Cara Masuk ke Safe Mode Menggunakan Tombol F8 di Windows 8 dan Windws 8.1 seperti Windows 7

safe-mode-windows-8-dan-81Cara masuk ke safe mode di Windows XP dan Windows 7 adalah dengan menekan tombol F8 atau F5 saat komputer booting. Ini adalah cara yang disengaja, sebab bisa jadi komputer anda masuk ke Safe Mode tanpa anda sengaja atau dengan kata lain komputer boot ke Safe Mode dengan sendirinya bila boot normal tidak berhasil.

Fokus kita adalah masuk atau boot ke Safe Mode dengan sengaja menggunakan tombol F8. Pada Windows XP dan Windows 7 telah jelas bukan? Bagaimana dengan Windows 8 dan Windows 8.1? Apakah menggunakan tombol F8 juga? Jawabnya, iya. Tetapi secara default tombol ini tidak berfungsi. Kalau begitu bagaimana cara masuk ke Safe Mode menggunakan tombol F8 pada Windows 8 dan Windows 8.1? Caranya adalah dengan mengaktifkannya terlebih dahulu sebagaimana berikut:

BACA JUGA:  Hilangkan Tombol Power Options dari Start Screen Windows 8.1

Ketik baris perintah berikut pada command prompt:

bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy

Jika anda ingin mengembalikannya seperti semula, maka tikkan baris perintah berikut,

bcdedit /set {default} bootmenupolicy standard

Seperti yang anda lihat pada screenshot di atas, selain mode Safe Mode, pengaktifan tombol F8 ini juga sekaligus cara mengaktifkan mode Repair Your Computer. Mode dimana anda memperbaiki kesalahan pada OS Windows.

Selamat belajar.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.