Windows 8.1 Update 2 Akan Tersedia 12 Agustus

windows_9

Pekan lalu, rumor muncul melalui situs Rusia, mengklaim bahwa Microsoft berencana untuk memberikan update kedua untuk Windows 8.1 pada 12 Agustus. Update yang akan datang ini kemungkinan diberinama 'pembaruan Agustus' atau August Update. Ini berarti update besar kedua setelah yang pertama bulan April yang lalu.

Hari ini, Rod Trent dari Windows IT Pro melaporkan bahwa salah satu sumber nya telah mengkonfirmasi bahwa informasi tersebut benar, dan update akan disampaikan pada "Patch Tuesday" berikutnya yakni Selasa 12 Agustus.

Sumbernya juga menegaskan update tersebut akan dinamai apa atau akan disebut sebagai update apa. Beberapa mungkin akan diberi nama "Windows 8.1 Update 2", atau bahkan mungkin "Windows 8.2". Sayangnya, tampaknya bahwa Microsoft masih kesulitan saat akan memberikan nama - kalau kita mengikuti pembaruan Windows 8.1 (Windows 8.1 Update 1) yang dirilis awal tahun ini diberinama "Update April", update berikutnya kemungkinan akan disebut "Update Agustus".

Mungkinkah pilihan nama menunjukkan bahwa Microsoft mungkin beralih ke update irama bulanan untuk Windows 8.1? Sayangnya, bukan itu yang kami dengar saat ini - sebenarnya, ini mungkin update penting terakhir untuk Windows 8.1 sebelum rilis Windows utama berikutnya, dengan nama kode Threshold yang tiba awal tahun depan.

Update sebelumnya sangat dianjurkan oleh Microsoft, sementara "Update Agustus" tidak demikian, sehingga Anda dapat - karena berbagai alasan - memilih untuk tidak menginstalnya, dan Anda masih akan bisa mendapatkan update lain tanpa masalah. Namun, jika Anda ingin menginstal pembaruan Agustus, Anda harus menginstal Windows 8.1 pembaruan sebelumnya.

Microsoft dilaporkan akan mengumumkan "Update Agustus" minggu depan, menjelang peluncuran pada Patch Tuesday.

Apakah rumor ini terbukti? Dan apakah "Update Agustus" menjadi update terakhir sebelum Windows 9 diluncurkan? Kita tunggu saja.

UPDATE:

Windows 8.1 Update Agustus (aka Update 2) Tersedia untuk Download

Baru-baru ini Microsoft mengeluarkan Update Agustus karena beberapa pengguna menghadapi berbagai masalah seperti BSOD, masalah render font. Minggu lalu kita katakan bahwa Microsoft akan merilis Windows Update Agustus 8.1 pada tanggal 12 Agustus 2014 dan sekarang update yang tersedia untuk di-download.

Nomor KB dari Update Agustus adalah KB2975719 dan tersedia untuk semua edisi Windows 8.1 termasuk Windows Server 2012 R2 dan Windows RT 8.1 baik edisi 32-bit (x86) dan 64-bit (x64). Perlu dicatat bahwa meskipun ini bukan major update (update utama) tetapi akan membawa beberapa peningkatan stabilitas dan performa Windows.

BACA JUGA:  Cara Mengembalikan Fitur Briefcase di Windows 8

Beberapa fitur penting dalam Update ini:

Ditambahkan informasi lebih dalam Windows Update:

Setelah Update August ter-instal, Windows akan menunjukkan informasi baru di PC Settings -> Windows Update tentang Update yang baru dilakukan.
New_Information_Windows 8.1_Update_Settings

 

Peningkatan keakuratan touchpad:

August update adds following new options in user settings to improve touch pad precision:

  • Mengabaikan touchpad ketika mouse tersambung
  • Bisa klik kanan di touchpad
  • Double-tap dan drag

Pengaturan ini dapat Anda temukan di PC Settings -> PC and devices -> Mouse and touchpad.

Pembaruan simbol Ruble:

Update ini juga menambahkan dukungan simbol Ruble baru untuk input dan rendering.

Out-of-date ActiveX control blocking:

Untuk meningkatkan keamanan sistem Anda, Internet Explorer akan memblokir out-of-date kontrol ActiveX di halaman web. Ini akan membantu Anda dalam browsing aman di Internet. Internet Explorer juga akan mengarahkan Anda untuk memperbarui out-of-date kontrol sehingga Anda dapat dengan aman berinteraksi dengan versi terbaru mereka.

Miracast Receiver:

Pembaruan ini menyediakan satu set Wi-Fi direct API untuk Vendor Hardware dan perusahaan OEM untuk mengembangkan aplikasi Windows 32-bit yang dapat berjalan di Windows 8.1 versi 32-bit (x86) atau 64-bit (x64) dan dapat mengaktifkan komputer dengan Windows 8.1 sebagai penerima Miracast.

Video capture metadata untuk MP4:

Fitur ini akan memungkinkan para pengembang untuk membaca dan menulis "Tanggal diambil" dan data GPS pada file MP4 dengan menggunakan Windows Runtime dan API Win32.

Minimizing login prompts for SharePoint Online:

Pembaruan ini mengurangi jumlah prompt masuk saat mengakses situs SharePoint Online. Jika pengguna meng-enable opsi "Keep me signed in" saat log on untuk pertama kalinya, dia akan tidak melihat prompt untuk akses ke situs online SharePoint.

Update Agustus juga memperbaiki masalah menjengkelkan yang dilaporkan oleh pengguna sebagai berikut :

  • Icon kosong di Jump List setelah aplikasi diperbarui dalam Windows 8.1 atau Windows Server 2012 R.
  • Anda tidak dapat masuk ke aplikasi web ketika Anda menggunakan metode otentikasi sertifikat pada Windows Server 2012 R2.
  • Task name dihapus setelah Anda menghubungkan laporan penyimpanan untuk tugas yang dijadwalkan pada Windows.
  • Terlalu sedikit ubin (tile) ditampilkan selama kustomisasi gambar pada Windows.
  • Tidak dapat menonaktifkan pengaturan keamanan di Preferensi Kebijakan Grup (Group Policy Preferences) untuk Internet Explorer 10.
  • Perangkat USB lepas dan pasang (remove and install) berulang kali ketika terhubung ke komputer berbasis Windows 8.1 atau Windows Server 2012 R2.
  • Perangkat USB muncul dengan tanda seru berwarna kuning di Device Manager Windows (Windows Device Manager) pada Windows 8.1 atau Windows Server 2012 R2.
  • Mengklik "Find more" di mobile broadband menyebabkan status Mencari (searching status) membeku / hang di Windows 8.1 dan Windows RT 8.1.
  • Gambar akun bergeser ke sisi kanan setelah Anda membuka komputer dari aplikasi pada Windows 8.1 atau Windows RT 8.1.
  • "0x0000009F" Stop error terjadi pada komputer berbasis Windows 8.1 atau Windows Server 2012 R2.
  • Properties item membuka secara acak ketika Anda klik dua kali item dalam Windows 8.1 atau Windows Server 2012 R2.
  • Komputer tidak bangun ketika Anda memutuskan listrik AC dari komputer berbasis Windows Server 2012 R2 atau Windows 8.1.
  • Pengaturan "Set as metered connection" untuk Wi-Fi dan koneksi MBB masih dalam keadaan Off di Windows RT 8.1 atau Windows 8.1.
  • Windows Store app masih bereaksi untuk mencari teks bila Anda menghapus teks di "Search charm" di Windows 8.1 dan Windows RT 8.1.
  • Ikon Browser tidak bisa unpinned dari taskbar ketika Anda mengubah browser default pada Windows RT 8.1 atau Windows 8.1.
  • Komputer terlambat (delay) menyala saat membuka kembali layar setelah sleep di Windows 8.1 atau Windows Server 2012 R2.
  • Halaman file PDF yang kosong ketika Anda membuka file dengan menggunakan Windows Store app Windows 8.1 atau Windows Server 2012 R2.
  • Desktop tidak metampilkan dengan benar ketika ikon jaringan di notification area berubah berulang kali dalam versi 64-bit Windows.
BACA JUGA:  Jadikan Wallpaper Windows 8.1 sebagai Background Start Screen

Update August sudah tersedia via Windows Update. Jika Anda ingin men-download file Update langsung dari server Microsoft untuk penggunaan offline, silahkan download melalui link-link berikut:

Download August Update (KB2975719) for Windows 8.1 (32-bit) (100 MB)

Download August Update (KB2975719) for Windows 8.1 (64-bit) (170 MB)

Download August Update (KB2975719) for Windows Server 2012 R2 (170 MB)

Ada lima file update yang tersedia untuk di-download pada setiap laman:

  • Windows8.1-KB2975719.msu
  • Windows8.1-KB2979582.msu
  • Windows8.1-KB2990532.msu
  • Windows8.1-KB2993100.msu
  • Windows8.1-KB2993651.msu

Download dan install semuanya.

Pengguna Windows RT 8.1 nampaknya hanya bisa download dari Windows Update.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.