Cara Melihat CCTV di HP dengan Mudah dan Cepat

CCTV atau Closed Circuit Television adalah sistem pengawasan yang menggunakan kamera video untuk merekam dan menampilkan gambar pada monitor atau layar. CCTV biasanya digunakan untuk keamanan, pengawasan, atau pemantauan aktivitas di suatu tempat. CCTV dapat dipasang di rumah, kantor, toko, sekolah, pabrik, atau tempat umum lainnya.

Namun, terkadang kita tidak bisa selalu berada di dekat monitor atau layar untuk melihat gambar dari CCTV. Apalagi jika kita memiliki banyak kamera CCTV yang tersebar di berbagai lokasi. Bagaimana cara melihat CCTV di HP dengan mudah dan cepat? Apakah kita perlu membeli perangkat tambahan atau mengunduh aplikasi khusus?

Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara melihat CCTV di HP yang bisa Anda coba. Anda hanya perlu memastikan bahwa kamera CCTV Anda sudah terhubung dengan internet dan HP Anda juga memiliki koneksi internet yang stabil. Berikut adalah beberapa cara melihat CCTV di HP yang bisa Anda pilih sesuai dengan jenis dan merek kamera CCTV Anda.

Cara Melihat CCTV di HP dengan Aplikasi Resmi

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi resmi dari produsen kamera CCTV Anda. Biasanya, setiap produsen kamera CCTV memiliki aplikasi resmi yang bisa Anda unduh secara gratis di Google Play Store atau App Store. Aplikasi resmi ini biasanya memiliki fitur lengkap dan mudah digunakan untuk melihat CCTV di HP.

Untuk menggunakan aplikasi resmi ini, Anda perlu mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu. Kemudian, Anda perlu menambahkan kamera CCTV Anda ke dalam aplikasi dengan cara memindai kode QR, memasukkan ID kamera, atau mencari kamera secara otomatis. Setelah itu, Anda bisa melihat gambar dari CCTV di HP Anda dengan mengetuk nama kamera atau ikon kamera. Anda juga bisa mengatur berbagai pengaturan, seperti resolusi, rotasi, zoom, rekam, tangkap, alarm, dll.

Beberapa contoh aplikasi resmi dari produsen kamera CCTV adalah sebagai berikut:

  • Hik-Connect: Aplikasi resmi dari Hikvision, salah satu produsen kamera CCTV terbesar di dunia. Aplikasi ini mendukung berbagai jenis kamera CCTV, seperti IP camera, DVR, NVR, encoder, dll. Aplikasi ini juga memiliki fitur cloud P2P yang memungkinkan Anda melihat CCTV di HP tanpa perlu melakukan port forwarding atau pengaturan jaringan lainnya.
  • gDMSS Lite: Aplikasi resmi dari Dahua, produsen kamera CCTV terkemuka lainnya. Aplikasi ini juga mendukung berbagai jenis kamera CCTV, seperti IP camera, DVR, NVR, PTZ, dll. Aplikasi ini juga memiliki fitur cloud P2P yang serupa dengan Hik-Connect.
  • Yoosee: Aplikasi resmi dari Yoosee, produsen kamera CCTV pintar yang menggunakan teknologi Wi-Fi. Aplikasi ini memungkinkan Anda melihat CCTV di HP dengan mudah tanpa perlu kabel atau pengaturan jaringan. Anda hanya perlu menghubungkan kamera CCTV Anda dengan Wi-Fi rumah Anda dan menambahkannya ke aplikasi dengan cara memindai kode QR.
BACA JUGA:  Solusi Kesalahan Tidak Cukup Ruang pada Perangkat

Keuntungan dari menggunakan aplikasi resmi adalah Anda bisa mendapatkan dukungan dan pembaruan langsung dari produsen kamera CCTV Anda. Anda juga bisa mendapatkan fitur dan fungsi yang sesuai dengan spesifikasi kamera CCTV Anda. Namun, kekurangan dari menggunakan aplikasi resmi adalah Anda harus menggunakan aplikasi yang berbeda untuk setiap merek kamera CCTV yang Anda miliki. Hal ini bisa merepotkan jika Anda memiliki banyak kamera CCTV dari merek yang berbeda.

Cara Melihat CCTV di HP dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara kedua yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda unduh secara gratis atau berbayar di Google Play Store atau App Store. Aplikasi pihak ketiga ini biasanya memiliki fitur yang lebih umum dan bisa digunakan untuk berbagai jenis dan merek kamera CCTV. Aplikasi pihak ketiga ini juga biasanya lebih ringan dan simpel daripada aplikasi resmi.

Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga ini, Anda perlu mengetahui informasi penting tentang kamera CCTV Anda, seperti alamat IP, port, username, password, dll. Anda bisa menemukan informasi ini di buku panduan, stiker, atau menu pengaturan kamera CCTV Anda. Kemudian, Anda perlu menambahkan kamera CCTV Anda ke dalam aplikasi dengan cara memasukkan informasi tersebut. Setelah itu, Anda bisa melihat gambar dari CCTV di HP Anda dengan mengetuk nama kamera atau ikon kamera. Anda juga bisa mengatur berbagai pengaturan, seperti resolusi, rotasi, zoom, rekam, tangkap, alarm, dll.

Beberapa contoh aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut:

  • TinyCam Monitor: Aplikasi pihak ketiga yang populer dan banyak digunakan oleh pengguna kamera CCTV. Aplikasi ini mendukung lebih dari 10.000 model kamera CCTV dari berbagai produsen, seperti Hikvision, Dahua, Yoosee, Xiaomi, dll. Aplikasi ini juga memiliki fitur lanjutan, seperti deteksi gerakan, deteksi wajah, deteksi suara, dll.
  • IP Cam Viewer: Aplikasi pihak ketiga yang juga populer dan banyak digunakan oleh pengguna kamera CCTV. Aplikasi ini mendukung lebih dari 1.600 model kamera CCTV dari berbagai produsen, seperti Hikvision, Dahua, Yoosee, Xiaomi, dll. Aplikasi ini juga memiliki fitur lanjutan, seperti kontrol PTZ, grup kamera, widget, dll.
  • V380: Aplikasi pihak ketiga yang khusus untuk kamera CCTV pintar yang menggunakan teknologi Wi-Fi. Aplikasi ini mendukung berbagai model kamera CCTV pintar dari berbagai produsen, seperti V380, V380 Pro, V380S, dll. Aplikasi ini juga memiliki fitur lanjutan, seperti cloud storage, two-way audio, night vision, dll.
BACA JUGA:  TERBUKTI! Cara Mengendalikan Komputer dari Jarak Jauh Lewat Android

Keuntungan dari menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah Anda bisa menggunakan satu aplikasi untuk melihat CCTV di HP dari berbagai jenis dan merek kamera CCTV yang Anda miliki. Anda juga bisa mendapatkan fitur dan fungsi yang lebih banyak dan variatif daripada aplikasi resmi. Namun, kekurangan dari menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah Anda harus mengetahui informasi teknis tentang kamera CCTV Anda dan melakukan pengaturan manual. Anda juga tidak bisa mendapatkan dukungan dan pembaruan langsung dari produsen kamera CCTV Anda.

Cara Melihat CCTV di HP dengan Browser Web

Cara ketiga yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan browser web yang ada di HP Anda, seperti Chrome, Firefox, Safari, dll. Cara ini bisa digunakan untuk melihat CCTV di HP tanpa perlu mengunduh atau menginstal aplikasi apapun. Anda hanya perlu membuka browser web di HP Anda dan memasukkan alamat IP dan port kamera CCTV Anda di bilah alamat. Misalnya, jika alamat IP kamera CCTV Anda adalah 192.168.1.100 dan portnya adalah 8080, maka Anda bisa memasukkan 192.168.1.100:8080 di bilah alamat browser web Anda. Kemudian, Anda perlu memasukkan username dan password kamera CCTV Anda jika diminta. Setelah itu, Anda bisa melihat gambar dari CCTV di HP Anda dengan menggunakan browser web Anda.

Keuntungan dari menggunakan browser web adalah Anda tidak perlu mengunduh atau menginstal aplikasi apapun untuk melihat CCTV di HP Anda. Anda juga bisa menggunakan browser web yang Anda sukai dan sudah terbiasa. Namun, kekurangan dari menggunakan browser web adalah Anda harus mengetahui alamat IP dan port kamera CCTV Anda dan memasukkannya setiap kali Anda ingin melihat CCTV di HP Anda. Anda juga tidak bisa mendapatkan fitur dan fungsi yang lengkap dan variatif seperti aplikasi resmi atau pihak ketiga.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara melihat CCTV di HP yang bisa Anda coba. Anda bisa memilih cara yang paling sesuai dengan jenis dan merek kamera CCTV Anda, koneksi internet Anda, dan preferensi Anda. Anda juga bisa mencoba beberapa cara yang berbeda untuk membandingkan kualitas dan kemudahan melihat CCTV di HP Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jika Anda menyukai artikel ini, silakan bagikan ke teman-teman Anda yang juga ingin melihat CCTV di HP. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.