Cara Disable System Tray Windows 7 / Vista / XP

Jika anda tidak pernah menggunakan "system tray" lalu untuk apa membiarkannya di sana, di taskbar? Lebih baik melenyapkannya dari pandangan. Setelah itu Anda tidak akan diganggu lagi oleh notifikasi-notifikasi, yang bisa jadi kurang begitu penting. Menurut saya "system tray" cukup penting karena kita bisa dengan mudah mengakses program-program tertentu yang sedang berjalan. Misalnya untuk melepas (eject) Flah Disk dengan aman.

Tetapi jika Anda mau maka Anda dapat menghilangkan system tray ini dari taskbar. Untuk melakukan itu Anda hanya perlu membuat sebuah key di dalam registry Windows. Tapi ngomong-ngomong Anda pasti sudah tahu system tray? Lihat definisi system tray di bagian akhir artikel.

BACA JUGA:  Cara mengurangi ukuran WinSxS di Windows 8.1, 8, dan 7

Cara Disable System Tray Windows 7 / Vista / XP

Untuk men-disable system tary di Windows, Vista, dan XP dengan tweak registry ikutilah langkah-langkah sederhana berikut.

Mula-mula pergilah ke folder registry berikut.

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies

Buat sebuah folder key dengan nama Explorer, caranya: klik kanan folder Policies, sorot New, klik Key, ketik Explorer.
cara membuat sebuah key registry
Lalu, klik folder key Explorer, kemudian buat sebuah key dengan nama "NoTrayItemsDisplay".

Caranya: klik kanan di area kosong di panel sebelah kanan, sorot New, klik DWORD (32-bit) Value. Kemudian langsung ketik NoTrayItemsDisplay. Setelah itu, klik ganda NoTrayItemsDisplay. Ganti 0 (nol) dengan 1.

cara membuat sebuah DWORD 32-bit Value

Cara mengganti nilai registry

Klik OK

Restart PC untuk melihat perubahan.

Perhatian! Men-disable system tray tidak akan mencegah aplikasi yang biasa berjalan, cara ini hanya akan menyembunyikannya saja.

BACA JUGA:  Perluas Menu Konteks Send To Windows 8 dan Windows 7

Apa itu System Tray

Cara Disable System Tray Windows 7 / Vista / XP
System Tray adalah salah satu fitur Windows yang diperkenalkan bersama Windows 95 berisi icon/miniatur program yang sedang berjalan. Tujuan dibuatnya System tray adalah untuk mempermudah pengguna (user) mengakses program dengan cara meng-klik ganda icon program yang dimaksud. Secara default icon-icon tersebut tersembunyi. System tray berlokasi pada taskbar Windows. Biasanya di pojok bawah sebelah kanan, dekat dengan jam. Berupa ikon segi tiga kecil menghadap ke atas. Anda perlu meng-klik ikon segi tiga tersebut untuk menampilkan icon-icon yang tersembunyi. Anda juga dapat memilih ikon tertentu untuk tampil atau tidak.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.