9 Hal Tentang Kamera Android yang Perlu Anda Ketahui

Anda pasti sudah pernah bahkan sering menggunakan kamera ponsel atau smartphone, kalau punya tentunya. Ponsel berkamera adalah lompatan besar dalam teknologi. Kamera ponsel akhir-akhir inipun sudah jauh lebih baik. Bahkan kamera ponsel tertentu memiliki fitur yang sama dengan kamera (digital) sesungguhnya, contohnya Exmor pada Xperia Z.

Lalu, seberapa ahli anda menggunakan kamera ponsel anda? Berikut ini 9 hal tentang kamera Android yang perlu anda ketahui. Semoga menambah kemahiran anda menggunakan kamera ponsel 🙂

  1. Crop, jangan Zoom. Kesalahan umum saat mengambil foto/gambar menggunakan kamera ponsel/smartphone adalah memperbesar (zoom) ke titik tertentu namun justru sering kualitas gambarnya langsung berkurang. Untuk mengatasi ini, coba potong (crop) gambar untuk menghapus bagian-bagian yang Anda tidak suka.
  2. Pengeditan Mudah. Banyak pengguna yang mulai memanfaatkan kamera pada smartphone mereka adalah karena editing suite (paket menu-menu editing) yang sangat baik yang tersedia segera setelah menjepret. Jadi, tidak perlu mengeditnya di perangkat lain, misalnya komputer. Cukup melalui camera smartphone. Tambahan lagi melalui Gallery Anda dapat menerapkan filter, frame dan bahkan memotong foto Anda tanpa pernah perlu men-download aplikasi pihak ketiga.
  3. Detil fitur. Jika Anda ingin memanfaatkan kamera, maka Anda periksa berbagai pengaturan dan menu yang ada. Anda dapat bermain-main dengan itu, mencoba semua fitur-fiturnya. Misalnya ada pilihan tool yang dapat anda manfaatkan untuk mendapatkan kecerahan yang seimbang, menyesuaikan pengaturan ISO dan banyak pilihan tentang pengaturan lampu kilat.
  4. Tidak ada Kedalaman. Dengan sensor kecil dan lensa lebar (wide lenses), sulit untuk menambahkan efek kedalaman (depth). Sebagai solusinya anda dapat menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga yang memiliki efek pengabur (blurring tool) untuk mendapatkan efek kedalaman palsu.
  5. Galaxy Camera. Kombinasi ponsel dan kamera digital milik Samsung sulit dibedakan. Apakah ponsel yang ditambahkan kamera ataukah kamera yang tambahkan ponsel? Namun yang pasti, Galaxy Camera menawarkan kualitas foto yang luar biasa dan fitur-fiturnya juga banyak. Saya berani mengatakan bahwa hasil Galaxy Camera tidak kalah dengan kamera digital dengan jumlah pixel yang sama.
  6. Penggunaan Modus Panorama. Salah satu keunggulan kamera smartphone adalah gambar panorama. Menggunakan fitur ini, pengguna dapat menangkap gambar 360 derajat. Tersedia bila anda menjalankan Android 4.0 atau yang lebih baru.
  7. Instagram dan sejenisnya. Sudah tahu instagram kan? Selebriti juga nyemplung di sana. Setelah mengambil banyak foto/gambar, mengapa tidak memilih beberapa yang terbaik lalu berbagi foto menggunakan aplikasi yang tersedia di Google Play store. Pilihan terbaik adalah Instagram, yang menampung jutaan pengguna yang meng-upload gambar mereka, Anda dapat melihat dan mem berikan penilaian. Upload gambar Anda sendiri dan lihat siapa yang merekomendasikan gambar-gambar sempurna Anda.
  8. Scene-by-scene.  Sekarang Anda dapat menemukan fitur standar lainnya pada kebanyakan ponsel Android yaitu mampu mengambil foto tertentu pada sebuah adegan. Fitur ini membantu telepon memahami bagaimana cahaya sekitar, mungkin Anda mencoba untuk menangkap objek yang bergerak, atau bahkan mencoba untuk mengambil gambar dari jarak jauh.
  9. Semua Kembali pada Kualitas. Produsen ponsel Android tertentu telah membuat lompatan besar dalam kualitas keseluruhan dari kamera yang mereka tawarkan pada smartphone mereka. Xperia Z misalnya, keluaran Sony, memasukkan sensor brilian yang diberi nama Exmor. Sensor yang sama yang digunakan pada kamera digital Sony.
BACA JUGA:  Cara Membersihkan Riwayat Pencarian Google Play Store

Selamat jepret-jepret 🙂

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.