Berperilaku seperti Malware, McAfee Stinger Dihapus dari PortableApps.com

McAfeeStingerPortablePembaca ITPoIn.com yang budiman, apa kabar Anda akhir pekan ini? Semoga baik. Ada pecinta McAffe di sini? Mungkin Anda sedikit kecewa membaca berita ini. Hari ini PortableApps.com menyiarkan berita tentang penghapusan layanan McAfee Stinger Portable dari direktori mereka. Alasannya, McAfee Stinger berperilaku seperti malware.

Jika Anda menjalankan McAfee Stinger Portable yang sekarang (terkahir diperbarui 20 April 2015) maka secara otomatis akan menginstal "McAfee Validation Trust Protection Service" (mfevtps.exe) ke dalam komputer Anda tanpa pemberitahuan yang jelas untuk pengguna. Ada sih informasi tentang itu tetapi tersembunyi di EULA (singkatan dari "end-user license agreement"; EULA sering juga disebut software license yang menyatakan bahwa pengguna boleh menggunakan perangkat lunak ini dengan syarat ia harus setuju untuk tidak melanggar semua larangan yang tercantum pada EULA tersebut).

Sekali McAfee Validation Trust Protection Service terinstal, layanan ini "tidak" dapat dihapus. Anda tidak akan menemukan entri layanan ini di Add/Remove Programs dan tidak pula terdaftar dalam daftar Uninstall Program. Layanan dimulai sejalan dengan Windows boot dan tidak dapat dihentikan dengan menggunakan utilitas Windows Services seperti Task Manager. Layanan dan file hanya dapat dihapus dalam Windows safe mode atau menjalankan tool pembersihan McAfee MCPR. Tool McAfee MCPR berguna untuk menghapus semua perangkat lunak McAfee yang tidak bisa dihapus dengan cara biasa.

BACA JUGA:  Dimana Link Download Mozilla Firefox Offline Terbaru

Apa itu McAfee Stinger?

Bagi yang belum kenal, McAfee Stinger adalah tool pembersih virus yang dibuat oleh McAfee. Ia bisa menghapus 6.000 virus dan "fake alert" (peringatan palsu) malware on-demand. Tetapi ini bukan pengganti antivirus, meskipun berguna dalam banyak situasi. McAfee Stinger adalah freeware untuk penggunaan pribadi dan bisnis.

McAfee Stinger mampu mendeteksi dan menghapus malware Fake Alert dan ancaman yang diidentifikasi dalam "Daftar Virus" dari aplikasi Stinger. Meskipun bukan pengganti untuk perangkat lunak antivirus, Stinger diperbarui beberapa kali seminggu untuk memasukkan deteksi varian virus dan Fake Alert yang lebih baru. Perhatikan bahwa file yang mencurigakan dan terinfeksi akan dikarantina ke C:\Quarantine\Stinger dan database hasil scan akan di-generate di lokasi itu.

BACA JUGA:  Apa itu Malware dan Apa itu Virus?

Vendor antivirus lainnya juga punya tool serupa, misalnya Kasperksy punya Kaspersky Removal Tool (gratis) sedangkan Bitdefender punya Bitdefender Bitdefender Virus & Spyware Removal ($99.99 untuk satu PC).

Meskipun tidak disebutkan "McAfee Validation Trust Protection Service" (mfevtps.exe) ini melakukan sesuatu yang "jahat" di dalam komputer Anda tetapi sebaiknya Anda tetap waspada. PortableApps saja menghapusnya dari direktori mereka, tentu itu sebagai bentuk kehati-hatian. Bagaimana dengan kita yang tidak pernah memeriksa apa-apa yang berjalan di latar belakang saat kita menggunakan PC?

Selamat berkahir pekan dan tetap waspada!

Sumber: McAfee Stinger Dihapus dari App Directory PortableApps.com karena Berperilaku seperti Malware.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.