Cara Benar Charge HP Android di Jaman Sekarang

Baterai merupakan salah satu komponen vital pada HP ya hingga tak jarang kapasitas baterai menjadi pertimbangan seseorang dalam membeli smartphone, misalnya smartphone dengan baterai berkapasitas besar dan fitur fast charging yang menjadi primadona konsumen akhir-akhir ini tujuannya agar bisa mendapatkan kualitas baterai yang awet dan cepat saat mencharge HP. Sebenarnya sebesar apapun kapasitas baterai jika pengguna salah dalam mencharge HP maka akan tetap boros.

10 Cara Mencharge Smartphone Android yang Baik dan Benar

  1. Menggunakan Charger Asli

Menggunakan charger asli karena mempunyai spesifikasi standar yang ditentukan dengan spesifikasi HP kamu, hal ini mungkin tidak disadari oleh banyak orang. Menggunakan charger lain sebenarnya tidaklah buruk hanya saja ampere charger dan kualitas USB pastilah berbeda dengan charger bawaan. Terdapat charger yang punya arus 1 ampere dan 2 ampere keduanya memberikan pengaruh yang berbeda saat mencharge HP.

Disarankan menggunakan charger bawaan atau original-nya jika terpaksa menggunakan charger orang lain perhatikan pula kualitas charger yang digunakan.

2. Mengisi Tidak Sampai 100%          

Kamu tidak perlu cas HP hingga 100% karena kondisi ideal untuk mengisi baterai adalah 80% pasalnya mengisi baterai sampai penuh terlalu sering justru berpotensi mengurangi umur smartphone. Apalagi jika HP terus dalam keadaan dicas meski telah sampai 100%. Jadi jika men-charge HP sebaiknya sampai pada tahap 80% saja dan tidak sampai 100%.

3. Matikan HP Saat Proses Charge Berlangsung

cara paling baik untuk mencharge adalah saat HP dalam kondisi mati. Hal ini dikarenakan seluruh perangkat HP kamu sedang tidak bekerja sehingga mempercepat proses charge. tidak salah juga jika men-charge saat HP menyala tetapi tetap direkomendasikan men-charge dalam kondisi HP mati .

BACA JUGA:  Lumia 535 Ponsel Pertama Merek Microsoft

4. Turunkan Kontras Layar HP

Jika kamu harus charge HP dalam kondisi aktif atau menyala sebaiknya kontras layar hp-mu jangan tinggi pasalnya kontras layar merupakan salah satu faktor yang membuat baterai HP lebih cepat habis. Direkomendasikan untuk meminimalisir kontras Layar hp-mu jika tidak diperlukan.

5. Men-charge HP Sebelum Daya Baterai Benar-benar Habis

Kamu harus tahu bahwa waktu yang disarankan untuk mencharge HP adalah saat daya HP tidak benar-benar habis. Misalnya kondisi baterai mau berkisar 30% hingga 40% Jangan tunggu sampai baterai 0%, minimal daya yang ditoleransi adalah 20% pasalnya men-charge HP saat Kondisi baterai 15% ke bawah ternyata kurang bagus untuk kelangsungan umur baterai mu.

6. Jangan Ngecas Melalui Port USB PC atau Laptop

Charge HP melalui port USB komputer tidak direkomendasikan di toppers karena arus yang masuk biasanya hanya 0,5 ampere sehingga proses berjalan lambat jika digunakan dalam kondisi darurat dan tidak masalah ya asal jangan terlalu sering karena hal ini bisa membuat baterai Smartphone mu berumur pendek. Jika ingin mencari HP sebaiknya kamu langsung colok ke stop kontak.

7. Hindari Menggunakan Power Bank Terlalu Sering

Power bank memang kerap menjadi andalan jika baterai HP mau hampir habis ya sebenarnya menggunakan powerbank juga sah-sah saja sih saat-saat mendesak tetapi jika menggunakannya terlalu sering maka bakal berpotensi membuat umur baterai Smartphone mu drop lho apalagi jika menggunakan powerbank.

BACA JUGA:  Solusi Tethering Samsung Berubah Limited

8. Men-charge HP di Pagi Hari

Mencharge HP di malam hari cukup rentan do karena pada umumnya ditinggal tidur ya oleh penggunanya sehingga saat baterai penuh arus listrik masih terus terhubung. Keluaran terbaru memiliki fitur pemutus arus otomatis men-charge HP semalaman bukanlah tindakan yang bijak waktu terbaik untuk mencharge HP adalah saat pagi hari Toper sebelum bekerja atau beraktivitas hal ini membuat kamu bisa mengontrol Kondisi baterai yang dicas

9. Gunakan Baterai HP Original

Menggunakan baterai bawaan atau yang original menggunakan baterai KW atau palsu mempunyai dampak buruk bagi smartphone. Dikarenakan baterai abal-abal membutuhkan waktu charge yang lebih lama dibandingkan yang original kualitas baterai KW juga diragukan karena memiliki kualitas di bawah standar baterai yang asli ya.

10. Melepas Casing HP

Melepas casing HP ketika HP akan dicas, beberapa tipe smartphone menjadi hangat ketika casing masih terpasang ketika HP di-charge. Hal ini biasa terjadi karena terhambatnya pembuangan hawa panas di tengah proses pengisian daya. HP keluaran baru sudah meminimalisir hal ini tetapi jika kondisi tersebut tetap terjadi kamu bisa melepas casing HPmu

Itulah cara charge smartphone jaman sekarang yang benar, selamat mencobda dan semoga bermanfaat.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.