Windows 8.1 Short Freeze (baca: Ngehang)

windows8.1 hangTulisan ini adalah merupakan (insyaAllah) jawaban dari komen mas Guruh. “Mas mimin, knp ya sejak update ke windows 8.1 suka sering ‘short freeze’ alias ngehang bentar2. Tiap bbrpa menit hang lalu 2-3 detik hang, normal lagi. Dipake program apapun selalu short freeze gitu. Kira2 knp ya mas? Mohon pencerahannya
(FYI; Laptop ane Toshiba Satelite L840 Core i5, RAM 4GB, VGA 4GB.)
”, tanya mas Guruh.

Jika mendengar frasa “windows saya hang”, seorang teknisi komputer memikirkan lebih banyak hal ketimbang ketika mendengar “windows saya gak bisa booting”. Karena memang banyak penyebab yang membuat windows hang. Bisa karena hardware bisa juga karena software tapi tidak karena brainware heheheh.

BACA JUGA:  Cara Hapus Windows.old Folder Windows 10

Untuk memberikan jawaban dari pertanyaan saudara Guruh berikut ini langkah-langkah atau boleh juga dibilang tips lah 😉 yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

  1. Memeriksa menggunakan Windows Troubleshooter
    Masuklah ke menu Troubleshoot common computer problems yang dapat diakses melalui Control panel -> System and Security -> Run maintenance task -> Advance -> Run as administrator -> Next dan kemudian ikuti saja dan tunggu. Jika ada masalah maka akan muncul dilayar dan sebaliknya, akhiri dengan close.
  1. Gunakan software khusus untuk memantau kondisi komputer sesungguhnya. Jika belum punya silahkan Coba gunakan software SIW System Information for Windows atau boleh juga mengguanakan software lain.
  1. Update Driver. Windows 8/8.1 memiliki kemampuan update driver yang mumpuni akan tetapi adakalanya hasil updatenya berbeda dengan driver keluaran asli dari pembuat hardware yang bersangkutan. Berdasarkan pengalaman ITPoIn* menyarankan uninstall driver VGA, Network Card, SATA, Chipset kemudian download dari situs aslinya dan install ulang.
  2. Nonaktifkan semua startup yang tidak diperlukan biasanya terinstall secara otomatis saat kita menginstall software-software tertentu, sisakan hanya milik Windows (Microsoft) saja.
  3. Dari beberapa referensi menonaktifkan dynamic tick juga dapat membantu tetapi tidak disarankan untuk pengguna yang tidak mau “berdarah-darah” xixixxi….
    Jalankan perintah ini

    bcdedit /set disabledynamictick yes

    kemudian restart

Langkah-langkah di atas selama ini dapat membantu kami jika mengalami masalah short freeze pada windows 8 atau windows 8.1 semoga dapat membantu

 

4 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.