Apa itu File APK?

Sebagai pengguna ponsel Android, saya yakin Anda sudah mendengar file APK. Jadi apa sebenarnya file APK itu? Memahami ini sangat penting jika Anda ingin men-download bocor-an aplikasi atau menyesuaikan pengalaman Android Anda lebih daripada menggunakan Play Store. Dalam artikel kali ini Anda akan belajar tentang apa itu file APK, bagaimana cara mendownload file APK, dan bagaimana cara meng-install file APK.

Apa itu file APK?

File APK (singkatan dari Android application package) adalah sebuah format file yang digunakan untuk meng-install software (game atau aplikasi) pada sistem operasi Android. Sama seperti sistem Windows yang menggunakan sebuah file .exe untuk mengintall software. Jadi kalau Windows menggunakan .exe sedangkan Android menggunakan .APK.

BACA JUGA:  Layar Samsung Galaxy Tab S adalah Terbaik yang Pernah Ada

Mengapa saya harus menginstal file APK?

Anda bisa menginstal game dan aplikasi Android langsung dari Google Play Store. Tetapi jika kita berbicara tentang APK maka itu berarti Anda mencari dan men-download file APK di luar Google Play. Ini memungkinkan Anda untuk mengakses aplikasi yang bocor menjelang rilis resmi mereka. Bahkan Anda juga dapat men-download aplikasi yang telah dilarang (banned), tetapi kami tidak merekomendasikan hal ini kecuali Anda pengguna Android ahli. APK file baru sering bocor lebih dulu, memberikan Anda akses awal untuk semua fitur baru yang menarik yang mungkin nantinya tidak akan tersedia untuk Anda. Contoh, Android L permulaan yang masih dalam tahap pembangunan sudah tersedia di internet meskipun itu belum resmi dirilis.

BACA JUGA:  Cara Meningkatkan Performa Android

Jika perangkat Android Anda tidak memiliki akses ke Google Play Store, file APK mungkin satu-satunya pilihan untuk menginstal aplikasi pada perangkat Anda.

Cara mendownload file APK

Banyak situs yang menyediakan file-file APK. Tapi berhati-hatilah. Download file APK hanya dari situs yang memiliki reputasi bagus. Jika Anda tidak mengerti maka jangan pernah mendownload file-file APK yang sudah dimodifikasi. Memang file-file APK yang sudah dimodifikasi menjanjikan fitur lebih atau melampaui batasan-batasn, tetapi bisa saja aplikasi tersebut disusupi progran jahat.

Baca artikel bagaimana mendownload file APK dari komputer.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.