Cara Resize Ukuran Foto dalam Jumlah Banyak Sekaligus Tanpa Mengurangi Kualitas

Jika anda memiliki banyak file foto dan ingin resize atau kompress dealam jumlah banyak sekaligus dapat mengikuti trik praktis berikut ini.

Umumnya foto yang diambil dengan kamera smartphone dan SLR yang memiliki resolusi kamera tinggi akan menghasilkan ukuran file foto yang besar diatas 2 MB. Tentunya hal ini jika dipindahkan ke perangkat lain akan membutuhkan kapasitas memori yang besar.

Untuk mengantisipasi hal ini maka jalan satu-satunya yaitu dengan cara me-resize atau mengecilkan ukuran piksel dari foto tersebut. Jika file foto begitu banyak maka anda bisa mencoba trik berikut ini dengan beberapa langkah saja tanpa software tertentu.

BACA JUGA:  Cara Membuat Teks Melingkar di Office 2013

Cara Kompres Foto dalam Jumlah Banyak di Komputer

1. Dalam melakukan penegcilan ukuran file foto kita tidak perlu menggunakan software tertentu, kita menggunakan Microsoft Office Picture Manager yang sudah tersedia di komputer kita. Caranya yaitu:

2. Buka folder yang berisikan foto yang akan di-resize. Pilih/klik salah satu foto (Terlihat ukuran file yang besar). Lalu klik kanan pilih OPEN WITH -> Microsoft Office Picture Manager.

3. Setelah foto terbuka dengan Office Picture Manager lalu pilih Thumbnail View agar semua foto terlihat.

4. Setelah foto di dalam satu fodler terlihat semua kemudian tekan tombol CTRL A. Gunanya untuk memilih semua foto untuk dikecilkan. Lalu pilih menu Edit Pictures -> Resize.

BACA JUGA:  Microsoft Office Touch untuk Windows 10

5. Lalu masukkan berapa persen ukuran akan dikecilkan dari ukuran aslinya.  Saran saya untuk foto yang diambil dengan menggunakan kamera resolusi tinggi resize 70% dari ukuran aslinya sudah cukup baik tanpa mengurangi kualitas. Lalu Ok.

6. Selanjutnya tekan tombol CTRL S untuk menyimpan foto yang sudah dikompres tersebut.

Catatan: Semakin angka % yang dimasukkan maka ukuran file foto akan semakin kecil.

Itulah cara resize foto dalam jumlah banyak sekaligus tanpa mengurangi kualitas, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

One Response

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.