Apa yang Baru di Windows 10 Build 10074?

Windows 10 (Insider Preview) build 10074 resmi dirilis 29 April. Bagi Anda yang tidak mau ketinggalan mencicipi build terbaru silahkan download Official Windows 10 Insider Preview Build 10074. Sementara sebagian orang masih mencoba build baru 10074, di internet sudah bocor build yang lebih baru, Windows 10 build 10102.

Btw, apa kabar kalian semua? Selamat berakhir pekan! Sambil menikmati akhir pekan mari kita lihat apa saja yang baru di Windows 10 build 10074. Secara umum kalian akan melihat perbaikan UX dan peningkatan kinerja aplikasi-aplikasi.

Perbaikan UX secara Umum: Microsoft membuat banyak perbaikan UX (User experience) dari build sebelumnya. Misalnya, kalian akan melihat animasi Live Tile baru untuk Start di samping beberapa perbaikan kinerja dan stabilitas untuk Live Tile. Saya juga melihat sudah ada pilihan "Turn live tile off" pada Live Tile menu Start.

Microsoft telah menyelesaikan perbaikan terhadap dukungan layar high DPI. Ini untuk mengatasi masalah mereka yang menjalankan Windows dengan setup multi-mon (sering dengan 2 monitor dengan DPI yang berbeda). Microsoft memastikan komponen inti UX dalam skala yang tepat di kedua monitor sehingga hal-hal akan terlihat sama bagus terlepas dari perbedaan DPI.

Microsoft juga menghadirkan kembali Aero Glass Windows 7 dengan sentuhan agak berbeda. Misalnya, efek buram (blur) pada transparansi menu Start.

start menu windows 10 10074 blur

Perhatikan wallpaper yang terlihat melalui menu Start tampak buram.

Battery Info gaya baru: selain tambahan pengaturan Battery Saver dan Brightness, battery info juga memilik ikon dan tampilan baru.

BACA JUGA:  System Requirement Windows 10 - Hardware yang Dibutuhkan

battery info 10 ent 10074

Battery Saver dan Brightness hadir di "Action Center" dan "Battery Info": kini pengaturan untuk Battery Saver dan Brightness dapat dikases di dua tempat, di Action Center dan Battery info.

battery saver dan brightness ent build 10074

Rotation Lock: saya melihat ada pengaturan Rotation Lock di Action Center (Notification Center). Jelas, di laptop saya ini tidak berfungsi 🙂 .

Personalization lama VS Personalization baru: pada build 10074 ini Personalization di desktop (satu paket dalam Control Panel) sudah diambil alih oleh Personalization baru (paket Action Center). Meskipun begitu kalian masih bisa mengakses Personalization dari Control Panel. Lihat perbedaan keduanya pada screenshot di bawah.

Personalizatin lama vs personalization baru 10074

Valume Control baru: sekarang volume control tidak lagi vertikal melainkan horizontal. Ini lebih pas saat kalian menggunakan tablet. Dan sudah jelas ini merupakan adaptasi terhadap perangkat portabel. Adapun pada PC tradisional tidak ada masalah dengan volume control vertikal karena PC tradisional memiliki layar yang lapang.

volume control windows 10 10074

Tidak ada lagi "Removable Drive" di "Navigation Pane": pada artikel sebelumnya kami telah memuat bagaimana cara menghilangkan "removable drive" dari navigation pane Windows 10. Dan kami telah menyarankan hal yang lebih baik. Pada build kali ini Microsoft tidak lagi menampilkan Removable Drive di Navigation Pane.

windows explorer windows 10 10074

Tampilan baru Cortana: Anda akan melihat tampilan baru Cortana dalam build ini. Start dan Cortana sekarang terintegrasi lebih erat. Ketika Anda mulai untuk mencari sebuah aplikasi dari dalam Start, Cortana dapat mengambil alih dan menampilkan hasil yang tepat. Tombol kontrol telah ditambahkan ke panel kiri Cortana, menawarkan akses cepat ke fungsi kunci Cortana seperti Notebook dan Pengingat.

BACA JUGA:  Cara Upgrade Windows 7 dan 8 ke Windows 10

integrasi cortana dengan start menu

 

Perbaikan Lanjut Continuum: Microsoft terus membuat Continuum lebih baik. Ketika Anda menutup aplikasi dalam modus Tablet, kami membawa Anda kembali ke layar Start bukannya desktop seperti yang Anda harapkan saat menggunakan tablet.

Perbaikan multi-tasking: Microsoft terus memperbaiki dan melengkapi pengalaman mulit-tasking kalian dengan Windows 10. Alt-Tab, Task-View, dan Snap Assist. Snap Assist sekarang mendukung kemampuan untuk menutup jendela selama Snap Assist.

Pengalaman bersama Cortana: Pengalaman baru Cortana didukung oleh Bing Instant Answer (Jawaban Instan Bing). Cortana akan menampilkan jawaban pertanyaan Anda saat Anda masih mengetik.

Animasi 3D Live Tile: ada animasi 3D baru untuk Live Tile. Meskipun ini tidak meningkatkan fungsi tapi lumayanlah untuk pemanis.

Beberapa perbaikan dan peningkatan lainnya adalah pembaruan app Music dan Video Preview, pembaruan app Xbox April 2015, dan peningkatan Windows Store Beta.

Simpulan: Windows 10 Build 10074 sudah lebih baik, selain tampilan beberapa ikon yang lebih segar dan modern (flat), aplikasi sudah banyak perbaikan. Menu Start dan Acton Center tidak lagi crash. Tetapi ini masih belum selesai, kita tunggu saja.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.