Windows 10 Build 10056 - Update UI, Weather + Lainnya

Baru beberapa hari yang lalu saya upgrade Windows 10 build 10051, sekarang sudah keluar bocoran Windows 10 build 10056. Tentu, saya juga sudah upgrade ke build terbaru ini. Seperti biasa, ketika ada upgrade atau update terbaru Windows 10, kami berusaha mengulas fitur-fitur baru yang ada padanya. Jadi, artikel hari ini penjelasan singkat tentang "apa saja yang baru di Windows 10 Build 10056".

Desktop Windows 10 build 10056

Desktop Windows 10 build 10056, menggunakan warna latar hitam.

Warna dasar tema hitam. Taskbar, Start, dan Notification Center sekarang menggunakan warna gelap, hitam.

Tombol Power dihapus dari Start. Tombol Power yang berada di sudut kanan atas bersebalahan dengan Expand Start telah dihapus. Adapun tombol Expand Start masih dipertahankan.

Ikon Recycle Bin baru. Sebelumnya ikon Recycle Bin berwarna putih dan terlihat menempel di desktop. Sekarang ikon Recycle Bin menjadi tiga dimensi dengan warna yang tidak terlalu kontras.

Ikon Task View Baru. Coba perhatikan Taskbar. Ikon Task View dibuat lebih sederhana, hanya border saja.

Notification center windows 10 build 10056
Menu Notification Center Collapse. Kini kalian langsung bisa mengkases semua menu dalam Notification Center tanpa tambahan klik Expand karena semua menu ditampilkan semua secara default. Ini lebih bagus karena toh masih banyak ruang kosong di atasnya. Opsi Battery Saver juga langsung bisa dipilih dari Notification Center.

BACA JUGA:  Agar StartUp Windows 10 Lebih Cepat

Menu lain yang sangat membantu adalah ditambahkannya menu untuk mengatur kecerahan (Brightnes) di Notification Center. Cukup sekali klik untuk mengatur kecerahan layar menjadi 25%, 50%, 75%, dan 100%.

Start Windows 10 build 10056
Start baru. Akhirnya Start lebih fleksibel dengan desktop. Kini Start bisa diubahsuaikan (resize) ukurannya. Bisa diubah ke arah vertikal atau horizontal. Adapun untuk mengubahnya sepenuh layar kalian dapat menggunakan tombol Expand Start.
[divide]
Open with IE di Spartan
Spartan ada opsi Open with Internet Explorer. Ada opsi Open with Internet Explorer di Spartan. Untuk apa? Mungkin untuk membuka halaman yang tidak dapat dibuka oleh Spartan.
[divide]
PDF open with spartan dan Reader
Spartan bisa baca/simpan PDF. Scara default file PDF dikaitkan dengan Spartan. Sebuah file PDF dapat dibuka dari Spartan dan PDF Reader. Selain untuk membaca PDF, Spartan juga dapat menyimpan sebagai PDF.

Find Song Cortana
Find Song di Cortana. Ada tambahan menu di Cortana, yaitu Find Song. Ya, untuk mencari lagu tentunya. Menurut saya tanggung. Sekalian saja ditambahkan fitur karaoke, hehehe 😀 😀 😀 toh Cortana harus menggunakan Mic. Trus, upload ke sosial media 😛 .

BACA JUGA:  Memilih Firefox sebagai Browser Default Windows 10

live preview background windows 10 build 10056
Live Preview Background. Kalian bisa melihat live preview (pratinjau langsung) saat memilih background Desktop. Pergilah ke Settings > Personalization - Background.
on-off transparansi Start
Anda juga dapat memilih warna otomatis berdasarkan warna desktop (ini tidak baru). Selain itu transparansi Start juga dapat di atur di sini.

opsi tombol power
Opsi tombol power baru. Opsi tombol power juga didesain ulang. Opsi Sleep, Shut down, dan Restart tidak keluar ke kanan melainkan ke atas. Lebih mudah mendorong mouse ke atas daripada kanan, kan?

weather windows 10 build 10056
Weather belum rampung. Aplikasi Weather belum rampung. Saat ini hanya tersedia Forecast dan News. Maps, Historical Weather, dan Favorites hadir mendatang. Hasil pencarian lokasi masih kalah dibandingkan app AccuWeather di Android saya 🙂 .

Bagaimana menurut kalian? Apakah Windows semakin cantik, mungkin ya? Tapi, jika fokus kita pada UI (tampilan), saya pribadi lebih memuji kecantikan UI Linux :).

Tetapi update Windows 10 semakin baik. Saya membayangkan Windows 10 berjalan dengan baik di perangkat mobile (ponsel) dan sekaligus menyesuaikan diri dengan cerdas dengan perangkat PC. Semoga saja apa yang dijanjikan Microsoft tentang OS yang lintas perangkat berhasil dengan sempurna.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.