Cara Menjadikan Laptop Sebagai Wi-Fi Hotspot di Windows 8 dan Windows 7

Bagaimana cara menjadikan laptop sebagai Wi-Fi hotspot di Windows 8 dan Windows 7? Okay, hari ini saya praktik menjadikan laptop saya sebagai Wi-fi hotspot. Tujuannya adalah untuk membagi sambungan internet kepada orang lain (rencananya hehe..). Mudahnya begini, laptop saya tersambung ke internet kemudian orang lain juga dapat tersambung ke internet melalui laptop saya. Orang tersebut dapat tersambung ke laptop saya menggunakan perangkat PC, laptop, ataupun handphone yang mereka miliki. Namun sebelum orang lain dapat tersambung ke internet alias bisa internetan maka ia harus tersambung terlebih dahulu ke laptop saya melalui sambungan Wi-Fi. Kesimpulannya, laptop saya menjadi Wi-Fi hotspot. Tertarik? Mari ikuti saya.

Buka Command Prompt (CMD) sebagai Administrator. Caranya, tekan tombol Windows+X kemudian pilih Comman Prompt (Admin).

BACA JUGA:  Cara Mengembalikan Fitur Briefcase di Windows 8

Ketik,

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namaWiFiHotspot key=passwordWiFi

kemudian tekan Enter.

Ganti namaWiFiHotspot sesuai nama yang Anda kehendaki, ganti passwordWiFi sesuai dengan password yang Anda kehendaki.

Contoh,

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=laluabdrahman key=4duh4duh

Setelah selesai menyetel nama Wi-Fi dan passwordnya, kita perlu mengaktifkan jaringan Wi-Fi yang kita atur tadi. Caranya ketik

netsh wlan start hostednetwork

lalu tekan Enter.

Selesai, kini laptop Anda telah berubah menjadi Wi-Fi Hotspot. Gambar di bawah ini menunjukkan sebuah smartphone yang berhasil menemukan sebuah jaringan hotspot yang saya buat tadi.

Sampai di sini, laptop sudah jadi Wifi Hotspot. Sudah selesai? Belum. Anda masih pelu menerapkan beberapa pengaturan lagi agar perangkat tersambung dapat melakukan sambungan internet. Kita harus mengizinkan laptop kita berbagi koneksi.

BACA JUGA:  Cara Enable-Disable Hibernate Windows 8.1 dan Windows 8

Buka “Network and Sharing Center,” caranya klik kanan icon internet connection di taskbar (sebelah kiri icon volume) lalu klik Open Network and Sharing Center. Setelah jendela Network and Sharing Center terbuka klik koneksi yang akan dibagikan. Dalam contoh ini klik New Profile1 lalu Klik Properties. Selanjutnya, Klik tab Sharing.

Centang “Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection” Kali ini pilih WiFi hotspot yang telah dibuat tadi. Pada contoh ini, Local Area Connection* 12

Klik OK untuk menerapkan perubahan.

Kini anda benar-benar menyelesaikan pengaturan.

Selamat mencoba.

17 comments

    1. Saya coba pake Trik yang pas kita klik Icon buat Wireles (Windows 7) Click Connect – Muncul Waiting Users . . Tapi pas di connect in ke Handphone gagal mulu . .

  1. Mau tanya Mas Admin yang baik hati,
    Jika yang kita share dari jaringan WiFi apakah bisa?
    Saya coba meng-connect-kan dengan HP bisa terdeteksi WiFi yang dari Laptop, namun tidak bisa diakses untuk berinternet ria. Bagaiman itu?

  2. Di point ini gan,
    Centang “Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection” Kali ini pilih WiFi hotspot yang telah dibuat tadi. Pada contoh ini, Local Area Connection* 12
    tapi local area connection *12 tidak ada hanya ada wifi saja dan tidak bisa diganti itu kenapa ya?
    mohon bantuannya..

    1. Berarti agan belum menjalankan command ini:

      netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namaWiFiHotspot key=passwordWiFi

      dan

      netsh wlan start hostednetwork

      Periksa lagi 🙂

  3. mas saya mau tanya.kenapa wifi hotspot laptop bisa di konek android/laptop tetapi waktu loading slalu macet di tengah2 dan tidak bisa melanjutkan akses.padahal menurut saya gak ada yang error bahkan koneksi internetnya lancar.saya sudah mencoba smua yang ada di google.tetapi hasilnya nihil.tolong gmna cara mengatasinya mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.