10 Tips & Trick Dasar Android yang Harus Diketahui Setiap Pengguna

10 Tips & Trick Dasar Android yang Harus Diketahui Setiap PenggunaInilah beberapa tip dan trik yang harus diketahui oleh setiap pengguna Android. Mulai dari keamanan hingga wallpaper. Tetapi setiap versi Android agak berbeda oleh karena itu sebaiknya kenali Android Anda baik melalui amnual book atau situs resminya.

  1. Install aplikasi antivirus
    Sistem Android jauh lebih aman, misalnya jika dibandingkan dengan Windows.  Meskipun demikian tetap saja tidak 100% aman dari serangan para peretas (hackers). Oleh karena itu sangat penting untuk memasang aplikasi keamanan. Banyak aplikasi keamanan di market, ada yang gratis ada pula yang berbayar. Saya sendiri menggunakan Bitdefender.
  2. Pasang Passcode (kode keamanan)
    Jangan abaikan ponsel Android kesayangan Anda. Saya yakin banyak hal pribadi yang tidak boleh diketahui orang lain. Mungkin SMS, Email, atau hal lainnya. Memasang passcode (pin, password, atau pola) sebaiknya dilakukan. Gunakan kode keamanan yang benar-benar kuat sehingga sulit ditebak. Hindari kode biasa, 0000, 1234, abcd, dan sejenisnya. Pada ponsel dan Android yang lebih baru kode keamanan bisa menggunakan wajah.
  3. Pemeliharaan Baterai
    Anda menggunakan ponsel layar lebar? Ah, itu sangatlah menyenangkan. Tetapi sebagai gantinya daya baterai akan cepat terkuras habis karenanya. Mau tidak mau Anda akan semakin sering melakukan pengecasan/pengisian ulang baterai. Menurut ahlinya ini adalah salah satu faktor yang mengurangi usia baterai.Bagaimana solusinya? Jangan menyetel kecerahan layar ponsel secara otomatis. Setel kecerahan layar secara manual pada pertengahan atau sedikit di bawahnya. Anda dapat mengatur kecerahan layar melalui Settings > Display > Brightness. Geser slider untuk menyesuaikan penglihatan Anda agar layar terlihat senyaman mungkin, tidak terlalu gelap atau terlalu terang.
  4. Mengambil Screenshot
    Mudah sekali mengambil screenshot di ponsel Android tetapi banyak orang belum mengetahuinya. Bahkan mereka harus memasang aplikasi khusus yang mengharuskan ponsel di-root. Ah, itu mungkin dulu, Android masih versi awal. Mengambil screenshot pada Android yang lebih baru sangat mudah, tekan tombol power dan volume bawah bersamaan. Screenshot akan langsung tercipta.
  5. Pantau paket data
    Android Anda pintar menghitung paket data (internet) yang terpakai. Bagusnya lagi Anda dapat mengatur/membatasi penggunaan paket data sesuai kebutuhan. Meskipun penyedia layanan seperti Telkomsel, Indosat, dll telah memiliki paket khusus. Jadi Anda tidak perlu khawatir video Youtube tiba-tiba berhenti karena pulsa habis.Untuk mengatur penggunaan paket data pergi ke Settings > Data Usage (Indonesia: Pengaturan > Penggunaan Data). Ketuk "Atur batas data seluler" untuk mengaktifkan pembatasan penggunaan paket data. Nanti, Anda akan diingatkan dan koneksi data seluler Anda akan dinonaktifkan ketika batas yang ditentukan telah tercapai.
  6. Enable atau disable Rotasi layar
    Pengaturan default-nya, smartphone menghidupkan opsi rotasi layar. Opsi ini akan memutar layar menjadi lanskap (landscape) saat ponsel dalam posisi rebah sejajar sumbu X. Opsi yang sangat memudahkan pengguna. Tetapi ini kadang-kadang cukup mengganggu, misalnya saat Anda tengah mengetik atau membaca situs tiba-tiba layar berbalik arah. Bagusnya, Anda dapat mematikan fitur rotasi layar ini dan mengunci layar pada mode portrait. Usap layar dari tepi atas ke bawah kemudian ketuk Rotasi layar. Atau pergilah ke Pengaturan > Tampilan dan hilangkan tanda centang Layar putar otomatis. Versi lain mungkin ada di Pengaturan > Tampilan > Orientasi.
  7. Tambah dan ubah wallpaper Anda
    Bersenang-senanglah dengan gadget Anda dengan memasang wallpaper yang indah-indah terutama Live Wallpaper (gambar hidup). Ketik kata kunci "live wallpaper" untuk menemukan banyak sekali live wallpaper. Mungkin Anda tertarik mencoba Galaxy S5 Live Wallpaper. Ketuk dan tahan di area kosong layar depan Android, akan jendelan munculan (pop-up) Layar depan, ketuk Atur wallpaper untuk mengganti wallpaper. Lanjutkan dengan memilih salah satu opsi Layar depan (Home screen), Kunci layar (Lock screen), atau Layar beranda dan kunci. Perhatikan! Menggunakan live wallpaper dapat menguras daya baterai. Baca juga artikel 9 Tips Menghemat Baterai Ponsel Android.
  8. Download Aplikasi Esensial
    Ada ribuan bahkan jutaan aplikasi di Google Play Store. Banyak yang bisa diabaikan tetapi banyak juga yang terlihat sangat menarik dan menggoda. Ingat! Pasang aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan atau aplikasi esensial. (Baca juga artikel: 5 Aplikasi Android Esensial untuk Produktivitas). Sekarang Google Play sangat mudah ditelusuri. Sangat mudah mencari aplikasi yang diinginkan dari berbagai kategori. Anda dapat menghemat waktu dengan mengelik menu Bagan Teratas untuk melihat aplikasi paling laris di pasar.
  9. Uninstall Aplikasi
    Anda senang mencoba-coba aplikasi? Jangan lupa uninstall setelah Anda tidak menggunakannya. Semakin banyak aplikasi semakin banyak kerja di latar belakang. Artinya akan semakin banyak paket data yang akan Anda habiskan untuk pembaruan. Untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan pergi ke Pengaturan > Manajer aplikasi. Ketuk aplikasi yang akan dihapus kemudian ketuk tombol Hapus aplikasi.
  10. Temukan Ponsel Anda yang Hilang atau Dicuri
    Kadang-kadang kita lupa dimana menempatkan ponsel. Ini bisa membuat frustrasi apalagi jika sedang dibutuhkan. Android Device Manager adalah sebuah aplikasi yang sangat berharga dalam situasi ini. Aplikasi ini akan melacak gadget Anda dengan GPS sehingga Anda bisa menemukannya. Jika telepon Anda hilang, Anda dapat memerintahkannya untuk berdering pada volume penuh. Bisa juga menampilkan pesan pada layar kunci. Selain Android Device Manager anti virus Bitdefender juga memiliki fitur anti maling. Jika Anda tidak mengunci telepon, Anda dapat menguncinya secara remote dengan sandi baru. Tentu saja, seorang pencuri yang cerdas akan menggunakan waktu itu untuk mengambil alih. Dalam kasus terburuk, Anda dapat menghapus informasi pribadi dari gadget Anda.
BACA JUGA:  Apa itu File APK?

Sekian.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.