Apa yang Baru di Windows 10 Build 10586 Update November

Akhirnya update besar pertama Microsoft Windows 10 yang ditunggu sekarang tersedia untuk di-download dan diinstal. Sejak beberapa bulan ada berita bahwa Microsoft akan merilis update besar untuk Windows 10 pada bulan November dan akhirnya menjadi kenyataan.

Microsoft telah merilis update besar untuk pengguna Windows 10 pada 12 November 2015, namun bagi mereka yang ikut program Insider sudah mendapatkannya lebih dulu. Update besar ini datang dengan banyak perubahan, perbaikan dan peningkatan UI. Ukuran download update ini sekitar 3 GB, jadi siapkan paket data internet Anda.

Windows 10 Version 1511 10586.11Pembaruan ini awalnya disebut sebagai Threshold 2 (atau R2), Fall update, Fall refresh, Windows 10.1, Windows 10 versi 1511, dll oleh banyak orang dan blogger. Tapi Microsoft telah resmi menamakannya Windows 10 November update atau pembaruan November, kita sebut saja Update November agar lebih mudah dimngerti dan pas dengan struktur bahasa Indonesia. Mungkin kita dapat menyebutnya sebagai Service Pack (SP1) untuk Windows 10 meskipun Microsoft tidak akan pernah memberi label SP1 atau tidak akan pernah melepaskan Service Pack untuk versi Windows karena mereka telah beralih ke mekanisme pelayanan Windows baru. Versi ini adalah versi Windows 10 build 10586 yang sama yang baru-baru dirilis ke Windows kelompok Insiders.

BACA JUGA:  Cara Enable-Disable Akun Administrator Windows 10

Apa yang Baru di Windows 10 Build 10586 Update November?

Update November ini membawa banyak perbaikan yang terutama difokuskan pada kinerja, asisten Cortana dan browser web Microsoft Edge. Update ini juga dilengkapi dengan perbaikan untuk beberapa bug dan masalah yang dilaporkan oleh pengguna Windows 10.

Berikut adalah beberapa perubahan besar dan fitur baru dalam update November ini:

  • Sekarang pengguna bisa meubah warna titlebar di Settingsdimana sebelumnya titlebar selalu berwarna putih
  • Anda sekarang dapat menampilkan lebih banyak ubin (tile) di Start Menu menggunakan pilihan baru di Settings
  • Pilihan baru untuk menonaktifkan gambar latar belakang pada Login Screen telah ditambahkan di Settings
  • Semua pilihan klasik telah dikembalikan di halaman Theme di jendela Personalization
  • Anda sekarang dapat menginstal aplikasi modern di lokasi yang berbeda selain di drive C: menggunakan opsi baru di Settings
  • Mekanisme aktivasi baru yang memungkinkan Anda untuk menggunakan product key Windows 7 / 8.1 untuk menginstal dan mengaktifkan Windows 10
  • Perpesanan Skype, menelepon dan kemampuan video
  • Banyak perbaikan aplikasi modern
BACA JUGA:  Registry: Tampilkan Icon This PC di Desktop Windows 10

Cara Download dan Install Windows 10 Build 10586 Update November

Jika Anda sudah menggunakan Windows 10 Insider Preview Build 10586, Anda tidak perlu melakukan apa-apa. Anda sudah menggunakan update terbaru ini.

Jika Anda menggunakan Windows 10 RTM build10240 yang dirilis ke publik pada bulan Juli, cukup memeriksa update baru di Windows Update dan itu akan secara otomatis mendeteksi update baru dan akan menginstal untuk Anda.

Jika Anda masih menggunakan Windows 7 atau Windows 8 / 8.1, Anda dapat langsung meng-upgrade ke Windows 10 build 10586 (yaitu Windows 10 termasuk dengan pembaruan November) menggunakan Windows 10 Media Creation Tool yang telah diperbarui oleh Microsoft.

Anda juga dapat mendownload file ISO untuk Windows 10 build 10586 melalui link berikut:

Download Windows 10 Build 10586 Update November

Catatan penting: Jika Anda memiliki key asli versi Windows sebelumnya seperti Windows 7 dan Windows 8 / 8.1, Anda dapat memasukkan key selama instal bersih (clean install/fresh install) Windows 10. Windows 10 Update November 1511 menerima key dari versi Windows sebelumnya.