Windows 8.1 vs. Windows 7 - Mana yang Lebih Bagus?

Performance Task Manager Windows 8

Performance Task Manager Windows 8/8.1

Windows 10 sudah semakin dekat dan Microsoft semakin jauh meninggalkan OS yang lebih tua. Apakah Anda masih menggunakan Windows 7 atau bahkan Windows XP? Sementara dukungan untuk Windows XP sudah berakhir pada bulan April 2014, dan Microsoft telah menarik dukungan utama untuk Windows 7 mulai Januari 2015.

Kini Windows 10 sedang dalam tahap uji coba (Technical Preview), versi RTM paling cepat akan keluar bulan Juni. Sambil menunggu Windows 10 RTM diluncurkan mengapa tidak mencoba Windows 8 (8.1) yang sekarang populer?

Kami akan berikan beberapa kelebihan Windows 8.1 dibandingkan dengan Windows 7. Sudah banyak artikel tentang perbedaan Windows 8.1 dan Windows 7, di sini kami beri ringkasannya saja. Kami berharap setelah membaca artikel ini Anda dapat dengan mudah memilih mana OS yang paling sesuai untuk Anda.

  1. Boot time (waktu boot)
    Windows 8 hanya memerlukan waktu 10-15 detik untuk boot. Tidak hanya waktu boot yang singkat tetapi waktu shutdown pun singkat. Tidak perlu menunggu lama. Bagaimana booting Windows 8 bisa lebih cepat dibandingkan Windows 7? Insinyur Microsoft menggabungkan mode hibernasi dan shutdown menjadi satu untuk Windows 8, dan Windows 8.1 menggunakan mode hybrid booting yang memungkinkan PC untuk memulai lebih cepat. Kernel memungkinkan hibernate bukannya mematikan sepenuhnya, dan penggunaan core memungkinkan untuk start-up dalam hitungan detik. Beralih dari Windows 7 ke Windows 8.1 menyingkat waktu Anda dalam boot, ini akan membantu meningkatkan produktifitas PC Anda.
  2. Enterprise features (Fitur-fitur Enterprise)
    Windows 8.1 memiliki fitur enterprise lebih dibandingkan Windows 7, misalnya Windows to Go yang ditambahkan pada edisi Enterprise memungkinkan pengguna untuk membuat versi pribadi dari Windows pada USB atau mesin lain yang menjalankan Windows 7 atau 8. Windows 8.1 juga memiliki dukungan yang lebih baik untuk mengelola perangkat mobile, dengan dukungan tap-to-print melalui NFC dan biometrik juga ditingkatkan, resistensi malware dan enkripsi juga disertakan.
  3. Performance (Kinerja)
    Windows 8 (8.1) memiliki performa lebih baik dibandingkan Windows 7 dari banyak aspek. Penghapusan Aero Glass Windows 7 juga berkontribusi terhadap peningkatan kecepatan. Microsoft telah mendesain ulang Windows 7 dan menerapkan desain baru itu pada Windows 8 dan hasilnya adalah sistem yang jauh lebih cepat yang mengonsumsi sumber daya yang lebih sedikit dari sebelumnya. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan Windows 7 untukย PC low-end.
  4. Interface
    GUI (Graphic User Interface) alias antarmuka pengguna Windows 8 berubah secara radikal dibandingkan dengan Windows 7 terutama "Home/Desktop". Desktop Windows 8 mulai mengadopsi interface Windows Phone (yang disebut Metro) dan mulai mulai disesuaikan dengan perangkat sentuh. Perubahan radikal ini banyak dikritik terutama karena PC perangkat sentuh masih sedikit. Interface Metro di Windows 8 dianggap merepotkan dan tidak berguna. Ditambahkannya Chamrs Bar dan dihilangkannya Menu Start adalah hal lain yang tidak disukai di Windows 8. Pada sisi ini Window 7 masih pilihan yang lebih baik. Tetapi Windows 10 yang akan datang memperbaiki itu semua. Menu Start kembali, Charms Bar ditiadakan, dan Metro disemat dalam Menu Start.
  5. Security
    Keamanan merupakan masalah besar bagi pengguna individu dan bisnis, sebagai sistem operasi desktop paling populer, Windows sedih menjadi target utama serangan malware dan virus. Fitur keamanan Windows 7 dan Windows 8.1, keduanya menggunakan enkripsi BitLocker Drive, tapi Windows 8.1 satu langkah lebih maju karena tersedia secara default. Anda selalu dapat men-download Microsoft Security Essentials untuk Windows 7 dan itu gratis, tapi di Windows 8 sudah dibangun ke dalam sistem.Booting aman pada sistem UEFI juga disertakan dengan 8.1, sehingga lebih sulit bagi malware jahat untuk menginfeksi bootloader. PC yang menjalankan Windows 8.1 juga dapat secara otomatis terhubung ke VPN.
  6. Task Manager
    Task Manager Windows 8 menampilkan informasi lebih lengkap dalam bentuk visual. Pada tab Performance menampilkan grafik berwarna untuk CPU, memori, disk, Ethernet dan konsumsi nirkabel (lihat gambar di awal).
  7. USB 3.0 support
    Windows 8.1 mendukung penuh port USB 3. Alih-alih mengandalkan produsen atau update untuk menambahkan dukungan untuk perangkat, perangkat Windows 8-enabled kini dapat menikmati kecepatan lebih cepat hingga 5 Gbit/s. Jadi jika PC Anda sudah tersedia port USB 3.0 mengapa tidak memanfaatkannya dengan beralih ke Windows 8?
  8. Data transfer
    Menyalin dan memindahkan (Copying and moving) data pada Windows 7 ditangani dengan cara yang berlebihan. Ketika menanggapi tabrakan antara dua nama file, misalnya, transfer data terganggu dengan prompt yang menanyakan bagaimana akan dilanjutkan, semua detail ditampilkan terlalu lengkap. Bukankah jika dua file memiliki nama yang sama persisis maka kedua file tersebut akan sama persis? Kita tidak memerlukan informasi path file, nama lengkap, dan juga thumbnail-nya. Di Windows 8 jendela dialog transfer data dibuat lebih ringkas. Informasi estimasi waktu transfer juga lebih akurat.
  9. Daemon Tools sudah Basi
    Anda butuh tool pihak ketiga, misalnya Daemon, untuk menjalankan atau me-mount file ISO. Di Windows 8.1 Anda dapat langsung klik ganda untuk membuka file ISO, virtual disk langsung dibuat.
BACA JUGA:  Cara Mengambil Screenshot di Windows 8.1 Tanpa Software Tambahan

Secara pribadi saya hanya butuh dua alasan untuk menggunakan Windows 8.1 daripada Windows 7:

  1. Boot time cepat. Sudah bukan jamannya menunggu Windows booting sampil baca koran dan minum kopi ๐Ÿ™‚
  2. Security. Sistem operasi yang lebih baru memiliki security lebih kuat.

Itu saja, semoga bermanfaat.

21 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.