  Cara Instal Ulang Windows 10 atau 7, 8, dan Vista

Apa itu FLAC?

FLAC adalah singkatan dari Free Lossless Audio Codec, merupakan format berkas untuk kompresi data audio lossless. Diciptakan untuk packing data audio yang lebih baik, sehingga bila diperlukan dapat dikompresi hingga 50 persen lebih. Misalnya, sebuah rekaman digital dapat dikompres ke dalam format FLAC sehingga berukuran lebih kecil tanpa kehilangan (lossless) kualitasnya, kemudian bila dibutuhkan dapat dikembalikan ke keadaan semula. Secara rata-rata berkas FLAC berukuran 53% dari ukuran aslinya. Kualitas audio file dalam format FLAC lebih baik dibandingkan dengan dengan mp3 tetapi ukuran filenya jauh lebih besar.

BACA JUGA:  Cara Aktivasi Permanen Windows 10 RTM

Perangkat lunak FLAC bersifat bebas dan open source yang dirilis untuk pertama kalinya 20 Juli 2001. FLAC banyak digunakan untuk mengedarkan bootleg rekaman konser, dan lebih disukai oleh penggemar audio karena kualitasnya lebih tinggi daripada mp3.

Jika Microsoft hanya menambahkan dukungan untuk FLAC dan MKV saja maka itu artinya saya masih akan tetap mengabaikan Windows Media Player dan menginstal K-Lite Codec Pack Mega sebagai media player utama Windows. Alasannya sederhana, K-Lite Codec Pack Mega memiliki komponen lebih lengkap oleh karena itu dapat memainkan lebih banyak format file.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.