Registry: Tampilkan Icon This PC di Desktop Windows 10

registry icon this pc windows 10Artikel kali ini menuntun Anda bagaimana cara menampilkan icon This PC Windows 10 khususnya Windows 10 Technical Previe build 9926. Icon (ikon) This PC pada Windows XP disebut My Computer dan pada Windows Vista dan Windows 7 dinamai Computer. Pada Windows XP ikon My Computer secara default sudah tampil di layar desktop sedangkan pada Windows generasi berikutnya, yaitu: Windows Vista, Windows 7, Windows 8 (8.1), dan Windows 10 tidak ditampilkan.

Ikon This PC adalah sebuah ikon atau gambar kecil yang berfungsi sebagai hyperlink atau file shortcut elektronik untuk mengakses program atau data dalam hal ini untuk membuka Windows Explorer.

Anda dapat melihat kembali artikel bagaimana menampilkan ikon My Computer atau Computer di desktop Windows 7 dan Windows 8:

  1. Menampilkan Icon My Computer di Desktop Windows 7 dan Vista.
  2. Cara Menampilkan Icon My Computer/This PC di Desktop Windows 8.
BACA JUGA:  Menampilkan Indikator Baterai dan Daya Windows 7/8 pada system tray Windows 10

Sekarang kami akan tunjukkan cara bagaimana menampilkan ikon This PC di Desktop Windows 10 melalui resgistry. Artikel ini sekaligus sebagai update dan penyempurnaan untuk artikel yang telah kami sebutkan terutama artikel nomor 2.

Untuk menampilkan icon This PC di Desktop Windows 10 melalui tweaking resgistry silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka registry editor. Jika Anda belum familiar dengan registry editor silahkan baca artikel: Windows Registry Editor untuk Pemula.
  2. Pergilah ke key berikut:
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\HideDesktopIcons\NewStartPanel
  3. Di panel sebelah kanan klik ganda key DWORD {20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}. Set value-nya menjadi 0.
  4. Refresh Desktop (klik kanan > Refresh atau tekan tombol F5 di keyboard).
  5. Sekarang ikon This PC sudah tampil di desktop Windows 10 Anda.
BACA JUGA:  Windows Registry Editor untuk Pemula

Sekarang Anda dapat menggunakan ikon This PC di desktop untuk akses cepat Windows Explorer atau untuk membuka jendela System Windows. Untuk membuka jendela System Windows melalui ikon This PC, klik kanan ikon This PC lalu klik Properties. Anda juga dapat mengubah namanya menjadi My Computer atau Computer atau apapun yang Anda kehendaki.

Update: Windows 10 terbraru telah menyediakan opsi menambahkan icon My Computer alias This PC ke Desktop tanpa manipulasi registry.

2 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.