Agar StartUp Windows 10 Lebih Cepat

Waktu Startup Windows sudah 8 jauh lebih baik dibandingkan Windows 7, Windwos Vista, dan Windows XP. Maksud lebih baik dalam pembicaraan ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk startup lebih sedikit, itu juga berarti startup yang lebih cepat. Rahasia startup lebih cepat Windows 8 adalah fitur "Startup Delay". Setelah Anda log on, program-program startup tidak dibuka sekaligus saat system masih memuat Processes. Teknik "Startup Delay" ini sudah mulai diterapkan oleh Microsoft sejak kemunculan Windows Vista.

Di Windows 10, ketika OS dimulai, penundaan (delay) pemuatan aplikasi dari folder Startup, terutama ketika Start screen diaktifkan. Anda dapat mengurangi startup delay ini untuk aplikasi desktop dengan tweak Registry sederhana.

BACA JUGA:  Solusi Windows 8.1 Lambat Booting/Startup

Untuk mengurangi delay, lakukan langkah-langkah berikut.

  • Buka Registry Editor. Jika Anda belum familiar dengan Registry Editor, lihat tutorial lengkapnya di sini.
  • Pergilah ke key Registry berikut:
    HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Serialize

Jika key "Serialize" tidak ada, Anda harus membuatnya.
Buat value DWORD baru dan beri nama StartupDelayInMSec dan isi nilai 0:

startup_delay_windows_10Sekarang reboot Windows 10 untuk melihat perubahan dan coba amati item dalam folder startup Anda. Jika Anda memiliki banyak item, mereka akan startup lebih cepat. Meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya menghilangkan startup delay, dengan bantuan tweak ini Anda akan mendapatkan startup yang terasa lebih cepat.

BACA JUGA:  Upgrade Windows 10 IP Build 10xxx dari Core/Pro ke Enterprise

One Response

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.