HP/Smartphone Android Selalu Masuk Safe Mode


Baru-baru ini teman saya mengeluh karena HP Samsung Androidnya selalu masuk ke safe mode setiap kali dihidupkan. Tahukah Anda Android memang bisa juga masuk ke safe mode seperti halnya juga komputer? Fungsi dari safe mode tersebut antara lain untuk uninstall aplikasi yang mengandung virus dengan aman dan tanpa perlu melakukan flash ulang ROM. Bagaimana solusinya jika Android Anda masuk ke safe mode tanpa diminta?

Sebelum itu, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu bagaimana cara masuk safe mode HP Samsung Android. Caranya sebagai berikut:

  1. Matikan HP/smartphone.
  2. Nyalakan HP/smartphone (tekan tombol power) sambil menahan tombol menu.
  3. Kalo berhasil di sebelah bagian kiri nanti setelah  boot dan masuk ke home screen akan ada tulisan safe mode-nya.

Nah, setelah mengetahui cara masuk ke safe mode Anda bisa menebak mengapa Android otomatis masuk ke safe mode tanpa diminta setiap kali dihidupkan. Salah satu penyebabnya adalah casing yang tidak pas, tidak tepat. Kembali pada kasus teman tadi, ternyata casing yang digunakan bukan untuk tipe Samsung yang dimilikinya. Jadi tombol volume-down selalu tertekan karena salah casing. Inilah penyebab mengapa setiap kali HP-nya dihidupkan selalu masuk ke safe mode. Solusinya, pastikan tidak ada tombol yang tertekan saat HP dihidupkan.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Masalah pada Foto, Video, dan Pesan Suara LINE

Tombol Tertekan/Macet

Seperti telah saya sebut di atas, casing atau hal-hal lain dapat menyebabkan tombol tertekan/macet, ini akan menyebabkan smartphone selalu masuk ke safe mode saat dihidupkan. Solusinya adalah singkirkan semua hal yang menyebabkan tombol tertekan kemudian lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Lepas casing dari HP/smartphone.
  2. Matikan HP/Smartphone kemudian tekan semua tombol berulang-ulang untuk memastikan tidak ada tombol yang macet.
  3. Restart smartphone Anda.

Perangkat dengan Baterai yang Bisa dilepas

Jika HP/Smartphone Anda memiliki baterai yang bisa dicabut-pasang ikuti lngkah-langkah berikut:

  1. Cabut/lepas baterai dan kartu SIM dari HP/Smartphone.
  2. Tunggu 30 detik.
  3. Sementara baterai masih di luar sambungkan HP dengan charger listrik.
  4. Masukkan kembali baterai dan kartu SIM.
  5. Hidupkan kembali HP/smartphone Anda. Saat perangkat mulai hidup jangan menekan tombol apapun.
BACA JUGA:  Cara Reset Level Game di Android

Aplikasi yang Baru-baru ini Diinstal

Jika HP/Smartphone Anda masih masuk ke safe mode setelah megikuti instruksi di atas maka coba perhatikan aplikasi-aplikasi yang baru-baru ini Anda instal. Mungkin ada aplikasi yang mencegah HP/smartphone hidup normal. Uninstal aplikasi-aplikasi yang Anda curigai sebagai penyebab.

Master Reset

Jika setelah melakukan semua instruksi di atas namun smartphone Anda masih masuk safe mode maka saatnya Anda mencoba melakukan master reset atau hard reset. Tindakan ini akan menghapus semua setting-an dan semua aplikasi yang terinstal, smartphone akan kembali seperti baru sebagaimana semula Anda beli.

Kerusakan Hardware

Tak satupun solusi di atas berhasil? Kemungkinan HP/smartpohne mengalamai kerusakan pada hardware/perangkat keras. Bawalah ke tempat servis atau ke kantor resmi untuk diperiksa lebih lanjut. Jika perangkat Anda masih dalam masa garansi, bawalah kartu garansi Anda.

Semoga membantu 🙂

4 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.