Windows 8.1 ISO Preview

Akhirnya saya bisa mendownload Windows 8.1 yang ditunggu-tunggu. Microsoft telah merilis versi Preview bersifat gratis dan dapat didownload langsung dari server Microsoft. Saya mendapat pemberitahuan melalui email bahwa Windows 8.1 Preview telah direlease dan tersedia untuk didownload tanggal 27 Juni 2013. Tetapi rupanya tanggal tersebut untuk wilayah Amerika karena tanggal 27 itu belum tersedia link download, baru hari ini tanggal 28 Juni 2013 saya bisa mendownload file ISO-nya.


Kemunculan Windows 8 memberi banyak harapan bagi pengguna Windows. Namun malah kebanyakan mereka tidak menyukainya. Banyak yang komplain karena Windows 8 tidak memiliki Start Button dan Start Menu, mereka juga tidak suka karena Windows 8 tidak langsung ke Desktop setelah  sign in melainkan ke Start Screen (Metro Style) dahulu. Fitur baru Charms Bar pun dianggap menggangu.

Fitur yang baru dan diubah di Windows 8.1

Antarmuka pengguna dan desktop

Layar Mulai (Start Screen) menerima beberapa fitur tambahan pada Windows 8.1, termasuk melihat "All Apps" dengan mode urutan (yang sekarang diakses dengan mengklik tombol panah bawah baru atau menggesekkan ke atas). Pilihan kustomisasi tambahan juga ditambahkan, seperti opsi warna diperluas, latar belakang baru (beberapa di antaranya memasukkan unsur animasi), dan kemampuan layar Mulai untuk menggunakan latar belakang desktop sebagai gantinya. Aplikasi tidak lagi ditambahkan ke layar Mulai secara otomatis ketika diinstal, dan semua aplikasi desktop disematkan ke layar Mulai sekarang memiliki ubin yang berwarna.

BACA JUGA:  Update Besar Windows 8.1 April 2014

Windows 8.1 pastilah perbaikan dari Windows 8. Meskipun begitu masih terlalu dini untuk menyimpulkan apakah Windows 8.1 akan lebih baik dari Windows 8. Kembali lagi nanti untuk mengetahui Windows 8.1 lebih jauh pada artikel berikutnya.

Aplikasi

Suite aplikasi telah dibundel dengan Windows 8 yang diperbarui untuk Windows 8.1; PC Settings diperluas untuk mencakup opsi yang sebelumnya eksklusif untuk Control Panel versi Desktop, Bursa Windows (Store) diperbarui dengan antarmuka yang lebih baik untuk aplikasi browsing dan update otomatis, Mail app mencakup antarmuka yang diperbarui dan fitur tambahan, aplikasi Camera sekarang terintegrasi dengan Photosynth untuk membuat panorama, dan alat menyunting tambahan yang ditambahkan ke aplikasi Foto (sementara integrasi dengan Flickr dan Facebook benar-benar dihapus).

BACA JUGA:  Cara Mengembalikan Default User Account Picture Windows 8

Layanan daring (Online) dan fungsionalitas

Windows 8.1 menambahkan integrasi yang lebih kuat dengan beberapa layanan milik Microsoft. OneDrive (dahulu SkyDrive) sekarang terintegrasi pada tingkat sistem untuk melakukan sinkronisasi pengaturan pengguna dan berkas. Pengguna tidak perlu lagi menginstal SkyDrive secara terpisah. Berkas akan secara otomatis diunduh di latar belakang ketika mereka diakses dari folder pengguna OneDrive, kecuali mereka ditandai akan tersedia offline.

Sebuah sistem pencarian terpadu berbasis Bing juga ditambahkan, yang dapat menganalisis kebiasaan pencarian pengguna untuk menghasilkan menampilkan konten lokal dan daring yang relevan.

Hal baru lainnya adalah keamanan dan kompatibilitas perangkat keras, fungsionalitas perangkat keras, aksara dan font baru.

Anda dapat membaca apa yang baru di Windows 8.1 Preview pada artikel Fitur-fitur Baru di Windows 8.1 Preview

Anda dapat mendownload Windows 8.1 Free Preview melalui link:

http://windows.microsoft.com/en-us/windows-8/preview-download

System requirement Windows 8.1 sama dengan Windows 8. Nomor pengembangan Windows 8.1 Preview adalah 6.3.9431 dan akan expire pada 16 Januari 2014.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.