Cara Mengetahui No Token Listrik dengan Mudah dan Cepat

Token listrik adalah kode angka yang digunakan untuk mengisi ulang pulsa listrik prabayar. Token listrik dapat dibeli melalui berbagai cara, seperti ATM, internet banking, mobile banking, aplikasi, atau agen resmi. Namun, terkadang kita lupa atau kehilangan nomor token listrik yang sudah kita beli. Apa yang harus kita lakukan jika hal itu terjadi?

Tenang, Anda tidak perlu panik. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui no token listrik yang hilang atau terlupa. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba:

Cara Mengetahui No Token Listrik Melalui SMS

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengirim SMS ke nomor 08122 123 123 dengan format:

INFO [nomor meter] [nomor telepon]

Contoh:

INFO 123456789012 081234567890

Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi informasi tentang token listrik terakhir yang Anda beli, termasuk tanggal, waktu, nominal, dan nomor token listriknya. Anda bisa memasukkan nomor token listrik tersebut ke meteran listrik Anda untuk mengisi ulang pulsa listrik Anda.

Cara ini gratis dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, asalkan Anda memiliki pulsa SMS dan sinyal yang cukup.

Gambar contoh SMS token listrik

Cara Mengetahui No Token Listrik Melalui Aplikasi PLN Mobile

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile yang bisa Anda unduh di Google Play Store atau App Store. Aplikasi ini adalah aplikasi resmi dari PLN yang menyediakan berbagai layanan, termasuk layanan token listrik. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengecek riwayat pembelian token listrik Anda, termasuk nomor token listriknya.

BACA JUGA:  Cara Menulis/Menampilkan Nama di Taskbar

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi data diri Anda, seperti nama, email, nomor telepon, dan nomor meter. Setelah itu, Anda bisa masuk ke aplikasi dengan menggunakan email dan password yang Anda buat. Di halaman utama aplikasi, Anda bisa memilih menu “Token Listrik” dan kemudian memilih menu “Riwayat Pembelian”. Anda akan melihat daftar pembelian token listrik Anda beserta detailnya, termasuk nomor token listriknya. Anda bisa menyalin atau menulis ulang nomor token listrik tersebut dan memasukkannya ke meteran listrik Anda.

Cara ini mudah dan praktis, tetapi Anda harus memiliki koneksi internet yang stabil dan kuota data yang cukup untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi ini.

Gambar aplikasi PLN Mobile

Cara Mengetahui No Token Listrik Melalui Website PLN

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunjungi website resmi PLN di www.pln.co.id. Di website ini, Anda bisa mengecek riwayat pembelian token listrik Anda dengan menggunakan nomor ID pelanggan Anda. Nomor ID pelanggan Anda adalah nomor yang tertera di kartu atau buku panduan penggunaan listrik prabayar Anda.

Untuk mengecek riwayat pembelian token listrik Anda, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka website www.pln.co.id dan pilih menu “Layanan Online”.
  2. Pilih menu “Token Listrik” dan kemudian pilih menu “Cek Riwayat Pembelian Token”.
  3. Masukkan nomor ID pelanggan Anda dan klik “Cari”.
  4. Anda akan melihat daftar pembelian token listrik Anda beserta detailnya, termasuk nomor token listriknya. Anda bisa menyalin atau menulis ulang nomor token listrik tersebut dan memasukkannya ke meteran listrik Anda.
BACA JUGA:  Cara Mudah Memahami Fungsi/Formula IF Microsoft Excel

Cara ini juga mudah dan praktis, tetapi Anda harus memiliki koneksi internet yang stabil dan kuota data yang cukup untuk mengakses website ini.

Gambar website PLN

Kesimpulan

Token listrik adalah kode angka yang digunakan untuk mengisi ulang pulsa listrik prabayar. Token listrik dapat hilang atau terlupa karena berbagai alasan, seperti kesalahan penyimpanan, penghapusan SMS, atau kerusakan kartu. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui no token listrik yang hilang atau terlupa, yaitu:

  • Mengirim SMS ke nomor 08122 123 123 dengan format INFO [nomor meter] [nomor telepon].
  • Menggunakan aplikasi PLN Mobile yang bisa Anda unduh di Google Play Store atau App Store.
  • Mengunjungi website resmi PLN di www.pln.co.id dan memasukkan nomor ID pelanggan Anda.

Dengan menggunakan salah satu cara di atas, Anda bisa mendapatkan kembali nomor token listrik Anda dan mengisi ulang pulsa listrik Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan dan kerahasiaan nomor token listrik Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.