9 Alat Bantu Untuk Mengetahui Performa/Status Server

Alat Bantu Untuk Mengetahui Performa status Server

Dalam tulisan sebelumnya Website atau Blog Cepat Diakses, Google Berikan Ranking yang di dalamnya juga berisi tantang cara mudah untuk mengetahui performa server web hosting. Kali ini kami akan berbagi bagaimana cara melakukannya dengan menggunakan tools online yang tentunya gratis. Tools ini juga dapat di gunakan untuk mengetahui performa server VPS, dengan tools ini kita akan tahu seberapa handal web server/hosting kita.

Berikut ini adalah tools yang saya maksud:

  1. Site 24/7
    Situs ini menyediakan layanan gratis untuk memantau 5 website dengan minimal 10 menit interval. Layanan yang disediakan antara lain PING, SSL, HTTP(S), SMTP, TCP, FTP(S), DNS, TCP, POP, dll.
  1. Uptime Spy
    Uptime Spy menurut saya cukup bagus dalam hal reliability hanya sayang sekali untuk layanan gratisnya hanya dapat memonitor 1 website saja. Sedangkan untuk layanan berbayarnya dapat memonitor lebih dari 30 website. Fitur-fitur yang disediakan cukup lengkap diantaranya adalah Uptime Reports, Multiple Location Checks, Email Reports dan World Geographic Monitoring Nodes.
  1. Uptime Robot
    Uptime Robot ini temasuk yang populer karena gratis. Coba bayangkan layanan gratisnya dapat memonitor lebih dari 50 server, selain itu intervalnya hanya 5 menit. Saya belum menemukan layanan sejenis dan gratis dengan interval sekecil itu. Masih kurang? Hehehe... tenang Robot Uptime ini juga sudah menyediakan API.
  1. Service Uptime
    Hmmm kalo yang ini setelah kita mendaftar hanya mengijinkan satu web saja dan intervalnya cukup lumayan jauh, 30 menit.
  1. Free Site Status
    Kalo yang ini server dan website kita dapat dimonitor lebih dari 15 network/jaringan di dunia. Mereka menggunakan teknologi verifikasi yang lumayan canggih untuk menghindari false alarm. Akan tetapi yang versi gratisnya intervalnya hingga 1 jam. Yah.. cukup lumayan lama jika dibandingkan dengan yang lain.
  1. Pingdom
    Pingdom ini salah satu yang saya sukai ia tidak hanya menyediakan aplikasi uptime monitoring melainkan juga tools lain seperti DNS health checker, website speed test, traceroute dan ping. Selain itu ada juga layanan notifikasi melalui SMS jika server megalami downtime atau masalah lainnya. Menurut saya ini menjadi nilai plus tersendiri.
  1. Monitor.Us
    Monitor.us ini adalah satu perusahaan dengan TeamViewer dan versi gratis dari Monitis. Sepertinya ini adalah tools monitoring online gratis yang paling lengkap berbasis cloud. Layanan monitoring server/websitenya antara lain adalah full-page load monitoring, network monitoring, website monitoring, mobile monitoring dan tidak lupa tentunya server monitoring.
  1. New Relic
    Hmmm…. New Relic ini tidak hanya sekedar untuk mengecek uptime server atau website saja melainkan juga memonitor caching, web apps, mobile apps, database, servers, dll. Notifikasi server seperti CPU utilization, health issues, disk I/O utilization, memory utilization, dan disk capacity bisa kita dapatkan pada versi gratisnya. Luar biasa bukan?
  1. Montools
    Untuk Montools ini versi gratisnya kita mendapatkan MySQL monitoring, website monitoring, FTP monitoring, https monitoring, Apache monitoring, DNS and Ping monitoring, IMAP, POP3 dan SMTP monitoring. Selain itu jika web atau server kita mengalami kegagalan maka notifikasinya melalui berbagai macam media seperti sms, email, twitter, dan telepon khusus untuk yang berbayar.
BACA JUGA:  BBM untuk Android Wear - Tidak Lama Lagi BBM Bisa diakses dari Jam Tangan

Saya yakin masih banyak layanan sejenis yang belum saya tulis di sini, saya persilahkan untuk mengusulkan melalui kolom komentar atau kontak kami dan kami sangat senang menambahkannya dalam tulisan ini.

2 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.