Cara Disable Update Otomatis Aplikasi Windows 10

Jika Anda menggunakan aplikasi (apps) Universal (Metro) di Windows 10, Anda mungkin sudah tahu bahwa aplikasi diperbarui (update) secara otomatis sebagaimana pembaruan pada sistem Windows. Ini salah satu hal yang membedakan Windows 10 dibandingkan Windows generasi sebelumnya.

Umumnya versi baru sebuah aplikasi memiliki ukuran lebih besar. Aplikasi-aplikasi Metro (semua aplikasi yang Anda instal melalui Store, misalnya LINE, Facebook, VLC, Musik Groove, Game, dll) di Windows 10 diupdate dan diinstal tanpa konfirmasi Anda, hal ini tidak hanya menyebabkan tambahan paket data internet dan mengurangi ruang disk tetapi beberapa aplikasi mungkin mengalami perubahan, misalnya berubah desain atau hilang fitur pada versi baru. Jadi Anda mungkin tidak ingin memperbarui/update semua aplikasi Anda secara otomatis dan sebaliknya lebih suka untuk memperbarui/update mereka secara manual. Berikut adalah cara disable/menonaktifkan update otomatis aplikasi di Windows 10.

BACA JUGA:  Windows Baru itu Bernama Windows 10 Bukan Windows 9

Untuk menonaktifkan pembaruan/update otomatis aplikasi di Windows 10, ikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Store (Bursa).
  2. Di sudut kanan atas, di sebelah kotak Search, Anda akan melihat gambar yang mewakili Microsoft Account (atau kotak putih/abu-abu). Klik dan pilih item Settings dari dropdown menu. Catatan: Anda tidak harus berpindah ke akun Microsoft, cukup akun lokal.
  3. Anda akan melihat tombol "Update apps automatically" (Perbarui aplikasi secara otomatis). Atur ke "off" (Nonaktif) dan Anda selesai.
    Dissable-Nonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Windows 10

Seperti yang Anda lihat, sangat mudah untuk menonaktifkan update otomatis aplikasi di Windows 10. Anda selalu dapat mengaktifkannya setiap saat Anda inginkan atau memperbarui aplikasi Anda secara manual menggunakan aplikasi Store. Untungnya, Anda masih dapat mengontrol proses update di aplikasi Windows 10 tidak seperti update sistem dan driver yang dipaksa pada pengguna. Banyak pengguna mempertanyakan mengapa update sistem di Windows 10 tidak bisa dikontrol, tidak bisa update manual seperti Windows sebelumnya. Ini juga akhirnya melahirkan aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan disable update otomatis Windows. Kita semua berharap hal ini diperhatikan oleh Microsoft. Bagaimanapun juga, lebih banyak sisi baiknya jika kita dapat mengontrol update Windows.

BACA JUGA:  Instal Windows 10 Menggunakan Media Creation Tool

Sekian.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.