Apa yang Baru di Windows 10 Build 10061?

Apa yang baru di Windows 10 Build 10061? Tidak ada perubahan radikal dari sisi UI (tampilan) pada Windows 10 build 10061 dibandingkan dengan Windows 10 build 10056. Boleh dikatakan Windows 10 build 10061 dan Windows 10 build 10056 sama dari sisi tampilan. Mungkin inilah tampilan akhir Windows 10 RTM nantinya yang (rumornya) akan rilis akhir Juni tahun ini.

Tampilan Desktop Windows 10 10061

Tampilan Desktop Windows 10 Build 10061

 

Oleh karena itu silahkan baca artikel Windows 10 Build 10056 – Update UI, Weather + Lainnya jika kalian melewatinya. Jadi, pada build terbaru ini berisi perbaikan-perbaikan, pasti.

Tampilan baru yang kami maksud diantaranya:

Menu Start baru: akhirnya menu Start lebih fleksibel dengan desktop. Kini Start bisa diubahsuaikan (resize) ukurannya. Bisa diubah ke arah vertikal atau horizontal, cukup dengan menyeret tepinya melebar ke atas atau ke kanan. Adapun untuk mengubahnya sepenuh layar kalian dapat menggunakan tombol Expand Start. Selain itu, Menu Start sekarang terlihat transparan.

Continuum Baru: Continuum kini lebih optimal untuk tablet. Meskipun kalian tidak menggunakan tablet, fitur ini tetap bisa dinikmati pada PC. Cukup klik "Tablet Mode" dari Action Center. Saat berada di tablet mode maka menu Start akan melebar sepenuh layar. Taskbar menjadi lebih simpel dimana aplikasi yang di-pin dihilangkan. Begitu juga dengan Cortana, dan Task View akan lebih mudah digunakan dengan touch.

BACA JUGA:  Windows 10 Technical Preview Official Links

Warna dasar tema hitam: Taskbar, Start Menu, dan Notification Center sekarang menggunakan latar belakang warna gelap, hitam.

Aplikasi Mail dan Calendar baru: aplikasi baru ini membawa peningkatan performa dan dengan toggle untuk cepat berpindah di antara email dan kalender. Mail mencakup Swipe Gestures, memungkinkan kalian geser/usap ke kanan atau kiri untuk mengambil tindakan seperti menghapus, flag, memindahkan atau tandai sebagai telah dibaca/belum dibaca.

Mail memanfaatkan kemampuan Word yang sudah umum untuk memungkinkan kalian dengan mudah menyisipkan tabel, menambahkan gambar dan menggunakan bullet, dan warna untuk teks email. Aplikasi baru Mail dan Calendar, keduanya mendukung akun Office 365, Exchange, Outlook.com, Gmail, IMAP, POP dan akun populer lainnya. Jadi, kalian dapat menggunakan lebih dari satu akun.

Perbaikan Task View : Microsoft telah membuat beberapa update visual untuk Task View. Microsoft telah menyempurnakan ikon Window, tombol Close, dan thumbnail. Perbaikan ini juga berlaku untuk Alt + Tab dan Snap Assist. Ikon Task View pada Taskbar juga baru.

BACA JUGA:  Cara Aktivasi Permanen Windows 10 RTM

Perbaikan Virtual Desktop: kalian dapat membuat Desktops virtual sbanyak yang kalian inginkan! Ini benar-benar baru bagi Windows, tapi Linux sudah bukan hal baru lagi 😛

App People sudah bisa diakses: sekarang aplikasi People sudah bisa digunakan. Dengannya kalian bisa menambahkan kontak teman-teman kalian.

font baru cmd windows 10 build 10061

Font default Command Prompt menggunakan Consolas

Consolas adalah Font Default Command Prompt: perubahan kecil lainnya adalah Windows 10 build 10061 menggunakan font Consolas ukuran 12 pada program Command Prompt. Kalian tentu tahu bahwa sebelumnya Command Prompt menggunakan Raster Fonts yang terlihat lebih antik.

Perbaikan-perbaikan lainnya:

  • Perbaikan masalah di mana Indexing email baru di Outlook tidak bekerja.
  • Perbaikan masalah meng-enable Hyper-V.
  • Visual Studio tidak akan lagi crash ketika membuat Universal app project baru.
  • Beberapa masalah dalam Projek Spartan. Sekarang kalian dapat mengklik dua kali pada Titlebar untuk memaksimalkan. Microsoft juga telah membuat beberapa tweak untuk penyelarasan Bar Favorit sehingga teks dan ikon tidak lagi muncul sebagian di bawah bagian bawah  Bar Favorit.

Sekian.