Cara Scan Tanda Tangan di HP dengan Mudah dan Cepat

Tanda tangan adalah salah satu hal yang penting dalam dunia bisnis, pendidikan, dan administrasi. Tanda tangan dapat digunakan untuk menunjukkan persetujuan, identitas, atau otoritas. Namun, terkadang kita perlu mengirimkan tanda tangan kita dalam bentuk digital, misalnya untuk mengisi formulir online, mengajukan lamaran kerja, atau mengirimkan dokumen penting. Bagaimana cara scan tanda tangan di hp dengan mudah dan cepat?

Tenang saja, Anda tidak perlu repot-repot mencari scanner atau printer untuk melakukan hal ini. Anda cukup menggunakan hp Anda yang sudah dilengkapi dengan kamera dan aplikasi scanner. Ada banyak aplikasi scanner yang bisa Anda gunakan, baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa contoh aplikasi scanner yang populer adalah Adobe Scan, CamScanner, Microsoft Office Lens, dan Google Drive. Berikut adalah langkah-langkah cara scan tanda tangan di hp dengan menggunakan salah satu aplikasi scanner tersebut.

Langkah 1: Menyiapkan Tanda Tangan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan tanda tangan Anda. Anda bisa menandatangani kertas putih dengan menggunakan pulpen hitam atau biru. Pastikan tanda tangan Anda jelas dan tidak terlalu kecil atau besar. Jika Anda sudah memiliki tanda tangan digital, Anda bisa melewati langkah ini.

Tanda tangan di kertas putih

Setelah Anda menyiapkan tanda tangan Anda, Anda bisa memotretnya dengan menggunakan kamera hp Anda. Pastikan Anda memotretnya dengan sudut yang tepat dan pencahayaan yang cukup. Jangan lupa untuk memotong bagian yang tidak perlu dari foto tanda tangan Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi editor foto bawaan hp Anda atau aplikasi lain yang Anda sukai.

Foto tanda tangan yang sudah dipotong

Langkah 2: Menggunakan Aplikasi Scanner

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah mengubah foto tanda tangan Anda menjadi format PDF atau JPG dengan menggunakan aplikasi scanner. Anda bisa memilih salah satu aplikasi scanner yang sudah disebutkan di atas atau aplikasi lain yang Anda percaya. Berikut adalah contoh cara scan tanda tangan di hp dengan menggunakan aplikasi Adobe Scan.

BACA JUGA:  Segera Hapus WhatsApp Plus Anda, Mengapa?

1. Buka aplikasi Adobe Scan di hp Anda. Jika Anda belum memiliki aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya dari Google Play Store atau App Store.

2. Pilih ikon kamera di pojok kanan bawah untuk memulai scan. Anda bisa memilih foto tanda tangan Anda dari galeri hp Anda atau mengambil foto baru dengan kamera hp Anda.

Pilih ikon kamera di Adobe Scan

3. Setelah Anda memilih atau mengambil foto tanda tangan Anda, aplikasi akan otomatis mendeteksi dan memotong bagian yang diinginkan. Anda bisa menyesuaikan ukuran dan sudut potongan dengan menarik titik-titik di sekitar foto. Jika Anda puas dengan hasilnya, pilih ikon centang di pojok kanan atas.

Sesuaikan ukuran dan sudut potongan di Adobe Scan

4. Aplikasi akan menampilkan preview scan Anda. Anda bisa menambahkan filter, mengubah warna, atau melakukan koreksi lainnya dengan mengetuk ikon pensil di pojok kanan bawah. Jika Anda ingin menambahkan halaman lain, Anda bisa mengetuk ikon tambah di pojok kiri bawah. Jika Anda sudah selesai, pilih ikon centang di pojok kanan atas.

Preview scan di Adobe Scan

5. Aplikasi akan meminta Anda untuk memberi nama file scan Anda. Anda bisa mengetik nama yang Anda inginkan atau menggunakan nama default yang diberikan oleh aplikasi. Jika Anda sudah memberi nama file scan Anda, pilih ikon centang di pojok kanan atas.

Berikan nama file scan di Adobe Scan

6. Aplikasi akan menyimpan file scan Anda di cloud Adobe Document Cloud. Anda bisa mengakses file scan Anda kapan saja dan dari mana saja dengan menggunakan akun Adobe Anda. Anda juga bisa membagikan, mengirim, atau mengunduh file scan Anda dengan mengetuk ikon bagikan di pojok kanan atas.

Simpan dan bagikan file scan di Adobe Scan

Langkah 3: Menggunakan Tanda Tangan Digital

Langkah ketiga yang harus Anda lakukan adalah menggunakan tanda tangan digital Anda untuk keperluan yang Anda inginkan. Anda bisa mengirim file scan Anda melalui email, WhatsApp, atau media sosial lainnya. Anda juga bisa menyisipkan file scan Anda ke dalam dokumen Word, Excel, PowerPoint, atau PDF dengan menggunakan aplikasi yang sesuai. Berikut adalah contoh cara menyisipkan tanda tangan digital ke dalam dokumen Word.

BACA JUGA:  Google Rilis "Messenger", Aplikasi SMS-MMS Cepat dan Cantik

1. Buka dokumen Word yang ingin Anda sisipkan tanda tangan digital Anda. Pilih tab Insert di menu ribbon. Pilih ikon Pictures di grup Illustrations. Pilih opsi This Device untuk memilih file scan Anda dari hp Anda.

Pilih tab Insert dan ikon Pictures di Word

2. Cari dan pilih file scan Anda dari hp Anda. Pilih Insert untuk menyisipkan file scan Anda ke dalam dokumen Word. Anda bisa menyesuaikan ukuran dan posisi file scan Anda dengan menarik pegangan di sekitar file. Jika Anda ingin memutar file scan Anda, Anda bisa menarik lingkaran di atas file.

Pilih dan sisipkan file scan ke dalam dokumen Word

3. Simpan dokumen Word Anda dengan mengetuk ikon disket di pojok kiri atas. Anda bisa memberi nama dokumen Anda atau menggunakan nama default yang diberikan oleh aplikasi. Anda juga bisa membagikan, mengirim, atau mengunduh dokumen Anda dengan mengetuk ikon bagikan di pojok kanan atas.

Simpan dan bagikan dokumen Word

Kesimpulan

Demikianlah cara scan tanda tangan di hp dengan mudah dan cepat. Anda hanya perlu menyiapkan tanda tangan Anda, mengubahnya menjadi format PDF atau JPG dengan menggunakan aplikasi scanner, dan menggunakan tanda tangan digital Anda untuk keperluan yang Anda inginkan. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Selamat mencoba!

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman Anda yang mungkin membutuhkan. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.