Cara Install Windows 8.1 [Fresh Install]

Windows 8/8.1 sudah semakin populer dan semakin banyak yang beralih menggunakan sistem operasi terbaru buatan Microsoft ini. Baca juga artikel Apa yang Baru di Windows 8.1? sebagai informasi awal sebelum Anda memulai menggunakan Windows 8.1.

Artikel ini menjelaskan langkah demi langkah bagaimana menginstall Windows 8/8.1. Tutorial ini menjelaskan cara menginstall Windows 8.1 melalui USB drive atau Flash Disk (FD). Saya menggunakan laptop, dengan 1 hard disk yang dibagi menjadi dua partisi yaitu C: (untuk Windows) dan D: untuk menyimpan segala file (gambar, dokumen, film, dll).

Mula-mula tentu Anda harus menyiapkan FD dengan kapasitas minimal 8GB dan juga sudah memiliki file ISO Windows 8.1. Jika Anda belum memiliki file ISO Windows 8.1 maka Anda dapat mengunduhnya melalui link INI.

Setelah file ISO terunduh, selanjutnya buatlah bootable USB Windows 8.1.

Cara membuat Bootable USB Windows 8.1 tanpa Software

  1. Format USB drive atau FD
  2. Extract file ISO Windows 8.1 tersebut ke dalam FD.
  3. Selesai, Bootable USB Windows 8.1 sudah jadi dan siap digunakan.

Tip. Cara ini juga berlaku bila Anda ingin membuat Bootable USB untuk Windows 7.

Kini Anda sudah siap memulai instalasi Windows 8.1

Langkah #1, colok FD ke PC atau laptop.

Langkah #2, restart PC lalu langsung masuk ke BIOS. Aturlah urutan boot sehingga USB atau FD menjadi urutan pertama. Setelah USB (dalam contoh ini saya menggunakan flash disk merk Kingston) menempati urutan pertama, keluarlah (Exit) dari bios untuk meyimpan pengaturan ini.

Cara masuk BIOS: pada saat PC mulai hidup (sebelum logo Windows muncul) tekan tombol F2 (tipe BIOS lain mungkin menggunakan tombol selain F2, baca buku manual PC Anda). Setelah masuk di BIOS pergilah ke tab Boot dan ubah urutan booting-nya. Dalam contoh ini saya memindah boot USB menjadi urutan ke 1. Cara memindahkan urutan ini dapat Anda lihat di layar BIOS.

Langkah #3, setelah keluar dari BIOS tadi, PC akan langsung boot melalui FD secara otomatis dan akan muncul jendela proses loading instalasi Windows 8.1 seperti gambar berikut.

Langkah #4, jendela berikutnya adalah pengaturan Language to install, Time and currency format, dan Keyboard or input method. Anda cukup mengganti Time and currency format menjadi Indonesian (Indonesia). Pilihan lain biarkan seperti adanya. Klik tombol Next.

BACA JUGA:  Cara Mengubah Kalender Masehi ke Hijriyah Windows 8.x

Langkah #5, jendela berikutnya memungkinkan Anda meng-install atau me-repair komputer Anda. Tetapi karena saat ini Anda akan meng-install Windows 8.1 jadi klik saja tombol Install now.

Langkah #6, jendela lisensi. Centang “I accept…” lalu klik Next.

accept-windows-8.1

Langkah #7, pilih jenis instalasi. Pilih “Custom: Install Windows only (Advanced)“.

Langkah #8, selanjutnya Anda akan memilih di drive mana Windows 8.1 akan dipasang atau diinstall. Anda harus sangat berhati-hati pada langkah ini. Jika salah maka data-data penting Anda dapat hilang. Apalagi jika hard disk Anda terdiri dari dua partisi atau lebih (drive C:, D:, E:, dst) maka mungkin Anda akan sangat bingung.

Pastikan bahwa Anda mengenali dengan pasti partisi-partisi tersebut agar tidak salah. Caranya mudah, kenalilah ukurannya. Misalnya drive C: 100 GB, D: 200 GB, E: 180 GB, dst. Lihat gambar di bawah agar lebih jelas. Pada tutorial ini, laptop saya hanya memiliki dua partisi (seperti yang telah saya sebutkan di awal), yaitu drive C: dan drive D:.

Nah, dalam jendela ini, kedua drive saya tersebut tidak terlihat sebagai drive C dan drive D, namun yang terlihat adalah Drive 0 Partition 1: System Reserved, Drive 0 Partition 2, dan Drive 0 Partition 3. Ternyata, pada instalasi Windows 8.1 dan Windows 8 tidak terlihat drive C, D, ataupun E, dst.

Jadi drive C: saya sebenarnya adalah Drive 0 Partition 2 dan drive D: saya adalah Drive 0 Partition 3. Saya bisa pastikan itu karena saya tahu persis kapasitas masing-masing drive saya.

Adapun Drive 0 Partition 1: System Reserved ini akan dibuat otomatis setiap Anda menginstall Windows. Drive ini tidak telihat pada saat Windows normal, jadi itu bukan drive C, D, E, atau lainnya.

Nama partisi yang terlihat di sini bisa berbeda jika sebelumnya Anda telah memberi nama pada partisi Anda, misalnya drive D:FILM, E:DATA, F:GAME, dll. Nama-nama ini akan tetap terlihat seperti itu.

Jika sampai di sini Anda ingin membatalkan instalasi Windows, masih bisa, klik saja tombol “close” yaitu tanda silang di sudut kanan atas jendela.

BACA JUGA:  Cara Jalankan System Restore Windows 8.1 dan Windows 8

Langkah #9, karena kita akan melakukan install ulang atau fresh install atau clean install jadi kita hapus saja Drive 0 Partition 1: System Reserved dan Drive 0 Partition 2.

Caranya klikΒ Drive 0 Partition 1: System Reserved kemudian klik tombol Delete. Klik OK saat muncul konfirmasi. Lakukan hal yang sama untuk Drive 0 Partition 2.

Langkah #10, setelah partisi terhapus kini yang tersisa adalah Drive 0 Unallocated Space dan Drive 0 Partition 1.

Drive 0 Unallocated Space adalah gabungan dari dua drive yang telah saya hapus sebelumnya dan merupakan partisi yang belum ditentukan. Bersiaplah menginstall Windows 8.1 pada partisi yang telah terhapus tadi, Drive 0 Unallocated Space.

Perhatikan! Setelah menghapus dua partisi tadi, kini partisi Drive 0 Partition 3 berubah menjadi Drive 0 Partition 1. Itu otomatis berubah sesuai jumlah partisi yang telah dibuat. Tidak perlu khawatir, teruskan saja.

Langkah #11, Sekarang pilih Drive 0 Unallocated Space. Lalu, klik Next.

Langkah #11, proses penyalinan Windows 8.1 ke dalam drive Anda sedang berjalan.

Langkah #12, setelah proses tersebut selesai, PC akan restart. Saat PC akan hidup (boot) ulangi lagi Langkah 2. Maksudnya, pada langkah 2 di awal kan Anda sudah membuat pengaturan di BIOS agar boot-nya melalui USB. Nah, sekarang Anda harus mengatur lagi BIOS agar boot-nya jangan melalui USB lagi melainkan melalui HDD. Sebab kalau dibiarkan maka Langkah 3 dst akan terulang lagi.

Alternatif lain: Anda dapat langsung melepaskan FD saat restart.

Langkah #13, selanjutnya Anda akan mendapati jendela Personalize. Isikan nama Anda pada kolom PC name. Klik Next.

Langkah #14, jika perangkat Wi-Fi Anda hidup dan di sekitar Anda ada sinyal Wi-Fi aktif maka Anda akan mendapati jendela Get Online yang menampilkan daftar Wi-Fi aktif tadi. Lewati langkah ini dengan mengelik Skip this step.

Langkah #15, selanjutnya akan muncul jendela Settings, klik saja tombol Use express settings.

Langkah #16, kini muncul jendela Your Account. Isi semua kolom. Bagian ini tentu Anda sudah bisa πŸ™‚

Langkah #17, klik tombol Finish.

Silahkan menunggu proses akhir instalasi Windows 8.1 selesai.

90 comments

  1. Thanks bro info nya… tapi kalo pakai windows 8 modem saya ga terdeteksi euy… Kumaha tuh…krn banyak program yg tidak di deteksi oleh windows ini… kumaha caranya biar bisa.
    Contoh, modem Prolink, Mikroskop mini. dll. Haturnuhun

    1. – Pakai saja program yang lebih baru, misalnya Microsoft 2010 atau 2013.
      – Saya punya Prolink model PHS100 bisa berfungsi dengan baik. Atau upgrade aja firmware modem Prolinknya.
      πŸ™‚

      1. mas lalu Abd…itu laptop saya juga gtu….pas install win 8.1 kursor sama bahasa gak bisa di select…mohon solusinya…

  2. gan gua ga ada lo itunya yang delete , new , format cuma ada load driver sama refresh mohon bantuannya

    1. kasus seperti ini biasanya juga disertai dengan blue screen dengan kode error “STOP 0x0000007B INACCESSABLE_BOOT_DEVICE”, itu artinya HDD kamu tidak kebaca karena settingannya di BIOS, kemungkinan lainnya adalah membutuh driver SATA. solusinya (1) cukup mengganti dari IDE ke AHCI, Raid. (2) Sedangkan untuk yang driver silahkan kamu download dulu di sini kemudian silahkan di pilih saat km klik load driver.

      thanks

  3. Kok di netbook saya pas booting kok keluar layar berwarna jingga dan bergaris garis itu gimana om
    Maklum,saya masih kelas 7 dan belum tahu cara menginstall windows. mohon pencerahannya

    1. ada beberapa kemungkinan yang terjadi klo kasusnya kayak itu
      1. sistem tidak dapat medeteksi dengan benar keberadaan VGA ini bisa disebabkan karena adanya update driver untuk memastikan coba booting safe mode, jika berhasil unisntall VGAnya dan install kembali gunakan driver vga bawaan atau yg sesuai.
      2. ada kemungkinan hardware VGAnya rusak tetapi ini kecil kemungkinan kecuali ada ketidak stabilan arus listrik atau karena usia.
      3. Bisa juga LCDnya yg rusak
      4. Bisa juga memorinya yang rusak
      solusi yang paling mudah adalah kembalikan bios ke default dan lakukan langkah yg saya sebutkan pada point 1, jika cara itu tidak bisa coba lakukan install ulang windowsnya tentunya dengan tidak merubah partisi agar data anda tidak hilang. Jika masih blm berhasil itu berarti kerusakan ada di hardware, coba konsultasikan ke tukang komputer terdekat.

      terimakasih

  4. gan,
    disaat instal ulang win.8,,, itu
    kn muncul partisi drive
    nah saya sudah delete n
    format system reserved n
    drive 0 partition 2,
    terus drive 0 partition 2 itu
    menjadi unallocated space,
    nah saya klik new untuk
    menentukan ukurannya,,, tp
    setelah itu, tp malah gk
    bisa d lakukan partition nya
    gan,,,
    nah itu gmn gan, soalnya
    tnpa itu bukannya instal
    windows tidak bisa berlanjut
    atau next,,,

    1. coba kamu perhatikan gambar di langkah 11, itu menyatakan setelah kamu delete partisi system reserved dan partition 2 dan menjadi unallocated kamu tinggal langsung next karena nnt windows 8 akan secara otomatis membuat partisi yg diperlukan. Jika sekarang kasusnya setelah kamu menentukan ukurannya trus kok gak bisa di next, coba kamu restart trus ketika muncul pertanyaan dimn kamu akan install Windows tekan tombol Shift+F10 dan jendela DOS akan muncul kemudian ketik

      > diskpart
      > dist disk (harusnya cm ada Disk0)
      > sel disk 0
      > clean

      trus close jendela DOS kemudian lanjutkan seperti langkah sebelumnya

      thanks

        1. Coba pindah USB installer ke port lain atau ganti USB installer, atau delete semua partisi (semua data hilang HATI-HATI, backup dulu.), atau coba menggunakan HDD lain.

  5. gan . kok punya saya ga bisa di next ya ?? trus kalo munculin yg type sistem yg drive 0 partisi sytem reseved lagi gimana mengembalikannya. ya . mohon bantuannya .

  6. mas saya abis instal ulang windos 8.1. dan Finish berhasil, tapi disk c saya jadi 465 GB. dan disk D saya beserta disk E menghilang beserta isinya yang sangat penting. saya udah coba cari solusi di google yang kata nya masuk disk management lalu pilih disk yang hilang dan tinggal ganti aja jadi D atau yang lainnya. tapi gak bisa, disitu tertera icon drive dan gak ada namanya lalu size nya yang 300 MB saja. apakah file saya bisa kembali lagi. mohon solusi nya mas. makasih

    1. Wah..wah..keliatannya Dino salah format. Semua drive terformat, seharusnya cuma C: saja. Tidak apa-apa. Saya juga pernah seperti itu. Menjadi masalah sekarang adalah file bisa dikembalikan atau tidak? Coba gunakan software ini : http://itpoin.com/icare-data-recovery-standard-5-0-serial-number/.

      Software itu bisa mengembalikan harddisk yang sudah diformat. Sebaiknya harddisk dicopot kemudian gunakan PC lain untuk recovery. Semoga masih bisa πŸ™‚

  7. gan saya mau upgrade windows 8 ke 8.1 tapi kok tidak bisa gan..?? saya udah coba upgrade dari directory root nya yang instal dari setup.exe.. tapi tidak bisa gan..

    1. kalo backup data tinggal di copy saya ke flasdisk atau Hard disk external
      tapi kalo komputer kamu sudah memiliki lebih dari 1 partisi tinggal mindah ke salah partisi tersebut misalnya ke D, E dst
      thank

      1. jd klu instal win 8 ini backup di data d dan e gk kehpus gan
        sorry banyk nyk habisya takut data d dan e sya kehpus

  8. Mas mau nanya nih…
    Saya kn mau install win8.1. Saat mau booting melalui flashdisk kok layarnya jadi berwarna jingga dan bergaris…???

    Dulu waktu pertama kali iinstal sih brhasil menggunakan flashdisk, OS n laptop yg sama dg yg skrg..

    1. Bergaris seperti apa? Garis-garis tipis seperti rambut? Apakah jika Agus masuk BIOS garisnya masih ada? Jika Ya maka itu artinya layar/LCD-nya sudah rusak.

      Sepanjang yang saya tahu tidak ada hubungan antara booting melalui flash disk dengan layar bergaris. Dan booting melalui flash disk tidak menyebabkan kerusakan apapun pada hardware.

    2. coba lakukan ini
      1. masuk ke bios kemudian coba ganti bootingnya ACHI atau UEFI
      2. jika blm berhasil, masuk BIOS trus disable VGAnya. nnt klo install dah selesai kembalikan lagi dan install divernya jika dibutuhkan

  9. gan saat masuk settingan bahasa kok kursornya gk ada ya gan. itu udh tak ulng beberapa kali te2p aj g2. mohon pencerahanya gan

  10. makasih yah..udah sukses nih….gw install ulang gara2 file svchost.exe memberatkn laptop saya….bisa d bantu gak?…makasih

  11. coba perhatikan salah satu komen diatas ada yg isinya sbb:
    > diskpart
    > dist disk (harusnya cm ada Disk0)
    > sel disk 0
    > clean

    sudah coba itu?

  12. Gan mau tanya,
    ane mau upgrade windows 7 ke windows 8.1
    cuma ane bingung driver windows 8.1 download dimana?
    cd driver yg dikasih gk support windows 8.1 πŸ™

    Mohon Solusinya gan πŸ˜€

    1. Jangan khawatir gan, laptop ane jg lumayan jadul. Pabrikan tidak mengembangkan driver untuk Windows 8/8.1. Tapi ane tetap instal Windows 8.1, karena driver-driver umum sudah include di Windows 8.1, misalnya driver wireless, bluetooth, dll.

      Tip: Setelah instal Windows 8.1 jangan lupa update untuk memeriksa driver terbaru.
      Selamat mencoba πŸ™‚

  13. Gan mau tanya….

    Jika instal ulang windows 8/8.1 apakah setting biosmya perlu diubah. misalnya dari UEFI ke Legacy atau sebaliknya.
    Terima kasih atas pencerahannya.

  14. gan ane kan udh install udh beres tapi ane kecewa .trus ane utak utik ehhhh…..pas booting malah keluar tulisan system……………press ctrl+alt+del……solusinya gimn

    1. klo pesan errornya kayak gini Windows error message “Bootmgr is missing Press Ctrl+Alt+Del to restart”
      itu boot sectornya hilang atau rusak
      solusinya
      1. Lakuakn Run System Restore dari Windows Recovery Environment (WinRE)
      2. Lakukan Startup Repair dari Windows Recovery Environment (WinRE)
      3. Lakukan boot configuration data (BCD) dari Windows Recovery Environment (WinRE)
      semoga membantu

  15. Gan setelah ane download kok pas install nya Muncul (Load Dirver : A Media driver you computer need is Missing. This could be DVD,USB or Hard disk Driver, If you have a CD,DVD or USB Flash Drive with driver on it Please insert it now.

    Note : If the installation media for windows is an DVD drive or on a USB Drive, you can safely remove it for this step”)

    Ane Paxe Axio Dual core gan Model MNA.

    Makasih gak mohon bantuan

  16. Mas mau tanya kalau windows 8.1 pas mau install trus cuman nampil logo nya doang tapi gak nampilin loading nya kenapa ya mas?

    1. installernya baik2 saja kan? klo jawabannya ya
      coba kembalikan settingan BIOSnya ke default

  17. kursor ane kok ga muncul-muncul ya? padahal udah ane restart beberapa kali tetap ga muncul-mucul, solusinya dong

    1. coba ini cara mudah ini bro:
      – tekan Ctrl + Alt + Del
      klo masih gak bisa coba masuk ke registry, tekan Windows + R -> ketik regedit -> enter
      pergi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System
      ganti nilai 1 pada EnableCursorSupression menjadi 0
      akhiri dengan OK trus restar komputer kamu

  18. broo mau nanya saat instal windows 8 kok pada saat buat partisi baru gak bisa… show detail windows canot install to drive.gimana solusinya

    1. Lebih spesifik lagi. Ada berapa partisi yang kamu punya? Partisi mana yang menampilkan pesan tersebut? Apakah partisinya NTFS atau GPT?

  19. saya mau tanya saat setting di bios fd terdeteksi, tapi saat mau mulai instalasi ad tulisan “checking media [fail]” kenapa ya ??

  20. gan kalau kita ngapus partisi disk C ada partisi disk D yang berisi data2 penting juga akan terhapus?

    1. Yang muncul apa? Periksa versi media instalasinya (OS yang digunakan). Langkah 6 itu (bisa jadi bukan 6, tergantung dari mana memulainya) akan menampilkan License terms sekaligus kelihatan versi Windows yang akan diinstal.

  21. mas bro.

    saya make win 7 32 bit, mau saya install ulang jadi win 81 64 bit.
    pake usb boot. tapi selalu error. ga bisa.

    dimode normal masuk win 7 usb terbaca dan ada isi windows yg untuk bootingnya.
    tapi pas masuk bios, usb saya tidak terbaca dan aada pesan, bo usb boot.
    kurang lebih kaya gitu. mnta solusinya dong.

    makasih banyak mas bro.
    wasslm wr wb

    1. Coba ganti SATA Mode-nya. Masuk ke BIOS > Main – SATA Mode. Pilih atau beralih ke mode selain AHCI, misalnya IDE atau Compatibility.

  22. mas kalo pengen install tapi OS Windows 8.1 yang bundling telah terinstall didalam HDD itu gimana ? trus cara cek nya klo OS nya itu udah ada di HDD gimana ?

    1. Caranya sama dengan yang dijelaskan dalam artikel. Kalau HDD tidak pasti, yang pasti ada sticker bahwa PC yang dibeli sudah terinstal OS original.
      ===
      OS selalu diinstal di HDD, biasanya di drive C: (Local Disk C:) – isinya folder-folder seperti Program Files, Users, Program Data, Windows, dll. Yang utama menandakan bahwa drive itu tempat OS diinstal adalah keempat folder tersebut.

    1. Semoga bukan masalah pada file instalasinya.
      ===
      Coba lepas semua hardware saat proses instal seperti mouse, modem, webcam, LAN, dsb.

  23. Mas mau tanya, setelah next dri langkah 11 kok ada tulisan “Windows could not format a partition on disk 0. The error occurred while preparing the paririon selected for instalation. Error code 0x80070057″…. terus sblmnya pas saya nyoba gk diapus apa apa partition nya dan lgsg next itu lama banget pas masih di “Copying Windows Files” 0% terus smpe 3jam-an

  24. mas .. pda saat install win 8.1 sampai di pemilihan bahasa kok kursornya hilabg n kryboardnya tdk berfungsi..

    mintol solusinya

  25. Gan saya install windows 8.1 setelah sampai ke steep 2 ko saya ga bisa memilih partisi untuk di tempat instalnya ya gan, ga bisa di next.

  26. Brow gimana ngatasi notebook mati atau cuma hidup sampai logo… Gara” keReset semua??
    (Acer Aspire ES1-131)
    Tolong bantuannya gan

    1. Recovery, gunakan DVD atau USB installer. Pilih Recovery. Kalau belum bisa juga maka Clean install (instal ulang). Kalau ada data penting yang ada di drive system (umumnya drive C:), selamatkan menggunakan Linux (booting pakai Linux portable), atau lepas hard disk kemudian colok ke PC lain.

  27. Punya saya masih saja ada tulisan “Windows can’t be installed on this drive. (Show details) sehingga mentok di Langkah #10 tanpa bisa melanjutkannya…. Ada solusi? Kebetulan saya menggunakan Acer Aspire E15 E5-552G-F6X5. Terima kasih sebelumnya

  28. Mas, mau tanya ni, saat install Windows 8.1, kok kursor nya gak tampil ya?
    Mohon pencerahan nya mas.
    Tolong bantu

  29. thaks gan artikel anda sangat membantu saya bisa atur utek utek partisi wkwkwk thaks gan sekali lagi :V

  30. Untuk aspire es1 131. “Bagaimana caranya agar data tidak terhapus”? Karena tidak bisa diinstal selalu ada informasi tentang gpt partition

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.