Cara mengatur dan mengganti "Font Default" Gmail

Gmail adalah salah satu produk raksasa Google (Gmail=Google mail). Sama dengan produk-produk Google yang lain, Gmail juga sangat sukses dan populer, bahkan mengalahkan Yahoo yang lebih dulu populer. Di kemudian hari Yahoo memberikan ruang simpan 1TB untuk menarik orang kembali menggunakan Yahoo, smentara Gmail hanya menyediakan 17GB. Tetapi apa mau dikata, Google terlalu kuat. Meskipun diberikan ruang simpan hingga 1TB (rung sebsar itu dapat menyimpan 54 jutaan email) saya tetap memilih Gmail sebagai email utama saya.

Baiklah, kita kembali ke topik artikel kita hari ini. Jarang orang terpikir melakukan perubahan-perubahan tampilan email. Karena mungkin hal ini dianggap tidak begitu penting dan tampilan default email sudah dibuat menarik. Tetapi jika Anda ingin melakukan perubahan-perubahan sesuai dengan keinginan Anda, Gmail telah menyediakan alatnya.

BACA JUGA:  Trik Sederhana Mempercepat Startup Windows

Pada artikel kali saya akan membimbing anda bagaimana cara melakukan perubahan jenis huruf/font default pada Gmail, menjadikan email Anda berbeda dengan orang lain. Dan nantinya diharapkan anda bisa melakukan perubahan-perubahan lain selain perubahan jenis huruf.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke akun Gmail anda.
  2. Klik ikon roda gigi (gir) pada sudut kanan atas akun Gmail anda.
  3. Dari drop down menu pilih Setelan.
  4. Klik pada tab Umum.
  5. Gulung ke bawah dan temukan opsi Gaya teks default: kemudian pilih gaya teks yang sesuai dengan keinginan Anda.
    gaya teks default gmail
  6. Setelah memilih gaya teks yang Anda inginkan, gulung ke bawah, klik tombol Simpan perubahan untuk menetapkan perubahan.

Ada 11 gaya teks yang dapat dipilihyaitu Sans Serif, Serif, Lebar Tetap, Lebar, Sempit, Comic Sans MS, Garamond, Georgia, Tahoma, Trebuchet MS, Verdana. Default-nya adalah Sans Serif. Anda dapat mengembalikan ke setelan default dengan klik tombol Buang Format.

BACA JUGA:  Solusi Aplikasi LINE Tidak Bisa Dibuka atau Crash

Pilihan gaya teks Gmail lebih banyak jika dibandingkan dengan email Yahoo. Di email Yahoo hanya tersedia 7 gaya, yaitu: Modern, Lebar Modern, Klasik, Lebar Klasik, Courier New, Garamond, Lucida Console.

Perubahan gaya teks berlaku pada teks yang Anda tulis dalam email. Contoh, bila menggunakan gaya "Lebar Tetap", maka teks email akan terlihat sebagaimana screenshot di bawah.

gaya teks gmail

Penerima email juga akan melihat gaya tulisan yang sama seperti itu, meskipun email tersebut dikirim ke penyedia layanan lain seperti Yahoo.

Tertarik?

4 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.