Cara Membersihkan Riwayat Pencarian Google Play Store

riwayat pencarian play storeAnda tentu pernah atau bahkan sering mencari sesuatu di Google Play Store. Mungkin Anda pernah mencari aplikasi Camera360, film box office, buku memasak, musik paling hits, dll. Saat Anda menyentuh ikon pencarian di Play Store riwayat pencarian (search history) akan ditampilkan di bawah kotak pencarian (lihat screenshot di atas). Jika riwayat pencarian Anda sangat banyak Anda bisa mengusap ke atas daftar untuk melihat semua riwayat.

Riwayat pencarian Google Play Store Anda itu terekam dan disimpan dalam akun Play Store Anda. Di samping itu, perlu juga Anda ketahui bahwa setiap aplikasi yang telah Anda install, baik gratis maupun berbayar semuanya itu disimpan, yaitu dalam daftar "Aplikasi saya".

BACA JUGA:  Download Google Play Store Terbaru 7.3.26

Oh..iya, selamat tahun baru 2015 bagi Anda yang menggunakan kalender matahari. Mari kita mulai jejak-jejak baru di tahun yang baru ini dan menghapus jejak-jejak  (riwayat) lama yang tidak bagus di tahun yang telah berlalu 🙂 .

Anda juga mungkin ingin menghapus/membersihkan riwayat penelusuran Google Play Store perangkat Android kesayangan Anda. Jika Anda ingin menghapus riwayat Google Play Store, apa pun alasannya, ini merupakan proses yang mudah dan kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya.

Sentuh ikon Google Play Store di home screen.

ikon-play-store

Setelah "Play Store" terbuka, sentuh ikon menu (3 batang garis horizontal) di sudut kiri atas layar.

BACA JUGA:  Solusi Tombol Yes Tidak Aktif di UAC Windows 10, Windows 8 dan Windows 7

ikon-menu-play-store

Setelah menu Play Store terbuka sentuh opsi "Setelan" pada menu drop-down.

setelan_play_store

Pada layar "Setelan" sentuh "Menghapus riwayat penelusuran".

hapus-riwayat-penelusuran

Selesai! Anda sudah berhasil menghapus riwayat pencarian Google Play Store dari akun Anda.

Anda tidak akan melihat dialog konfirmasi apapun atau pemberitahuan lain bahwa riwayat pencarian telah dibersihkan. Seolah-olah tidak terjadi sesuatupun. Satu-satunya cara untuk memeriksanya adalah kembali ke layar Play Store utama dengan menekan tombol "Kembali" pada perangkat Anda dan menyentuh kotak pencarian di bagian atas layar. Jika proses berhasil, Anda  tidak akan melihat ada riwayat pencarian Anda sebelumnya yang tampil di bawah kotak pencarian.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.