Windows 8.1 dan Windows XP Turun, Windows 7 Naik

Bulan Agustus telah tiba, sekarang saatnya untuk melihat seberapa baik nasib sistem operasi Microsoft Windows dalam hal pangsa pasar. Menurut data baru dari NetApplications, Windows 8 dan Windows 8.1 mengalami sedikit penurunan pangsa pasar pada Juli 2014, begitu juga dengan Windows XP, mengalami hal yang sama. Windows 7, di sisi lain, bernasib lebih baik dengan sedikit mengalami peningkatan.

windows_9
Windows 7 terus menjadi sistem operasi desktop teratas dengan pangsa pasar 51.22%. Hal ini naik dibandingkan bulan sebelumnya yaitu  50,55%. Adapun bulan sebelumnya yaitu Juni 48,77%. Jelas Windows 7 mengalami peningkatan pangsa pasar sejak bulan lalu.

BACA JUGA:  Cara Install Windows 8.1 [Fresh Install]

Windows 8 dan Windows 8.1, di sisi lain, gabungan keduanya hanya memiliki pangsa pasar 12.48%. Angka ini sedikit menurun dari bulan sebelumnya 12,54%, yang lebih rendah dari bulan sebelumnya yaitu 12,64%. Adapun Windows XP tetap menjadi Windows paling populer kedua di bawah Windows 7 dengan pangsa pasar 24,82% pada Juli 2014, meskipun ini menurun dari bulan sebelumnya.

Menilik lebih dalam statistik, kita dapat melihat bahwa Windows 8.1 memiliki pangsa hanya 6,61% di bulan Juni, kemudian mengalami penurunan menjadi 6,56% pada bulan Juli. Bandingannya, sistem operasi Mac OSX 10.9 memiliki pangsa pasar 4,12% sedangkan Linux memiliki pangsa pasar 1,68%.

BACA JUGA:  Cara mengurangi ukuran WinSxS di Windows 8.1, 8, dan 7

sharejuly2014
Yang cukup menarik adalah kita melihat tren penurunan Windows 8 dan 8.1, sedangkan Windows 7 terus tumbuh dalam pangsa pasar. Apakah pengguna Windows 8 kembali menggunakan Windows 7? Bisa jadi. Tetapi saya tidak termasuk dalam golongan tersebut 🙂 .

Tetapi apakah tren penurunan ini akan terus berlanjut? Kita lihat saja nanti. Tetapi jika tren tersebut terus berlanjut maka hal ini seharusnya menjadi pemicu agar Microsoft segera menyelesaikan pengembangan Windows 9 atau Windows 8 akan bernasib sama dengan Windows Vista.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.