Cara Menjalankan Sebuah Program dari Task Manager

Seberapa sering anda menggunakan Task Manager? Jawabannya mungkin tidak sering. Saya sendiri tidak begitu sering menggunakan tool default Windows ini, hanya ketika saya menutup program yang berjalan di latar belakang. Sesekali saya menggunakannya untuk menutup program yang crash - tidak bisa ditutup dengan cara biasa. Selain itu saya juga menggunakannya untuk mengatur startup (disable atau enable sebuah program) agar booting Windows jadi lebih singkat.

Tahukah anda bahwa Task Manager memiliki kegunaan lain? Dari Task Manager kita juga dapat menjalankan program apapun. Misalnya, Microsoft Word, Windows Explorer, Command Prompt, dan lain sebagainya. Mungkin ini terdengar aneh dan tidak masuk akal. Tapi kenyataannya Anda tidak hanya bisa menutup sebuah program yang sedang berjalan dari Task Manager melainkan juga bisa menjalankan sebuah program.

BACA JUGA:  Trik Sederhana Mempercepat Startup Windows

Dalam keadaan biasa, paling sering kita menjalankan sebuah program dengan "double click" shortcut program tersebut. Selain cara itu, sebuah program juga dapat dijalankan melalui kotak dialog Run, bukan? Misalnya, untuk menjalankan Microsoft Word, ketik "winword" (tanpa tanda petik) dalam kotak dialog Run, maka Word pun akan terbuka. Ini jarang orang lakukan, alasannya mungkin karena kurang praktis.

Bagaimana dengan menjalankan sebuah program melalui Task Manager? Tentu lebih jarang lagi orang melakukannya. Mari bayangkan sebuah situasi dimana Windows Explorer crash, lalu anda hendak menjalankan Microsoft Word.

Tekan CTRL+ALT+DEL untuk mengakses Task Manager.
Klik File, dan kemudian klik Run new task.

Setelah kotak dialog Create new task terbuka, tik "winword", lalu OK atau tekan tombol Enter.

Anda dapat menemukan "nama-nama" file eksekutor sebuah program dalam folder Program Files. Misalnya program Microsoft Word 2013 dapat anda temukan di "C:Program FilesMicrosoft OfficeOffice15", temukan file jenis Application yang berekstensi *.exe.

BACA JUGA:  Convert Video Menggunakan VLC

Anda tidak hanya dapat menjalankan sebuah program, tetapi memanggil sebuah folderpun dapat dilakukan melalui Task Manager. Coba perhatikan keterangan pada kotak dialog Create new task.

Type the name of a program, folder, document, or Internet resource, ...

Itu artinya anda dapat menjalankan sebuah program, folder, dokumen, atau sumber daya Internet melalui Task Manager.

Contoh, saya akan memanggil folder "Pictures" melalui Task Manager.

Apakah ini merepotkan? Mungkin iya. Tetapi sebagai tambahan pengetahuan dan keterampilan Anda patut mencobanya. ini sebagai antisipasi jika suatu saat nanti hal buruk terjadi pada komputer Anda maka Anda sudah siap.

Selamat mencoba 🙂

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.