Cara Mengecilkan File PDF di HP dengan Mudah dan Cepat

File PDF adalah salah satu format dokumen yang paling populer dan sering digunakan untuk berbagai keperluan, seperti laporan, presentasi, tugas, dan lain-lain. Namun, file PDF juga memiliki kelemahan, yaitu ukurannya yang cenderung besar. Hal ini bisa menyulitkan Anda ketika ingin mengirim, menyimpan, atau membuka file PDF di HP.

Lalu, bagaimana cara mengecilkan file PDF di HP dengan mudah dan cepat? Apakah ada aplikasi atau situs online yang bisa digunakan untuk mengompres file PDF? Jawabannya adalah ya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memperkecil ukuran file PDF di HP. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa cara yang paling efektif dan praktis untuk mengompres file PDF di HP, baik dengan menggunakan aplikasi maupun situs online. Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Mengecilkan File PDF di HP dengan Aplikasi

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan file PDF di HP adalah dengan menggunakan aplikasi. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda unduh dan instal di HP Anda, baik yang berbasis Android maupun iOS, yang memiliki fitur untuk mengompres file PDF. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk mengompres file PDF di HP:

  • iLovePDF: Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan untuk mengelola file PDF. Selain bisa mengompres file PDF, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menggabungkan, memisahkan, mengubah, memutar, menambahkan watermark, dan mengunci file PDF. Cara menggunakan aplikasi ini untuk mengompres file PDF adalah sebagai berikut:
    1. Buka aplikasi iLovePDF di HP Anda.
    2. Pilih menu Alat, lalu pilih Kompress PDF.
    3. Cari file PDF yang ingin Anda kompres, lalu tap Berikutnya.
    4. Pilih jenis kompresi yang Anda inginkan, ada tiga pilihan yaitu Ekstrem, Direkomendasikan, dan Rendah. Setiap pilihan akan memberikan hasil yang berbeda-beda, tergantung dari kualitas dan ukuran file PDF Anda.
    5. Tunggu proses kompresi selesai, lalu tap Unduh untuk menyimpan file PDF yang sudah dikompres.
  • PDF Utilities: Aplikasi ini adalah aplikasi yang khusus dibuat untuk mengompres file PDF di HP. Aplikasi ini memiliki fitur yang sederhana dan mudah digunakan. Cara menggunakan aplikasi ini untuk mengompres file PDF adalah sebagai berikut:
    1. Buka aplikasi PDF Utilities di HP Anda.
    2. Pilih menu Kompres PDF.
    3. Klik pada opsi untuk mengunggah file PDF yang ada di HP Anda.
    4. Ikuti langkah-langkah yang diminta untuk melakukan pengompresan file PDF tersebut.
    5. Setelah selesai, Anda bisa melihat ukuran file PDF yang sudah dikompres dan mengunduhnya.
  • PDF Compressor: Aplikasi ini adalah aplikasi yang juga fokus pada fitur untuk mengompres file PDF di HP. Aplikasi ini memiliki tampilan yang simpel dan intuitif. Cara menggunakan aplikasi ini untuk mengompres file PDF adalah sebagai berikut:
    1. Buka aplikasi PDF Compressor di HP Anda.
    2. Pilih file PDF yang ingin Anda kompres, lalu tap Mulai.
    3. Tunggu proses kompresi selesai, lalu tap Unduh untuk menyimpan file PDF yang sudah dikompres.
BACA JUGA:  Cara Kompres File PDF Menjadi 500kb dengan Handphone

Itulah beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengompres file PDF di HP. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi-aplikasi ini mungkin memiliki batasan ukuran file yang bisa dikompres, dan juga membutuhkan ruang penyimpanan di HP Anda. Jika Anda ingin mengompres file PDF yang berukuran besar, atau tidak ingin menginstal aplikasi tambahan di HP Anda, maka Anda bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan situs online.

Cara Mengecilkan File PDF di HP dengan Situs Online

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan file PDF di HP adalah dengan menggunakan situs online. Ada banyak situs online yang bisa Anda akses dari browser di HP Anda, yang bisa mengompres file PDF dengan mudah, cepat, dan gratis. Berikut ini adalah beberapa situs online yang bisa Anda gunakan untuk mengompres file PDF di HP:

  • SmallPDF: Situs ini adalah salah satu situs yang paling populer dan banyak digunakan untuk mengompres file PDF online. Situs ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan lain, seperti mengubah, menggabungkan, memisahkan, memutar, dan mengunci file PDF. Cara menggunakan situs ini untuk mengompres file PDF adalah sebagai berikut:
    1. Buka situs smallpdf.com pada browser yang terpasang di HP Anda.
    2. Scroll ke bawah dan pilih menu Kompres PDF.
    3. Klik Choose File untuk mengunggah file PDF yang ingin Anda kompres.
    4. Tunggu proses uploading selesai, lalu pilih kualitas kompresi yang Anda inginkan. Ada dua pilihan yaitu Basic dan Strong. Basic akan mengompres file PDF dengan kualitas yang lebih baik, sedangkan Strong akan mengompres file PDF dengan ukuran yang lebih kecil.
    5. Klik Choose File dan tunggu sampai proses kompresi selesai.
    6. Anda bisa melihat ukuran file PDF yang sudah dikompres, dan mengunduhnya dengan klik Download. Anda juga bisa menyimpannya di Google Drive atau Dropbox dengan klik Save to Google Drive atau Save to Dropbox.
  • iLovePDF: Situs ini adalah situs yang sama dengan aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya. Situs ini juga bisa digunakan untuk mengompres file PDF online dengan mudah dan cepat. Cara menggunakan situs ini untuk mengompres file PDF adalah sebagai berikut:
    1. Buka situs ilovepdf.com pada browser yang ada di HP Anda.
    2. Pilih menu Kompres PDF, lalu klik Choose File untuk mengunggah file PDF yang ingin Anda kompres.
    3. Pilih jenis kompresi yang Anda inginkan, ada tiga pilihan yaitu Ekstrem, Direkomendasikan, dan Rendah. Setiap pilihan akan memberikan hasil yang berbeda-beda, tergantung dari kualitas dan ukuran file PDF Anda.
    4. Klik Kompres PDF, dan tunggu sampai proses kompresi selesai.
    5. File PDF yang sudah dikompres akan secara otomatis terunduh. Anda juga bisa melanjutkan editing PDF lainnya di situs ini.
  • PDF Compressor: Situs ini adalah situs yang juga fokus pada fitur untuk mengompres file PDF online. Situs ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan. Cara menggunakan situs ini untuk mengompres file PDF adalah sebagai berikut:
    1. Buka situs pdfcompressor.com pada browser yang ada di HP Anda.
    2. Klik Choose File untuk mengunggah file PDF yang ingin Anda kompres.
    3. Pilih kualitas kompresi yang Anda inginkan, ada empat pilihan yaitu Maximum, High, Medium, dan Low. Setiap pilihan akan memberikan hasil yang berbeda-beda, tergantung dari kualitas dan ukuran file PDF Anda.
    4. Klik Compress PDF, dan tunggu sampai proses kompresi selesai.
    5. Anda bisa melihat ukuran file PDF yang sudah dikompres, dan mengunduhnya dengan klik Download Your File.
BACA JUGA:  Cara Kompres File PDF Menjadi 1 MB Tanpa Pecah

Itulah beberapa situs online yang bisa Anda gunakan untuk mengompres file PDF di HP. Keuntungan dari menggunakan situs online untuk mengompres file PDF di HP adalah Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan, dan Anda bisa mengompres file PDF yang berukuran besar. Namun, Anda perlu memastikan bahwa koneksi internet Anda stabil dan aman, karena Anda akan mengunggah dan mengunduh file PDF Anda ke situs online tersebut.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang cara mengecilkan file PDF di HP dengan mudah dan cepat. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan menggunakan aplikasi atau situs online. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari kebutuhan dan preferensi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengompres file PDF di HP Anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman Anda yang mungkin membutuhkannya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.